Jaka Tarub dan 7 Bidadari

Gara-gara ujan gak berenti-berenti, jadi iseng deh nonton sinetron ini di Indosiar. Aneh banget rasanya ngeliat sinetron ini. Ceritanya ngga cermat, dan spesial efeknya gak niat bikinnya.

Pura-puranya diadaptasi dari cerita rakyat, dibuat jadi masa kini. Buktinya di rumah Jaka Tarub udah ada lemari es segala. Rumah Jaka Tarub juga kontrakan. Kontrakannya mewah banget, padahal sepanjang cerita si Jaka ngga punya uang melulu. Bahkan ditagih segala sama yang punya rumah, sampai akhirnya Nawang menyulap daun jadi uang untuk bayar kontrakan.

Ada lagi yang aneh, ibunya Jaka setelah sembuh dari sakit lantas mendalami agama ke pesantren. Padahal itu masih masa-masa bidadari, kan si Jaka nikah ama Nawang Wulan yang bidadari.

Lantas sepanjang waktu Jaka marah sama Nawang, heran dari mana dia bisa masak makanan enak-enak dan punya baju bagus. Udah jelas bidadari, secara si Jaka juga ngeliat waktu Nawang Wulan turun dari Kahyangan. Oya, istana kahyangan itu isinya cuman bapaknya si Nawang dan Nawang ber-tujuh saudara. Lainnya entah ke mana.

Efek spesial udah mulai lucu sejak awal cerita. Waktu Nawang baru saja kehilangan selendang, dia diserang monster. Sumpah monsternya mirip banget dinosaurus (seliat saya model T-Rex, tapi bisa ngeluarin api). Tempelan api dan monsternya sama sekali ngga rapi. Gak ada efek bayangannya

Waktu Jaka ngejar Nawang yang diusir dari rumah (udah diusir kok dicari lagi ya), Jaka naik kuda terbang. Bagus sih kudanya kalo diem. Begitu dinaiki, kaki si Jaka ilang. Perasaan kalo naik kuda kan kaki di kanan-kiri badan kuda ya? Bener-bener ceroboh.

Setting istana kahyangan juga gak beres samasekali. Di beberapa scene mengingatkan pada latar belakang game Doom seri awal. Terasa betul tempelannya.

Sepertinya ini sinetron minimalis: skenario, jumlah pemain, dan kualitas efeknya serba minim.

About these ads

24 thoughts on “Jaka Tarub dan 7 Bidadari

  1. pakaiannya minimalis juga gak nin? :P

    lagian elo sih aneh juga,

    sekali2 lo tonton dong legenda-nya trans tv.
    kalo udah, lo bikin juga reviunya yee…

    hidup tukul… kekekeke…

    hanin: ah, elo, pakaian aja yang diminimalisir…

  2. Ya kang, emang gitu sinetron Indosiar yang bertema legenda trus dibikin kayak masa kini tapi kurang mengena, efeknya juga lucu dan asal-asalan soalnya bikinnya terpaksa dan buru-buru alias kejar tayang karena Indosiar kehabisan stok sinetron baru. SinemArt udah eksklusif di RCTI sedang MD entertainment dan Multivision Plus udah ke SCTV dan Trans TV. Syukurlah, sekarang Indosiar udah mulai kaya pasca sukses acara MamaMia. Semakin memprihatinkan saja sinetron kita. Adakah seseorang Indonesia yang bisa bikin skenario asli trus bisa sukses ke mancanegara?

    hanin: MamaMia? Acara yang gak selesai-selesai sampai capek nontonnya itu? Halah!

  3. bikin legendanya yg jelas dong..
    sekalian klo b.inggrisnya jg d bkin..hho

    hanin: justru itu… udah ngga jelas, dibikin inggris… tambah gak jelas dah.

  4. wah ceritanya bagus banget aku juga akan ambil 7 bidadari tapi aku ambilnya bukan 7 bidadari tapi 5 bidadari dah…semoga suksek selalu

    hanin: yup, terima kasih. sukses juga untuk Anda

  5. EH BIKIN CERITA LEGEDA YANG JELAS DONK ORANG DA PERLU MAU CARI EGENDA INI MALAH ISINYA YANG BEGITUAN GIMANA SIH

    hanin: halo Sha, ngomel ama siapa nih? ini posting tentang sinetron yang pernah ditayangkan di televisi. bukan mau nyeritain legenda jaka tarub. dan, toloong… JANGAN MENULIS PAKAI HURUF BESAR SEMUA, TIDAK SOPAN!!!

  6. Judulnya menarix Banget, tapi ceritanya bertolak blakang bGt ma judulnya.
    btw, ney karangan sndiri atow mencuplik di buku laen????

    hanin: gak banget dah. ini kritik tentang sebuah sinetron yang tayang di televisi. samasekali ngga berniat menulis tentang cerita jaka tarub dan para bidadarinya itu… liat di tag dan kategorinya. plis deh.

  7. hha, najis dah..
    emg indosiar kea gitu. yuks bgt klo nonton :P ..
    g berkualitas bgt yg bikin. aplgi biasanya film-film indosiar byk yg niru-niru film barat. eh, itu mah TPI yah?.. hhe..
    nah, yg itu tuh yg paling ak benci bgt. klo soal film, Indonesia ga mutuu. bukannya buat film sendiri, tp malah byk yg niru film luar negri. ga berkualitas bgt.. ga kreatif.. :P:P:P

    hanin: yup, gerakan anti setantron !!

  8. aq pengen filmx tu berpakaian orang jaman dahulu
    pakai gelung,ada selendang2 gitu.

    hanin: xixixi… usul gih sama produsernya…

  9. Q dksh tugas ttg mngkritik sbuah film, trus Q tgl copy paste z kritikan anda di Jaka Tarub N 7 Bidadari, dpt nilai 9+, xixixi.. Thx yauw,,,

    hanin: waks! enak bener hasil kopi paste dapet 9! apa kata dunia… :)

  10. sampe sekarang masih ga tau nama ke 6 bidadari selain nawang wulan. Kisanak tahu?

    hanin: wah, saya ngga tahu, ngga sempat kenalan, udah keburu pada mudik ke kahyangan :D

  11. all kru ind0siar , ini Psan dri saya klau mau ind0siar maju dan selalu di t0nt0n , juga jdi chanel n0 1 .hrus sesering mungkin tayangin plm k0reaan apalagi plm yg mengandung kisah cinta ,romantis , kerajaan , seperti c0nt0 nya faith @ the great doct0r , saya yakin klau plm yg seperti ini bkalan bikin pen0nt0n jdi meningkat drastis , aku yakin bngat yang pling utama jdi pen0nt0n adalah abg jdi tyangi plm drama k0rean . ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s