Google: The Next Y! Wannabe?

Google juga menyediakan direktori yang bisa di-browse (hm, search engine emang harus punya index kan), dan enaknya untuk membrowse itu tidak langsung ditonjolkan di halaman depan.

Belakangan, fitur google makin nambah. Dari sekadar iklan baris – yang ini masih bisa diterima, pokoknya gratis dan ngga makan bandwith – yang selalu muncul di bagian paling atas hasil pencarian. Meski begitu masih enak karena iklan nya pun masih relevan dengan keyword yang dimaksud.

Fitur hebat lain adalah pencarian dokumen PDF, yang juga kemudian bisa ditampilkan dalam bentuk HTML. Enak juga, karena dulu-dulu file PDF ini terkubur dalam di sela-sela halaman HTML yang kadang nggak mencantumkan bahwa ini file dalambentuk PDF.

Kemudian fitur pencarian yang agak aneh, yaitu pencarian gambar. Sampai sekarang saya belum benar-benar bisa menggunakan fitur yang ini, karena kalau memasukkan keyword, yang keluar belum tentu sesuai dengan yang diinginkan. Mungkin belum nemu aja cara kerjanya, jadi belum ngerti gimana mensiasati keyword yang dimaksud.

Yang asyik juga nyariin di google groups. Ini mencari di arsiparis milis. Lumayan, daripada menelusuri satu per satu. Tentu saja bagi yang ingin nyari gambar dan attachment lainnya, sulit dilihat di sini, karena archive biasanya sudah menghapus attachment.

Selain itu timbul google toolbar. Saya termasuk suka dengan toolbar ini, karena halaman web yang dicari bisa ditampilkan dengan highlighter. Juga fitur “pencarian dalam situs”.

Eh, aneh juga ya sebenarnya ada bahasa Indonesia di search engine sebagus google :). Bahkan waktu iseng, ada juga tuh yang bikin dalam bahasa Jawa-nya!

Nah, beberapa waktu lalu google bikin free email di gmail. Dahsyat juga sih, kalau lainnya cuman 1-2 MB, si google ini nakal ngasih 1 GB. Wah, Yahoo aja langsung bereaksi, dibesarin juga tuh kuota milbox-nya.

Lantas tombol blogger juga muncul di google. Ngga tahu apa gunanya karena saya ngga pakai blogger, tapi kayanya untuk memasukkan halaman hasil pencarian ke dalam blog di blogger. Jangan-jangan ini langkah awal google bikin hosting?

Oya, sekarang google news ada juga, dengan newsfeed dari Moreover Syndicate. Ngga perlu bolak balik ke Yahoo cuma untuk liat headlines doang nih.

Apa yang belum ada di Google? Jualan. Ngga tahu, kayanya bakalan ada juga nih. Mungkin modelnya kaya eBay kali ya, ngga nge-retail kaya di Yahoo.

Kok jadi ngebandingin google dan yahoo? Ini sepertinya bakal jadi pertarungan dua generasi, yang sama-sama berangkat dari search engine dan menjadi gurita di internet.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s