Aplikasi di iPhone

Sekarang, iPhone saya sudah jauh lebih “berguna” daripada ketika pertama kali berpindah tangan ke saya. Dulunya saya agak kesal karena begitu “polos”nya iPhone standar, yang tidak lebih seru dari HP jadul mekiwul kesayangan saya sebelumnya.

Tentu, itu bisa dicapai setelah iPhone 2G ini saya jailbreak dan update ke firmware 3.1.2. Dari situ saya dapat aplikasi Cydia, yang repository di dalamnya penuh dengan berbagai aplikasi. Nyaris semua isinya gratis, baik yang memang betulan gratis atau sudah di-crack, dilepaskan pengecekan keasliannya. Tentu saja saya tidak akan menyebutkan yang mana aplikasi bajakan yang tertanam di iPhone saya itu… :) Sebagian lagi saya peroleh file .ipa -nya dari berbagai sumber yang saya ngga sempat mengingatnya lagi. Berikut ini berbagai aplikasi yang sekarang duduk manis memenuhi SSD iPhone saya, diurutkan berdasarkan abjad.

Pertama, saya pasang Cycorder, sebuah perekam video yang dibikin langsung oleh Saurik, sang pembikin Cydia. Menarik, sangat simpel, pengambilan gambarnya semudah mengambil foto. Tinggal pencet tombol rekam, langsung deh jalan, lengkap dengan counter detik dan megabyte file yang dihasilkan. Cycorder ini mustinya bisa dikembangkan lebih jauh, meski saya sudah cukup puas jika untuk mengabadikan momen secara sederhana.

Kemudian, karena saya tidak suka iTunes, saya pasang dTunes. Lah, apa hubungannya? Begini. Kalau saya mau pakai aplikasi iPod yang jadi bawaan iPhone, saya harus memakai iTunes untuk menaruh file-file musik saya ke dalam iPhone. Saya tidak suka iTunes. Jadi saya pasang aplikasi pihak ketiga yaitu dTunes ini. Perilakunya mirip iPod, cuma satu penyakitnya, dia hanya bisa baca file musik yang ditaruh di /private/var/mobile/Library/Downloads – yang secara default ngga ada di dalam iPhone. Buat saya tidak masalah karena toh saya bisa bikin folder itu lewat WinSCP.

Nah, saya juga pasang Facebook. Sumpah yang ini saya pasang cuman untuk gengsi dan pamer saja, karena kalau saya posting status ke FB lewat aplikasi ini, bakal ada keterangan “.. using Facebook for iPhone”. Saya kurang suka aplikasi ini ngga bisa menampilkan ‘poke’ dan lebih boros data daripada kalau saya lewat Safari masuk ke http://touch.facebook.com

Yang namanya agak mirip, Factbook. Ini berisi deskripsi lengkap negara-negara di dunia. Mulai dari kondisi geografis, sosial demografis, pemerintahan, ekonomi, fasilitas komunikasi, trasportasi, dan militer. Saya belum tahu sebesar apa manfaatnya bagi saya, mungkin suatu saat nanti kalau saya jalan-jalan keliling dunia… :)

Kemudian, ada FastFigures - sangat menarik bagi saya yang (seharusnya) tiap hari berurusan dengan berbagai perhitungan keuangan. Saya bisa langsung itung time value of money, breakeven analysis, cash flow, leasing, depresiasi, fixed-rate mortgage, progit margin, hingga statistik satu-dua variabel sederhana.

Lalu saya juga ada GMAT Review. Kadang saya iseng buka, sekedar mengenang kembali pelajaran bahasa Inggris saya. Mengenai tes matematika, belum pernah saya sentuh :) Sebetulnya saya juga mencari versi TOEFL-nya tapi belum ketemu juga.

Ada juga iBlacklist, untuk memblokir SMS maupun telpon. Saya pakai untuk memblokir iklan dari operator GSM saya yang kadang muncul di tengah malam bikin panik orang tidur. Beberapa kontak ‘masa lalu’ yang saya tidak berkepentingan lagi, seperti para mantan tukang di rumah lama, saya simpan di blacklist juga – sekedar supaya tampak ada isinya :P

Berikutnya saya punya kamus Idioms. Ini menarik karena dengan searching satu kata saja, sudah akan tampil idiom yang terkait kata itu. Dijelaskan dalam satu paragraf, dan di bawahnya ada contoh penggunaannya. Baru sadar kalau selama ini sering salah pakai…

Saya juga sudah pasang Ping! di iPhone saya. Meski saya belum pernah pakai karena tidak ada kolega saya yang pakai iPhone juga… Ping ini mirip Blackberry Messenger. Lengkap dengan push notification, jadi meskipun idle pun dia akan pop-up kalau ada message. Bagi pengguna 2G seperti saya, perlu sedikit kerja keras melakukan fix pada sistem push di iPhone sebelum Ping bisa jalan mulus.

Favorit saya, Quickoffice. Aplikasi iPhone yang bisa membaca dan mengedit file Word dan Excel – hingga versi MS office 2007. Tabel dan picture di Word tampil rapi, berbagai formula di Excel pun terkalkulasi dengan baik. File .pptx juga bisa dibaca, lalu PDF tentu saja. Untuk transfer file dari dan ke iPhone ada web-based server bawaan Quickoffice, jadi bisa lewat Wifi dan browser apapun.

Saya juga punya Spending. Ini aplikasi sangat sederhana yang hanya mengurus income dan expense, hari demi hari, dengan kategori income/expense yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Ada report harian, mingguan, bulanan, tahunan. Seharusnya bisa dibedakan per proyek, jadi kalau saya punya tiga-empat proyek bisa dicatat terpisah. Dilengkapi password internal supaya ngga gampang ketahuan oleh yang tidak berwenang.

Lalu saya simpan juga Sygic Indonesia. Ini sebetulnya GPS dengan peta Indonesia secara offline. Petanya cukup lengkap, berbagai POI sudah ada, tampaknya diambil dari TeleAtlas. Seharusnya bisa dipakai untuk navigasi menunjukkan arah dengan petunjuk belok kanan-kiri dalam bahasa Indonesia. Sayang sekali iPhone 2G belum punya chip GPS sehingga saya terpaksa cukup puas membrowse peta itu secara manual, lumayan daripada bawa peta berlembar-lembar.

Dan karena saya suka molor dari deadline, saya perlu punya Todo. Ini dipakai menyusun pekerjaan yang harus dilakukan, lengkap dengan deadline-nya. Bisa dibuat nested, maksudnya tiap pekerjaan bisa dikelompokkan berdasarkan proyeknya, dalam proyek itu mungkin ada beberapa pekerjaan sekaligus, dalam tiap pekerjaan ada sub pekerjaannya. Semua yang sudah overdue / lewat waktu, akan tampil di tab Focus sebagai management by exception.

Terakhir, saya punya Yahoo! Messenger. Cukup jelas.

Beberapa aplikasi (dalam file .ipa) saya simpan di 4shared

STANDARD DISCLAIMER
Melakukan jailbreak dan unlock pada iPhones tidak diperbolehkan oleh Apple. Tulisan ini tidak bermaksud membujuk siapapun melakukan jailbreak maupun unlock pada iPhone-nya. Segala akibat yang timbul akibat mencoba-coba berbagai aplikasi dan tweak yang tertulis di sini adalah resiko masing-masing pemilik iPhone.

About these ads

26 thoughts on “Aplikasi di iPhone

  1. bos mau nanya nie gmna caranya update firmwire iphone 2g menjadi versi 3.1.2…?

    hanin: dari iTunes, pilih opsi Update. hati-hati download file-nya sampai 200MB, bagusnya cari wifi yang koneksi kencang dan stabil. atau download dulu firmware dari repository lain, lalu pencet shift sambil klik Update di itunes. nanti bisa browse ke file firmware yang sudah diunduh itu.

  2. Bantuin donnk mbakk.. Ini dTune mesti mulai dari pc juga ya

    hanin: maksudnya mulai dari PC tu apaan?? installnya dari cydia aja, trus file musik dan video nya ditaruh di /Private/var/mobile/Library/Downloads nanti langsung kebaca sama dTunes. naruh ke lokasi itu memang lewat PC.

  3. wah…blog yang sangat berguna bagi saia yg masih nubi soal iphone ini

    mas, mo tanya soal YM dan gtalk

    bisa ga sih tetep on terus walau kita dah ga buka aplikasi itu?

    gimana caranya?

    hanin: bisa, hidupkan saja opsi push-nya.

    • gan it mksd nya opsi push th ap?tolong gan newbie>,<

      hanin: push itu maksudnya dari server aplikasi (misal email, twitter, dll) akan memberi tahu ke handset kita bahwa ada email/pesan baru. jadi kita ngga perlu bolak-balik cek ke server (disebut pull), tapi server yg ngasih tahu. mirip dengan SMS gitu, ada SMS baru langsung masuk ke inbox. kita ngga perlu cek apakah ada SMS baru di server :D

  4. mau tanya,,,aplikasi u/ kmputer`a apa y,,,coz stiap sya smbungkan kabel USB k`kmputer pasti ga muncul”,sya bingung mau masukan video dan menghapus lagu” yg ada d`iphone sya,terimakasih….

    hanin: sudah coba itunes?

  5. gimana ngidupin push nya
    soalnya pada Whatsapp gk bisa sama sekali

    hanin: OS nya versi berapa? kalau 3.1.x memang belum bisa. Kalau di atas itu, seharusnya sudah bisa, coba ganti kartunya dengan kartu resmi Apple (carrier resmi di Indonesia adalah Telkomsel). barangkali kalau carrier-nya bukan resmi, di server push-nya Apple memang diblokir.

  6. mbak.. sya punya iphone 2g 8gb… saya coba install salah satu aplikasi dari cydia.. setelah selesai download ada muncul perintah,,” RESTART SNOW BOARDING”.. trus sya ok.. yang terjadi sudah 1 jam loading trus… apakah yang terjadi… apa memang restart-nya lama atau something problem??? tlg di bantu…. tq…

    hanin: maaf, saya ngga kebayang solusinya. coba di hard reset saja.

  7. mbak sygic indonesianya versi berapa? lg nyari yang buat os 3.1.3 … ada ga?

    hanin: saya sudah hapus sygic-nya. pakai papago M6, peta dari navigasi.net dengan ios 3.1.2 malah.

  8. saya ini baru pake iphone 2G 8 GB, saya dapat dari temen saya…utk iphone 2G maksimalnya pake ios berapa yang suport n cocok…saya baru n blm ngerti sama sekali apa aja kelebihan iphone..termasuk iphone 2G 8 GB itu..terima kasih sebelumnya atas jawaban yang kemarin…

    hanin: yang pasti untuk 3.1.x support, kalau 4.x kayaknya ngga stabil… untuk diskusinya lihat di macclubindonesia.com

  9. mas, untuk mengaktifkan push notification di iphone 2g gmn? apkah ada aplikasi yg harus di install? sudah coba brulang2 tp gagal trus :(

    hanin: saya agak lupa, coba googleing dengan keyword “fix push”. kalau carrier Anda bukan resmi dari Apple, diblokir dari server Apple-nya.

    • Iy mas,kyaknya di blokir waktu add source fix push di cydia nya..ada solusi lain gak? tp intinya iphone 2g bisa di push y mas,cos info dari temen yang bisa di fix push nya mulai dari iphone 3g

      hanin: ingat saya bisa kok 2g dikasi push. cuma waktu itu saya pakai carrier resmi Apple (telkomsel), meski udah unlocked

  10. gan untuk facebook os 3 udah ga bisa dipakai buat iphone 2g gimana gan .ada saran ?

    hanin: coba main ke thread iphone di macclubindonesia.com di situ ada sticky utk aplikasi (ipa) iphone 2g.

    • yah >,< emang sih lebih enak Andro ya dri pada iphone T.T

      hanin: enak dan tidak enak itu soal selera. saya lebih suka iphone sih. lagipula, Andro itu OS, kalau iphone itu satu paket hardware dan OS-nya. ngga bisa dibandingkan begitu saja.

  11. gan mau tanya klo iphone tuh bisa kyk bb atau andro yg bisa nge minimaize aplikasi gk?

    hanin: di iphone 2G saya dengan OS 3.x ada add-on yang namanya backgrounding, untuk me-minimize aplikasi.

  12. gan mau tanya…iphone saya tipe 2g 8gb baru saja aku jaibrek ulang pake ios 3.1.3 cuma masalahnya aplikasi intallous yg ada di cydia itu installous 5 sedangkan ios 3.1.3 cuma suport installous 3 gmana cara mensiati untuk instal installous 3…mohon bantuannya..terima kasih.

    hanin: untuk diskusi mengenai iphone 2G, silakan lihat-lihat di forum macclubindonesia.com – semua tentang iphone – sticky iphone 2G atau langsung aja ke website hackulo.us yang developer installo.us -nya. Di situ ada sub forum installo.us, bisa nanya untuk repo yang ios 3.x

  13. om update aplikasi instagram, path dan twitter untuk iphone 2g dong :( sengsara banget sepertinya yg memiliki iphone 2g tidak bisa punya banyak aplikasi :(

    hanin: coba main-main ke download.pandaapp.com atau iphoneleaks.net terus cari dengan keyword iOS 3 (OS-nya iphone 2g), barusan saya lihat mereka masih simpan .ipa untuk instagram versi 2.5. good luck.

  14. thanks buat infonya,klo cari sparepart iphone 2G dmn ya gan

    hanin: whaduh, kaga tahu gan. coba main ke macclubindonesia.com siapa tahu di forum situ ada informasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s