Membuat Homepage Interaktif dengan CGI/Perl (buku)

Overview

Sebanyak 98 halaman awal berisi tutorial dasar HTML. Kemudian masuk ke pengenalan CGI, cukup 37 halaman. Lalu HTMLuntuk form, 27 halaman. Terus metode post dan get 14 halaman, selanjutnya praktek sendmail 10 halaman.
Buku ini ditutup dengan bab “CGI Berbasis Web”, yang tak lain hanya berisi remote host untuk aplikasi guestbook dsb.

Bagusnya
Penjelasan metode get dan post cukup menarik, meski minim. Pengenalan tipe data dan dasar CGI lainnya sangat mendasar. Juga praktek sendmail – yang rasanya ambil dari skrip di Matt’s.

Kurangnya
Lebih dari 164 halaman dari 210 halaman digunakan untuk materi non-CGI/Perl. Satu-satunya skrip Perl yang ditampilkan hanya sendmail. Ada campur aduk dengan Javascript, bukan Perl, saat menampilkan tombol interaktif.
Terakhir, judulnya terlalu bombastis.

Simpulan
Ngga usah dibeli. Kalau di toko buku udah dibuka plastiknya, ngga usah dibaca. Biarin aja berdebu. Kalau udah terlanjur beli, simpan di rak paling bawah. Buku ini akan sangat jarang dijadikan referensi. Kalau bisa sih, maunya dibalikin aja tuh buku ke penerbitnya.

Data Teknis
210 halaman, gregorius agung, elex media komputindo, ‘membuat homepage interaktif dengan CGI/Perl’, juli 1999

One thought on “Membuat Homepage Interaktif dengan CGI/Perl (buku)

  1. Betul Buku-buku sekarang kebanyakan isinya tidak sesuai dengan judul yang diharapakas, trus lagi kata-kata yang digunakan terlalu bertele-tele (bikin bingung jadinya). Kenapa gak langsung aja ya..! ke fokus bahasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s