Mars Wajib Belajar

Ada yang inget lagu Wajib Belajar? Lagu ini udah jarang banget kedengaran. Cari-cari di buku lagu juga agak susah. Seingat saya, liriknya begini:

Mari kita laksanakan wajib belajar
Putra-Putri tunas Bangsa harapan Negara
Wajib belajar cerdaskan kehidupan bangsa
‘Tuk menuju masyarakat adil sejahtera

Gunakan waktumu, isilah hidupmu
Teruslah belajar, giatlah bekerja

Berantas kebodohan perangi kemiskinan
Menuju masyarakat adil makmur dan sejahtera

Kalau ada yang salah, tolong dikoreksi.

Update 6-Mei-09:
Barusan dapet partitur dari blog-nya P. Ichsan:

notasi mars wajib belajar

About these ads

20 gagasan untuk “Mars Wajib Belajar

  1. kenapa mesti wajib belajar
    toh sekolah tinggi tinggi masih nganggur jg kecuali sekolah yg tinggi sekalian.
    istilah kata urusan dia orang mau sekolah apa ga apalagi ini sekedar nyanyian yg sekolah gratis aja males kalau msh ada?
    dapet beasiswa misalnya.. ongkosnya gmn blm jajan dijalan. begitu kira kira realitanya

    hanin: sialan, nyindir ya. ane dari d3, s1 dan sekarang s2 make beasiswa nih coy!

  2. Aku coba nyanyiin tadi kayaknya seteah “Berantas kebodohan perangi kemiskinan” masih ada teks lagi. cuma nggak ingat.

    Mestinya lagu ini dimake up lagi ya. masih terkenang tuh. lagunya bagus. mungkin pada lupa ada lagu ini.

    hanin: iya sih, aku juga lupa-lupa ingat nih. Hayo… siapa mau re-mix lagu ini?

  3. Orang jawa bilang, JER BASUKI MAWA BEYA. lalu para kaum kapitalis yang kebetulan nyemplung di sekolahan memplesetkannya jadi JER SEKOLAH MAWA DUIT (sekolah mesti pake duit).

    Cuma orang yang ingat bahwa NGELMU IKU TUMEKANI KANTHI LAKU (ilmu datang karena proses panjang, melelahkan dan butuh pengorbanan) yang tidak akan mau terjebak dalam kubangan kapitalisme pendidikan.

    hanin: orang lewat bilang, SING MACA GAK MUDENG JALARAN GAK NGELMU … hehehe… dalem… dalem banget.. merenung dulu ah…

  4. honocorokodotosowolo…. maybe yes maybe no
    perjuangan blm habis kawan masih panjang perjalanan kita
    mari makan dan minum untuk bisa melanjutkan hidup
    kalau sudah makan dan minum mari belajar dengan terlebih dulu menyanyikan lagu mars wajib belajar
    karena berdasar undang2 terbaru nyanyi dulu baru belajar kalau ga kena pasal terancam hukuman 5 tahun, nyanyi lagu yg lain jg kena pasal lho mas.
    pokoknya harus mars wajib belajar

    Hanin: halah, baru tau tuh wajib nyanyi dulu. ntar yang ngantri indonesian idol tambah panjang dong!

  5. Mars Wajib Belajar 9 Tahun

    2/4
    Marcia

    Mari kita laksanakan Wajib Belajar
    Putra putri tunas bangsa harapan Negara
    Wajib B’lajar cerdaskan kehidupan Bangsa
    ‘Tuk menuju masyarakat adil sejahtera

    Reff :
    Gunakan waktumu, isilah hidupmu
    Tekunlah belajar, giatlah bekerja

    Berantas kebodohan p’rangi kemiskinan
    Habis gelap terbit terang hari depan cerlang!

    Ayo kita giatkan Wajib Belajar
    Jangan putus tengah jalan marilah tamatkan
    Tanam ilmu sekarang petik hari depan
    Cerdas trampil berwibawa penuh daya cipta

    Reff :
    Gunakan waktumu, isilah hidupmu
    Tekunlah belajar, giatlah bekerja

    Jadikan tunas Bangsa inti pembangunan
    Adil makmur sejahtera m’rata bahagia!

    hanin: hore…. trims, akhirnya lengkap juga nih lagu kita!! selamat belajar, sampai di sini dulu teman-teman… unyil kucing!!

  6. tuk hanin, lagu ini bukan untuk wajib belajar 9 tahun, tapi 6 tahun, jangan girang dulu… weleh weleh

    hanin: nah, lo. emang beda ya lagunya? jadi lebih panjang gitu? :D

  7. iya bikin MP 3 nya donk buat ring tone kan bagus . ngomong” ini lagu kalo di nyanyiin gw dengernya gini

    “Berantas kebodohan “Raih Kemiskinan ” ” <<???

    hanin: ah, dirimu jangan mendramatisir, itu pendengerannya yang rada keliru. ‘berantas kebodohan, pelangi kemiskinan’… gitu bunyinya

  8. beda… tauu eh ada yang post juga ikut ya. weleh.. weleh

    hanin: bedanya di mana? apanya yang beda? bagaimana bedanya? sumprit kaga tau deh gw.

  9. Mmm, ada mp3nya gak ya? buat nglatih murid2 sd tp kok bingung gimana nadanya

    hanin: iya, saya juga lagi nyari2 nih. ntar kalo dah ketemu aku upload deh.

  10. maaf ikut nimbrung nich, andaikan ada nadanya, kami akan sangat senang, ditunjuk sebagai padus saat peringatan hardiknas, lagunya wajib belajar 9 thn tapi tak ada referensi tuh!
    tolongilah kita2

    hanin: maaf, saya cuman bisa dapetin partitur di atas. mungkin ada yang lain bisa membantu?

  11. perasaan yg bener teh ” berantas kebodohan prangi kemiskinan , habis gelap terbit terang hari depan cerah ”

    hanin: hm… bener-bener udah lupa deh!

  12. huaahhahhaahahahahhhahahahahahawkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk, ud gede lupa lagu wajib, huaahahahahhahahahahahahha

    hanin: bukan lupa, emang dari dulu ga pernah hafal… hahaha :)

  13. Belajar tak mesti harus diperintahkan atau dianjurkan…akan tetapi belajar adalah hak setiap individu, sebagai pelengkap hidupnya. Belajar tidak mesti hanya disekolah! bahkan semasih dalam kandungan ibu pun kita sudah belajar…..dan belajar itu perlu….!!!sangat perlu!!! untuk itu lagu yang sudah ditulis dan dipikirkan matang oleh penciptanya dengan tujuan motivasi, mohon jangan ditafsirkan negatif!

    hanin: emang siapa yang menafsirkan negatif boss!! saya kan cuma cari syair lengkap-nya saja!!! hehehe… jadi ikutan pake tanda seru nih!! sorry!!

  14. Wajib belajar mohon dibuat mp3nya/reliss ulangnya! lagu ini perlu untuk memotivasi siswa yang semangat belajarnya miring

    hanin: sorry, sementara ini semangat ngetik saya lagi pake huruf miring :D

  15. lirik terakhir salah tuh mas.
    gini yang benar:

    Berantas kebodohan perangi kemiskinan
    Habis gelap terbit terang
    Hari depan cerlang.

    Gethooooh
    :)

    hanin: owh… gitu yang benernya ya? hihihi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s