Mengubah Tanggal Menjadi Text di Excel

Beberapa hari lalu, saya perlu menggunakan segerombolan data yang di-input dalam format tanggal, menjadi data dalam format text. Hal pertama yang saya lakukan, tentu saja, mengganti format sel tersebut menjadi long-date. Tapi ternyata itu tidak menyelesaikan masalah saya.

Misalnya, saya punya sel dengan format long-date yang saya isi 17/08/2011 maka akan tampil menjadi 17-Agustus-2011. Namun jika format sel tersebut saya ganti menjadi text, di sel tersebut akan tampil angka 40772. Nah, tentu bukan itu yang saya perlukan.

Setelah sedikit googling, ternyata keperluan itu bisa dilayani dengan fungsi TEXT. Dalam kasus saya untuk menampilkan format tanggal, rumus yang digunakan adalah =TEXT(A1;”dd-mmmm-yyyy”).

Dengan cara itu, tampilan akan sama-sama 17-Agustus-2011 namun dalam format bentuk teks!

Buktinya? Jika saya copy; lalu paste-special-value, akan tampil persis menjadi 17-Agustus-2011. Namun jika masih dalam format tanggal, jika dilakukan copy – paste-special-value akan tampil 40772. Nah!

Pertanyaan selanjutnya: bagaimana jika sebaliknya? Suatu sel yang berisi teks berupa tanggal, akan diubah menjadi format tanggal. Seharusnya bisa, bukan? Dan ternyata memang bisa.

Kali ini saya gunakan rumus =DATEVALUE(A2). Tentu saja, di sel A3 yang saya isi rumus tersebut, sudah saya buat dalam format long-date. Sehingga akan tampil 17-Agustus-2011. Jika format sel masih dalam General; yang tampil adalah 40772.

Ayo, waktunya bikin kalender!

14 thoughts on “Mengubah Tanggal Menjadi Text di Excel

  1. saya mencoba kok muncul bulan dg format bahasa inggris???????????

    hanin: barangkali bisa dicoba mengubah regional setting menjadi Indonesia. Setting itu terkait Windows-nya, bukan excel.

  2. Panggilnya apa ya enakan, Kak Hanin aja deh.
    Kak, aku nemu problem ni di ecxelku. panah keyboard ga bs dinaikin ataupun di trunin. misalnya kalo di tekan kanan, posisi C1 ga mau pindah ke d1. yang ada malah scrooll nya yang gerak2. sepertinya ke lock tapi aku ga tau cara unlock nya. jadi ga bs enak kerjanya.
    mohon bantuannya ya kak.

    hanin: mungkin itu scroll lock-nya yang hidup. coba dimatikan, cari tombolnya di keyboard.

  3. saya mau mengubah 17/08/2012 kok menjadi 41260 dlm cell text. gimana caranya biar tetap dlm format 17/08/2012 dalam cell text selain tulis manual?

    hanin: silakan dicoba terlebih dulu fungsi TEXT sebagaimana rumus yang disampaikan dalam posting saya ini. Anda hanya perlu mengganti format teks-nya saja: =TEXT(A1;”dd/mm/yy”)

  4. Tanggal to TEXT… membantu saya waktu mo menyelesaikan tugas. :))

    thanks gan for ilmunya.

    hanin: sama-sama, senang bisa bermanfaat.

  5. terima kasih banyak sangat membantu saya setelah saya bingung dg masalah ini beberapa bulan, semoga mendapat pahala, Amiinn Ya Rabb…

    hanin: amiin, sama-sama mas yudi, senang bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

