Pengantar Akuntansi Pemerintahan

Pengantar Akuntansi Pemerintahan

Untuk mempelajari akuntansi pemerintahan, mau tidak mau harus mempelajari akuntansi komersial terlebih dulu. Minimal mengenal siklus akuntansi, mulai dari jurnal, buku besar, kertas kerja, sampai menjadi laporan keuangan. Setelah itu baru beranjak ke akuntansi pemerintahan.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara akuntansi pemerintahan (sektor publik) dengan akuntansi komersial (sektor privat/perusahaan). Pertama dari persamaan akuntansi, dari jenis laporan keuangan, dan dari jurnal anggaran.

Di akuntansi komersil, persamaan akuntansi-nya: aset = hutang + modal. Kalau di akuntansi Pemerintahan, persamaan-nya adalah aset – hutang = modal. Lho, kan sama aja? Emang matematisnya sama. Tapi filosofinya beda (ini sih pelajaran teori akuntansi, tingkat akhir kuliah akuntansi).

Di komersil, sumberdaya yang dimanfaatkan perusahaan adalah hutang + modal. Jangan protes kalau ada pengusaha yang asetnya trilyunan tapi hutangnya juga trilyunan. Sah saja, karena begitulah filosofinya. Kalau Pemerintah, sumber daya yang benar-benar dimiliki hanya modal/ekuitas. Itupun sebetulnya tidak semuanya, hanya sub saldo sisa lebih pembiayaan anggaran.

Jenis laporan, selain neraca dan arus kas, di Pemerintahan dikenal Laporan Realisasi Anggaran. Mengapa? Ya iya lah, kan salah satu fungsi pemerintah adalah ketaatan terhadap anggaran. Jadi kalau di komersil laporan anggaran ini cukup dilihat manajemen untuk operasional, kalau di Pemerintahan harus disampaikan ke stakeholders.

Sebagai konsekuensinya, di Akuntansi Pemerintahan harus ada yang namanya Jurnal Anggaran. Jadi sejak APBN/D disahkan sudah dijurnal. Sehingga nantinya bisa dibuat Laporan Realisasi Anggaran. Kalau Anggaran ngga dijurnal, ntar jadi Laporan Realisasi Aja dong…

Slide Pengantar Akuntansi Pemerintahan (pdf)

About these ads

4 thoughts on “Pengantar Akuntansi Pemerintahan

  1. AKUNTANSI PEMERINTAHAN MERUPAKAN DATA YANG PERLU DI AKSES OLEH SEMUA PEMERINTAH MAUPUN MASYARAKAT

    hanin: Betul. Setuju. Oke. Hidup akuntansi!

  2. Aku setuju….Nin pa kbr?

    hanin: setuju opo-ne kang? kabarku masih baik, tetap langsing seperti biasa. gimana, udah bleaching belom?

  3. mau nanya neh?apakah jurnal anggaran di entitas akuntansi (SKPD) sama dengan di entitas pelaporan (PEMDA) thanks yach, bales ke emailku yach

    hanin: ada beberapa perbedaan. Misalnya, di Pemda ada alokasi dan apropriasi, sedangkan di SKPD tidak. Untuk lebih jelas silakan lihat di literatur, karena sudah teknis sekali (ada beberapa variasi pilihan jurnal anggaran).

  4. iya… tapi ternyata setelah terjun ke akuntansi pemerintahan lebih sulit dibanding akuntansi komersial…mungkin banyak kebijakan pemerintah daerah ya

    hanin: ya, memang agak ribet karena banyak aturan yang harus diikuti. tapi bukan di level pemerintah daerah, kebijakan itu di level pemerintah pusat khususnya departemen dalam negeri.</em?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s