Bikin Koneksi Wifi Sendiri dari PC ke Iphone

Saya tidak suka iTunes, karena bikin ngos-ngosan notebook saya yang sudah renta. Lagipula, sepertinya USB di notebook saya tidak stabil, sehingga sering putus-nyambung dibacanya si iPhone oleh iTunes. Apalagi, setelah jailbreak, saya tidak terlalu perlu memakai iTunes.

Maka itu, saya pakai software pihak ketiga. Yang saya suka tentu Putty atau WinSCP yang ringan, untuk masuk ke iPhone lewat openSSH. Masalahnya, saya perlu punya koneksi Wifi untuk membuat koneksi dengan dua IP yang berbeda. Memang sih ada iPhoneBrowser atau TotalCommander (dengan plugin T-Pot) yang bisa terkoneksi sampai ke root iPhone lewat kabel. Tapi seperti yang saya tulis barusan, koneksi USB saya rada lemot.

Nah, setelah beberapa hari ini saya dengan bodohnya mencari-cari hotspot untuk menghubungkan iPhone dan notebook saya ke jaringan Wifi, saya baru ingat ada yang namanya koneksi Wifi ad hoc. Ini adalah koneksi Wifi yang di-host oleh notebook saya, menggunakan card Wifi yang sudah ada. Dengan cara ini saya bisa punya koneksi Wifi dari PC ke iPhone tanpa perlu repot cari hotspot atau beli access point segala.

Konsepnya begini. Di notebook, dibuat access point baru, dengan IP statis. Di iPhone, dibuat koneksi ke access point itu menggunakan IP statis. Gampang, meski sesudahnya saya biasanya hapus itu AP di notebook saya supaya ngga bikin rame kalau ketemu hotspot di tempat lain.

Di notebook (saya pakai Windows XP), ini yang perlu dilakukan.

  • Buka Wireless Network Connection Properties, masuk ke tab Wireless Networks, klik Add.
  • Beri nama pada kolom Network Name (SSID). Misalnya, iPhone.
  • Saya memilih untuk membuat opsi “Open” pada Network Authentication dan “Disabled” pada Data Encryption.
  • Hidupkan tickmark pada “This Is a Computer-to-Computer (Ad-Hoc) Network; Wireless Access Points Are Not Used” di bagin bawah, lalu klik OK.
  • Klik pada Advanced. Di pop-up berikutnya, pilih opsi “Computer-to-Computer (Ad Hoc) Networks Only ” alu klik Close.
  • Sekarang, pindah ke tab General, gulung sedikit ke bawah, pilih “Internet Protocol (TCP/IP)” lalu klik tombol “Properties”
  • Pilih opsi “Use the Following IP Address”, lalu ketikkan 10.0.0.1 di kolom IP Address, dan isikan 255.0.0.0 di kolom “Subnet Mask”. Biarkan yang lain kosong, lalu klik OK

Selesai urusan di notebook, pindah ke iPhone, setting koneksi ke AP dengan cara ini.

  • Buka Settings, lalu tap Wi-Fi
  • Jika AP iPhone belum muncul, pilih Other Network, lalu masukkan nama AP tadi (iPhone). Jika sudah tampil, langsung tap saja di nama AP tersebut.
  • Begitu tersambung, tap panah biru kecil di sebelah kanan nama AP, lalu pilih tab Static.
  • Masukkan 10.0.0.2 di kolom Address dan 255.0.0.0 di Subnet Mask.
  • Gulung ke bawah sedikit, masukkan 10.0.0.1 di kolom Server dan 8080 di kolom Port. Dengan cara ini, jika Notebook terhubung ke internet (lewat wired LAN atau modem), si iPhone bisa numpang internetan di situ.
  • Selesai, sekarang dari notebook bisa SSH wireless ke iPhone lewat IP 10.0.02 tanpa perlu ada hotspot atau access point ‘sebenarnya’. Lagi-lagi, jangan lupa matikan openSSH setelah selesai, dan gantilah password root.

    STANDARD DISCLAIMER
    Melakukan jailbreak dan unlock pada iPhones tidak diperbolehkan oleh Apple. Tulisan ini tidak bermaksud membujuk siapapun melakukan jailbreak maupun unlock pada iPhone-nya. Segala akibat yang timbul akibat mencoba-coba berbagai aplikasi dan tweak yang tertulis di sini adalah resiko masing-masing pemilik iPhone.

12 thoughts on “Bikin Koneksi Wifi Sendiri dari PC ke Iphone

  1. wah kurang jelas nih gimana biar aku bisa wifinan tanpa harus ngemal.berarti aku bisa manfaatin laptop aku ini ya???cz aku tiap hari ol pake laptop n pake modem.tetep bisagak kira kira?gak perlu usb wi fi?

    hanin: bisa, bikin aja gateway-nya di iphone sesuai ip punya laptop. terus di laptop juga disetting untuk bisa internet connection sharing.

  2. maaf bos kalo pake vista sama aja ya???
    sy pake speedy trus tinggal dishare pake wifinya laptop gitu??
    lalu tggl samain punya laptop ip nya gitu boss???

  3. mas hanin, koq ga bisa ya mas aq pake win7, iphone 3g 3.1.2 jailbreak blackrain emang ngaruh ya mas klo jail pake black rain. udah 2 bulan aku mas nyari gimana supaya wifiku jalan padahal signal penuh internet acces ok, signal exelent, tapi emang gambar signalnya putih semua di kompi. gimana ni mas , butuh bget ni mas, selama ini aku ambil wifi dari kamar temen itupun aq tambah kaleng coca cola wifi adapter nya trus aq tarok luar.

    hanin: rasanya bukan dari blackra1n kok, kan dari kamar sebelah bisa kan? mungkin itu dari windows-nya. coba dikulik dikit setting permission punya wifi win7. saya belom pernah pegang win7 jadi ngga paham di mana tempatnya, tapi emang rada ribet karena basis win7 dari vista. mungkin Anda perlu masuk sampai ke administrative tool-nya (dengan akses admin).

  4. boleh juga mas caranya…mau saya coba agar bisa masuk iphone pake winscp lagi ….
    tapi saya punya masalah nih….
    saya suka menggunakan winscp untuk melihat isi iphone(iPhone 2g 8gb) host name 127.0.0.1 menggunakan iphone tunnel suite untuk secara offline, sebelum password root diganti(alpine) saya bisa masuk winscp, trus saya ganti password rootnya(gara-gara berita ada virus worm ikee untuk iphone) setelah saya ganti password rootnya kok saya tidak bisa masuk winscp, dan ada tulisan connection abord, padahal saya melakukan dengan cara yang sama hanya passwordnya saja yang berbeda(dengan password saya)…kenapa ya? tolong di kasih tau

    hanin: saya punya tadinya juga ga mau login karena ssh-nya mati (diliat dari sbsettings) gara-gara kena ikee. ngga ada tanda2 apapun mengenai ikee di iphone saya, cuma ssh nya aja yang mati, lainnya (wallpaper dsb) ngga berubah. setelah ikee dibersihkan, langsung mau login lagi kok.

  5. mas klo cuma kirim file doc, xls ato pdf dari PC ke iPhone 8G lewat wifi (dg cara seperti yg mas jelaskan diatas) ga usah online itu gmana…??

    hanin: maaf, saya ngga ngerti maksudnya ga usah online. soalnya cara yg saya pakai itu ga dalam kondisi online kok. intinya cuma menyamakan IP address dan subnet mask nya aja. di rumah, saya ngga punya wifi router, jadi saya pakai koneksi ad-hoc (dari PC ke PC), cuman dalam hal ini dari PC ke iphone.

  6. mas tolong mas jelasin caranya masukin file pdf ke iphone…?!
    aq dah utak-atik pake WinSCP ga bisa-bisa, coz ga tau masalahnya kenapa kok ga bisa masuk ke iphone padahal langkah2nya jg dah dikuti tp tetep ga bisa masuk…
    tolong mas ya… :D thanx…!!!

    hanin: kemploonk yang baik, itu yang ga bisa masuk ke iphone nya atau file pdf nya aja? ga bisa masuknya waktu langkah mana? apa pesan error nya?

  7. Mas Hanin, tolong mas kok device iphone di itune gak keluar.. gimana caranya mas

    hanin: cabut kabel trus tancep lagi. Ato dicoba di komputer lain (ga usah di-sync) mungkin juga kabelnya bermasalah.

  8. ah gk jelas ne…kalo di window 7 gimana…

    hanin: tulisan ini emang dibuat untuk windows xp. di 7 sama aja dul, cuman tempatnya aja beda. masuk ke control panel > network and sharing center > set up a new connection or network > set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network. sisanya sama persis. payah lu bro, belajar 7 dulu gih, gitu aja repot!

  9. ko Ga bs ya aku internetan lewat iphone padahal da connect ke laptop & laptop da connect internet…

    hanin: di iPhone, setting koneksi harus ditambahkan gateway yang sama dengan IP laptop. sedangkan di laptop, harus dibuka setting internet connection sharing-nya.

  10. mas aku udah coba tutorial ini tapi kok tetep gak isa heheh bisa kasih lebih detail gak?… iphone ku 3g n undah di jailbreak dan dari laptop sendiri sering mati wireles nya kira kira kenapa ya ?..

    hanin: barangkali di sisi laptop nya yang wifi-nya kurang stabil. saya sendiri kadang mati, biasanya saya deketin tuh iphone ke posisi antena wifi-nya laptop.

  11. dan di iphone muncul unable to connect. please review your network setting. kalo di wereless con .. properties na nama SSID ada nama(on demand) n sebentar” mati

  12. mas saya sdh coba ikutin langkah2 diatas tapi koq msh blm bisa ada tulisan

    safari cannot open the page.

    the error was: “there was a
    problem communicating with the
    web proxy server (HTTP).”.

    klo gt gmn mas? apa da yg slh?

    hanin: langkah-langkah ini bukan untuk sharing koneksi internet. kalau mau sharing koneksi internet, di iphone dibikin juga proxy-nya sesuai PC yang dijadikan source koneksi. lalu di PC juga dibuatkan sharing internet. langkah-langkah sharing-nya bervariasi, tergantung OS yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

