Panduan Menguasai Mandrake 9.2 (buku)

Overview
Halaman pertama diisi peringatan untuk pengguna CDROM LG. Katanya beberapa model ada yang bisa rusak kalo dipake install Mandrake 9.2. Tapi untungnya ada CD yang berisi firmware update-nya.

Selanjutnya buku langsung dibuka dengan quick start guide, membahas dua desktop utama KDE dan GNOME. Bagus untuk referensi awal sebelum mulai buka komputer dan install Mandrake. Bab kedua diuraikan langkah instalasi dengan detail. Dilanjutkan dengan konfigurasi hardware – yang nyaris tidak perlu saking cerdasnya Mandrake mengenali hardware. Bab-bab selanjutnya berisi panduan aplikasi internet, perkantoran, multimedia, dan server.

Bagusnya
Buku ini sangat detail. Nyaris mirip terjemahan user guide-nya Mandrake. Untuk pemula, bisa baca dulu sebelum mulai install. Jadi setelah install dan login, ngga bingung lagi harus ngapain.
Bahasa yang dipakai tidak terlalu teknis. Typesetting juga bagus. Kode shell dibedakan dengan shading dan perubahan jenis huruf.

Kurangnya
Pertama, tidak ada penjelasan untuk booting dari modus grub. Pemula akan panik mendapati prompt grub, yang bahkan help-nya pun dengan dingin memerintahkan agar filename harus absolute path!
Kedua, kurang dijelaskan metode mount. Sebagian besar pengguna masih dual booting ke MSWin, dan data-data masih nongkrong di partisi Windows. Perlu diketahui untuk mount bisa ke root direktori lalu pilih /mnt/win-x.
Ketiga, tidak dijelaskan uninstall Mandrake. Sampai sekarang Partition Magic saya tidak mengenal partisi Linux sehingga tidak dapat memformat ulang.

Simpulan
Beli! Kekurangan sedikit di atas tidak masalah.
Kalau terlanjur ketemu prompt grub, coba booting lagi dari CD pertama. Lalu tekan F1 untuk modus teks. ketik rescue, enter. Lalu pilih reinstall bootloader, dan pastikan pilih LILO sebagai bootloader-nya.

Data Teknis
182 halaman, dian rakyat, ‘panduan menguasai mandrake 9.2’, http://www.infolinux.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s