Membuat urutan tanggal otomatis di Excel

Tulisan ini dibuat karena ada pertanyaa dari momog.

Beliau menanyakan bagaimana membuat seri tanggal supaya ngga diketik satu per satu. Misalnya:
1/2/2007
2/2/2007
dst.

Saya pernah lihat cara ini di suatu tutorial entah di mana. Caranya sederhana – kalau sudah tahu.
1. Buat tanggal yang dikehendaki di kolom yang sesuai.
xls01

2. Kemudian blok kedua tanggal itu. Tempatkan mouse pointer di ujung kanan bawah sampai pointer berubah menjadi tanda ‘+’.
xls02

3. Drag mouse ke bawah (atau ke samping, sesuai keperluan) sampai ke baris yang diinginkan (misal sampai tanggal 7/2/2007).
xls03

Udah deh! Kalau iseng, ada smart tag yang muncul di samping kursor. Ada beberapa opsi yang silakan dicoba sendiri.
xls04

Catatan:
1. Rumus penambahan sel juga dapat dipakai di sel berisi tanggal.
2. Cara di atas bisa dipakai juga untuk bikin nomor baris/nomor urut di excel.

About these ads

Satu gagasan untuk “Membuat urutan tanggal otomatis di Excel

  1. gan gimana caranya nulis di excel dengan format spt ini 00:00:00, terimakash sebelumnya….

    hanin: lho, bukannya kalo di format sel-nya dibuat “time” nanti akan muncul seperti itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s