Mereset Printer Epson C58

Karena printer saya sekarang Epson C58, terpaksa saya cari tahu lagi bagaimana cara mereset printer ini. Berikut postingan yang saya copy-paste dari Blog-nya Norjik.

Printer ngeBLINK
Kenapa perlu di reset ? karena printer sering kali mengalami Blink yang menyebabkan printer tidak dapat beroperasi. Biasanya pada layar terdapat pesan Catridge Tidak Dikenali dsb. Apabila kita menemui kasus ini tidak ada cara lain selain melakukan Reset pada printer tersebut. Mereset Printer dapat di lakukan melalui dua cara yaitu secara Manual dan Software. Adapun software Resetter bisa di download dari internet dengan Gratis. Berikut masing-masing cara melakukan Reset pada Printer :

MANUAL
- Cabut kabel power – Tahan tombol power sambil memasang kembali kaber Power yang di lepas tadi kmudian menekan tombol resume sebanyak 2 kali
- Lepas tombol power dan resume scara bersamaan. Dan gunakan printer seperti biasa. Apabila gagal coba ulangi lagi

MENGGUNAKAN SOFTWARE

Untuk Reset permanen adalah dengan menggunakan Software Resetter, dan software reset tersebut harus sudah ter install di dalam komputer. sehingga cara reset ini dengan menggunakan komputer sebagai alat untuk menjalani progam Reset tersebut. Sebelum mereset sebaiknya ganti dulu absorbernya / busa, atau untuk menghemat biaya bisa juga dengan cara membersihkan dulu absorbernya/busa yang berada di dasar printer, dengan cara membuka printer. Lalu, bagaimana cara melakukan pembersihan bak tinta secara manual? Jawabnya, bisa saja…tapi hal-hal yg perlu anda pertimbangkan adalah: coba anda celupkan kapas/kain ke dalam tinta. kemudian apa yang terjadi bila anda coba membersihkan dengan air? air akan menjadi sangat kotor, begitu pula dengan tangan anda. Sangat sulit membersihkan kain/kapas yang terkena tinta. Apalagi kapas yang bila setelah terkena air akan sulit untuk kembali pada bentuk aslinya. Begitu pula dengan busa penampung tinta pada printer. Bila anda mencoba untuk membersihkannya, selain sangat merepotkan juga sedikit banyak akan mempengaruhi daya serap busa tersebut (karena pada awalnya busa tersebut merupakan bahan yang memiliki daya serap tinggi). Tetapi walaupun demikian busa yang telah di bersihkan tetap bisa digunakan dengan cara setelah di cuci dan di keringkan, dengan cara menjemur busa di tempat panas. Setelah di nyatakan kering busa siap dipasangkan pada printer seperti semula. Langkah selanjutnya printer sudah siap untuk di reset dengan menggunakan Software Reset sesuai dengan printer yang akan di reset.

Langkah-langka mereset printer
1. Pastikan anda tahu merk printer anda dan serinya misalnya Canon Pixma IP 1600 atau Epson C38

2. Download software resetter sesuai dengan printer anda cara mudah untuk mendapatkanya adalah dengan mesin pencari Google. Masukkan kata kunci berikut untuk memudahkan pencarian “Software Resetter+Canon IP1600 +Download” untuk printer Canon IP1600 ganti kata Canon IP1600 dengan merk printer anda. Khusus untuk printrer Epson gunakan software SSC Service Utility yang dapat diunduh di http://www.ssclg.com/epsone.shtml software ini mendukung banyak seri sehingga anda tidak perlu mencari yang sesuai dengan seri Epson anda. Ketika mendownload software hindari mendownload dari Rapidshare karena biasanya link yang diberikan telah mati untuk seri canon biasanya berupa file Zip atau Rar kadangkala ada beberapa link yang menyertakan password pada filenya,jadi bacalah sebelum mendownload

3. Pastikan printer anda dalam keadaan ON ketika melakukan Reset,proses reset mungkin memakan waktu jadi bersabarlah,jika tidak berhasil ulangi lagi sampai berhasil

Hihi, bahasanya agak aneh, tapi setidaknya saya tahu di mana mencari software reset untuk Epson (SSC Service Utility), dan bagaimana cara reset manual melalui ‘cabut kabel, tahan power, pasang kabel, tekan resume2x, lepas power+resume’. Untung printer saya dipasangi kantong tinta eksternal dari alvacia jadi ngga perlu sering reset dan ganti absorber segala.

Saya menyimpan software untuk reset Epson C58 di sini, silakan download.

Update 18 Desember 2008

Printer Epson saya rusak sirkuitnya waktu ada petir beberapa waktu lalu. Sekarang printer saya udah ganti, pakai Canon Pixma iP1800. Berdasarkan pengalaman, saya siapkan diri menyimpan resetter untuk printer Pixma. Resetter untuk printer Canon bisa didownload di sini.

62 thoughts on “Mereset Printer Epson C58

  1. Susah BOS Nyedot Reseternya
    Minta saran…

    hanin: kalo minta saran tuh ninggalin identitas yang jelas dong. kan paling sial bisa dikirim via email.

  2. tolong minta sofwear reset epson c58 soal nya d kantor saya ada 5 unit dan perlu d reset semua tolong yah
    tolong kirim ke email saya yah
    nazar_bks@yah*******

    thank

    regrdsd
    fian abdul rahman

    hanin: dengan senang hati…

  3. mas, minta tolong dong dikasih resetter c58, ini milik sekolah lagi ngeblink..dan gak bisa dipakai..kasihan khan, mau ke dealer resmi jauhhh

    hanin: Mas, link download-nya udah saya sertakan di posting saya di atas. Kalo mau lewat japri, sampeyan ngga ngasih email je….

  4. Mohon kirim bagaimana cara reset epson C58. cos dirumah banyak printer epson yang nganggur ngeblink. thanks

    hanin: di rumah banyak epson nge-blink? ah, curiga nih. punya sendiri atau… servis-an nih? Hehehe.. :) Link download udah saya taruh di posting di atas tuh Mas. Silakan download, di situ nanti ada help-nya juga.

  5. mas,sy minta tolong software reset epson c58 soal nya d kantor saya ada printer yg perlu d reset,tolong yah
    tolong kirim ke email saya yah
    slamet_0980@yah*******
    trima kasih

    hanin: aduh, bintangnya apaan tuh Mas. Yahoo-nya com, co.id, com.sg, atau com.my, atau .ca ??

  6. Salam kenal mas saya mau nanya, saya punya epson C58, kluhannya sekarang nggak bisa kerja tapi cuma lampu power & resetnya berkedip – kedip.
    apa masalahnya,serta bagaimana solusinya?
    makasih sebelumnya………

    hanin: ngga tahu, emang saya tukang servis printer apa… :) Kalo make tinta suntik atau infus, coba di-reset pakai resetter. Kalo ngga mau juga, ganti cartridge yang baru. Kalo ngga mau juga, ganti printernya… :)

  7. kang….. tolong dunk inyong minta software reset epson C58 nya kirim aja ke Email inyong
    ok tengkiyu perimat kang….

    hanin: lha wong tinggal download aja kok pakek minta dikirim imel segala… dasar manja nih bocah.

  8. mas gmna tuh cara nya resetnya epson c58 ??
    saya dan download + instal ke pc tp cara resetnya gak tau ??
    mas tolong dijelasin secara detail gak cara resetnya.
    tolong yah mas thank buangett. . .

    hanin: sorry ga bisa detail. setelah install, kan terus ditutup tuh. ntar di pojokan kanan, di deretan dekat jam itu, ada muncul ikon seperti ikon printer. nah, klik kanan deh. lantas pilih protection counter -> reset protection counter. (untuk model tertentu ada opsi reset per jenis cartridge – CMYK). silakan dicoba, kalo gagal silakan dibawa ke rumah saya :)

  9. Mas, tolong dong kirimi softwarenya. Punya saya udah lama nganggur. Yah, dari pada gak di pake kan? kirim ke bayu_ngka_ista@yahoo.***.id

    hanin: udah Mas, perintah sudah dilaksanakan.

  10. mas software ssc itu support untuk c 58 gak? emang perlu atur tanggal di komputer?

    hanin: yup, saya pake untuk c58 saya. rasanya saya ngga pake acara ngubah tanggal komputer deh. tapi coba saja ikutin daftar sbb:

    R270 = 18 jan 07
    R250 = 15 Peb 06
    C58 = 9 Nop 06
    C79 = 1 Nop 06
    C68/67 = 19-6-2006
    R350 = 23 Jan 2007
    C87 = 5 Des 2005
    RX500 RX510 = 13 Nop 2006
    RX600 RX 620 RX630 = 7 Okt 2004
    RX700 = 10 Mei 2005
    CX 3900 = 23 Jan 2007
    R210 = 13 September 2006
    C59 = 18 January 2007
    CX3700 = 17 Jan 2006
    CX4700 = 17 Jan 2006
    CX2800 = 18 December 2006
    CX5900 = 18 December 2006
    C90 = 16 Agustus 2007 ( Singapore )
    C90 = 11 July 2007 ( indonesian )
    CX1390 = 4 October 2007
    R390 = 1 January 2007
    RX650 = 13 Pebruary 2007

    • masih keluar gag si mas catrid nya
      punya sy masih yg original bgt
      mau ganti yg inpus tp sush cri catridnya

      hanin: waduh, maaf, saya udah ngga pake epson lagi, ngga tahu….

  11. mas tolong kasih tau aku,

    code error 210004B0 waktu mereset epson c58 pas proses initialization waste inkpad.

    tolong kasih tau ya maass!!!

    buat yang sdr2 yang dah tau
    tolong kirim ke email aku yupz
    gunung_abimanyu@yahoo.com

    thank’s before

    hanin: saya si ngga masalah, mungkin sistem Windows saya udah terlalu palsu ya :) jadi gampang menerima crack dari mana-mana… Coba ganti tanggal di sistem ke 9 Nop 06. Mudah-mudahan berhasil.

  12. bsa minta cara lain mereset epson c58? saya sudah mencoba beberapa cara tapi printer tidak mau direset, tanggapannya error atau tidak terdeteksi… udah secara manual ataupun direset permanen… terus ngblinking… klo bsa minta software yang lainnya ada gak? trims sblumnya…

    hanin: wah… kasihan banget… maaf saya ngga tahu lagi gimana caranya. lagipula sekarang saya udah ngga make c58, kemaren tintanya luber sampai kena ke sirkuitnya (biasa KDRT.. hehe)… jadi udah ganti make printer yang low-profile :P

  13. Cuma pengen berbagi pengalaman nih, saya udah lama make printer canon mulai dari type yang i320, i255, i1000, i1200, i1600, i1700, i2200 sekarang i880. diantara semua type itu yang paling awet mudah resetnya itu yang i320, 255 n i1000. kalo udah blink pertama reset manual dulu:
    1. matiin power (cabut kabel)
    2. tekan resume
    3. colok power (masih tekan resume), trus lepas resumenya
    4. trus tekan resume 4 kali (bakal kelihatan lampu -orange-hijau-orange-hijau)
    5. lepas resume
    6. turn off power then turn on
    abis itu baru di reset pake softwarenya. nah kalo utk yang seri i200, i1300, i1600, i1700, i2200, cara reset manualnya agak beda dikit yaitu pada langkah ke empat cuma di tekan 2 kali saja, tapi kadang ada printer dr type ini yang tidak bisa di reset manual. jadi selama pengalaman saya ada yang bisa di reset manual ada yang tidak. jadi cara saya utk ngatasi sering-sering di cek pake software reseternya (general tools) utk lihat jumlah printingnya udah berapa halaman, jadi sebelum blinking ya direset software dulu. utk software resetenya yang saya punya ada utk i320, i1000, i1200,ip13000,ip15000,i1600, i1300,i1700, i2000,i2200, ip1880,1100,2500 semoga bermanfaat.

    hanin: makasih banyak! :)

  14. saya pake epson c58 eh ngeblink tlng donk bantu dari awal and apa aja yang di butuhin softwarenya.

    hanin: install dulu software resetter-nya, lantas konekin tuh printer. lalu di pojok kanan dekat jam ada ikon baru resetter, klik kanan. pilih menu help, baca di situ. kalo ngga ngerti bahasa inggrisnya, cari kamus :P … hihihi.

  15. kalo epson C59 sama ga?

    hanin: sepertinya bisa juga sih. saya ngga pakai C59 jadi gak bisa memastikan. maklum bukan kolektor printer :)

  16. software resseternya palsu yah ko gak bisa di download

    hanin: hihihi, bisa aja… udah dicoba kukirim via email, ternyata emailnya palsu lho… :)

  17. susah downloadnya, gimana langkah2nya

    hanin: langkah download? biasa aja, klik link-nya, nanti di Ziddu klik di sebelah kanan untuk download. gitcu.

  18. eh gmna si cara downloadnya mas…kasih tau donk…nanti mas tak kasih kesuatu

    hanin: klik aja link-nya, ntar kan dibawa ke Ziddu (hosting ini ga buleh simpan .zip ataw .exe). lalu ada nama file, di kanan-nya ada link untuk dowload. klik aja, udah deh simpan. gitcu.

  19. thank’s, bos.
    aku sudah download softwarenya.
    tapi untuk lebih meyakinkan, tolong dong dikirim lagi ke email ku siapa tau yang di download gak berhasil.
    sekali lagi, thank’s.

    hanin: siap bos, laksanakan!

  20. mas aq dah coba berbagai cara pake ssc ato sdjustment epson C58 tapi ttp ga bisa ada pesan error, kira2 apanya neh…tolongin donk mas…

    hanin: huwasduhs, pesen error apaan? maaf ga gitu ngerti ya, soalnya saya pan bukan bagian servis printer :P lagipula sekarang printer saya udah ganti makek canon, gara-gara ni epson kena samber geledek :(

  21. Mas, printer epson c58 ku ga tau nih apakah perlu di reseter apa ga yg jelas permasalahannya sebagai berikut :

    waktu lg ngeprint asik2 eh printernya berhenti, terus tombol di samping tombol power nyalanya berwarna merah kedap-kedip terus ya jd kertasnya ga bisa keluar tuh

    terus di komputer tertulis kata “GENERAL ERROR” nah gimana tuh caranya sy lg pusing niih

    tolong pencerahannya, sebelum n sesudahnya terimakasih
    atas pertolongannya semoga amal baiknya di terima oleh Allah SWT. Amin

    aku tunggu balasannya via e-mail ya

    ke : csm**********@yahoo.co.id atau m******@yahoo.com

    hanin: maaf, saya ngga terlalu ngerti kalo ngga pegang mahluknya langsung. soalnya saya juga bukan teknisi. barangkali yang lain ada yang bisa membantu?

  22. mas gimna ne? cara download resetter epson c58, aku dah cari tapi ga ada, dimana see??

    hanin: udah saya kirim via email. semoga membantu.

  23. saya pakai software epson adjustmen, program dah jalan dan chek sukses, tp pas waktu initialized waste ink “error connection” error code 210004B0, gmana solusinya, ku cuba pake ssc ver 4.30 juga gk bisa, printerku epson c58. makasih sebelumnya

    hanin: aduh, maaf, printer epson saya udah almarhum, ditinggal di tukang servis ngga ada kabarnya lagi… sorry gak bisa bantu.

  24. mas tlg bantu q ,,,

    q da printer epson c58 yang ngeblink n q udah download softwere ajdprog n waktu q pake error trs q jadi pusing banget cz lagi banyak tugas.
    tolong y kirim softwere n panduannya ia email q di java_teampea@*********

    makasih banyak sebelumnya.

    hanin: sudah di-email, kembali kasih… :P

  25. Hi,

    Klo C58 mati total itu, apakah bisa di reset juga?? tq

    hanin: duh, gak tau ya, itu bisa urusannya dengan power ngga? secara akyu bukan tukang servis printer je… :P

  26. ma d kantor saya ada 2 Printer epson c58,
    dua”nya ng’blink……
    tnta htam nya gak terdeteksi…..
    udah nyoba reset tapi gagal terus….
    padahal udah ngikutin tutorialnya….
    itu kenapa??????
    tlong jwab scepatnya dan kalau bisa kirimi software resetternya ke email sya:
    Ghlodhagh@yahoo.com
    makasih

    hanin: sudah Yang Mulia.. sesuai instruksi…

  27. tlong dong,,,please cara resseter yag baik.kok klo resseter slalu error communication knpa tuh??
    and aq mnta tlong lg cara connect in printer ke cmputerx dong….

    tlong bgt ya ….

    hanin: silakan dicermati langkah demi langkah di manualnya, termasuk troubleshoot nya.

  28. printer saya epson c58..
    status monitor bilangnya kaya gini:

    Parts inside your printer are at the end of their service life. See your printer documentation.

    kalo erornya kaya gini ada yang tau gak??bisa di reset gak tuh??

    hanin: udah dicoba reset belom?

  29. mas kalau mati kira-kira apanya itu, printer epson c-58, kira-kira power atau mainboardnya

    hanin: saya punya pernah tewas juga, masalahnya di power adapter yang kebakar (biasa masalah lonjakan daya listrik).

  30. mas saya sudah donlot sudah saya install ke PC…sudah saya ikutin sesuai instruksi tapi kok tetap saja nge-blink…mohon penjelasan nya…sebelum nya thanx…

    hanin: walah… maaf, saya ngga bakat melayani konsultasi jarak jauh kaya begini. ayo, ayo, ada yang bisa bantu Ayiez???

  31. yang pnya saya epson C58 di cabut power, tekan resume tetap ajh g bsa……..blm di coba klau pakai softwere gmn y.tlong kasih tau caranya

    hanin: dalam software tersebut ada langkah-langkahnya. silakan dicoba ikuti dengan seksama. jika sakit berlanjut, hubungi dokter :P

  32. kang maaf ganggu sy mau minta tolong,printer saya epson c58 g bisa jalan sama sekali.pas dinyalain tuh printer si mesinnya g jalan sama sekali,biasanya kan pas di nyalain si mesin suka gerak tapi ini g. dan ada tulisan “SERVICE REQUIRED”. tolong kang…….
    kirim ya kang saranya ke e-mail saya : satriani_tewel@yahoo.com

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    hanin: coba dibersih-bersihkan dulu bagian dalamnya. lalu cek karet-karetnya. tapi, kalo ngga biasa, lebih praktis bawa ke tempat service atau dilem biru (dilempar ganti baru…) hihihi.

  33. Mas, setelah di reset, koq sekarang malah tintanya ga keluar ya ? .. proses printingnya normal, tapi di kertasnya nge-blank … knp ya ?

    hanin: whaduh, kenapa ya? udah dijalanin deep clean belum??

  34. saya sudah download tapi option reset counters nya ga ada… ga bisa di klik, kenapa ya? dan udah install help me help meee T_T

    hanin: waw… gag taw… tipe printer nya mungkin? coba liat-liat instruksinya, barangkali ada step by step nya. saya sendiri sudah ngga pakai epson jadi ga bisa bantuin.

  35. saya sudah mendownload resetter epson c58, tapi saya saya sudah tidak punya lagi CD software epson c 58, karna hilang di pinjam teman, saya minta bagaimana saya bisa mendownload software epson c58 secara gratis…?sebelumnya saya ucapin terima kasih

    hanin: coba main-main ke tempatnya epson di sini masih ada kok.

  36. mas bisa sungguh reseter tuh bwt reset epson c58
    cz aq px 2

    hanin: saya dulu berhasil sih. sekarang epson sudah almarhum karena masalah listrik, ganti make printer kantor :)

  37. mastah…….emang klo reset epson c58 lama ya???soalnya udah 4jam…tapi tulisannya

    (please wait)….q liat di tetangga sebelah katanya si harus sabar….saking sabarnya udah 4 jam masih tetep aja PLEASE WAIT….

    mohon pencerahannya….

    hanin: seharusnya si ngga selama itu. saya ngga sampai 5 menit tuh.

  38. mau tanya klo ketika mereset apakah posisi printer dalam keadaan nyala atu tidak??
    dan saya baca di petunjuk mereset klo driver printernya harus di hapus dulu dr komputernya. apakah begitu?? trims

    hanin: maaf saya sudah 2 tahun ngga pakai epson. Seingat saya, printer hidup dan tidak menghapus driver. Silakan dicermati lagi.

  39. mas printer saya c58, kl di nyalain ga gerak sama skali lampu indikatornya ngeblink hijau-merah, udh pake software yg ssc itu, cuman ga ke detek si printernya… knp ya mas??? tolong pencerahanya donkz..heu.. thankz

    hanin: hwaduh, sorry, saya udah ga pake c58…

  40. Mas saya mohon minta resetter epson stylush c58 ny donk, sy ud nyoba2 software gratisan yg ad di internet pd gagal. kli aj software mas oke. oiy mas sekalian cara2ny Nge-reset yg lengkap donk. sukron mas

    email saya: arieseptiawan@ymail.com

    hanin: silakan Anda unduh di link sebagaimana posting di atas: http://www.ziddu.com/downloadlink/1651654/resetter_epson_58.exe dalam file itu nanti ada petunjuk singkat cara me-reset-nya. (semacam help). saya pribadi sudah lama (hampir 2 tahun ini) tidak menggunakan epson lagi.

  41. kmrn saya cb reset tp gak bs. mohon pencerahannya mas. sukron.

    hanin: maaf, gak bisa kasih pencerahan, secara kita ga tahu ga bisa apanya. sila bawa ke tempat servis saja :D

Berikan Balasan

