Diklat Policy Evaluation

Waduh. Namanya keren banget. Evaluasi kebijakan. Gak kebayang deh gimana caranya mengevaluasi kebijakan. Makanya, saya dikirim ke Pusdiklat untuk ikut acara ini selama satu minggu.

Jujur aja, saya ngga ngerti isi diklat ini. Intinya adalah merubah mind-set kita dari auditor menjadi evaluator. Buat saya ini ngga masalah. Yang susah malah materinya, ngga kebayang gimana nanti implementasinya di lapangan.

Jadi dengan evaluasi kebijakan ini kita akan membuktikan secara ilmiah apakah program untuk melaksanakan suatu kebijakan sudah sesuai dengan tujuannya atau belum. Nantinya berbagai variabel akan diuji secara statistik, dengan analisa korelasi, deviasi, regresi, dan segala macam si-si lainnya. Dengan sendirinya, variabel yang tidak relevan akan tereliminasi karena jika diputar-balik pun tidak ada pengaruhnya terhadap hasil akhir.

Celakanya, saya waktu kuliah dulu ujian statistik dengan open book. Ngga sekedar open book juga sih, kan bukunya udah ditambahin berbagai rumus praktis dan copy-an kunci jawaban soal-soal. Sekarang baru tahu rasa dah, bikin persamaan aljabar a+2x=y aja puyeng.

Untunglah, di akhir sesi kita diajak foto-foto dengan instruktur. Jadi oleh-olehnya selain SPSS versi pirated edition, ya foto ini buat kenangan kepusingan kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s