Sang Beruang Tidur.. dan Tak Ada yang Berani Ganggu Dia!

Pertama, bikin pagar rumah.

Ini udah lama direncanakan. Tadinya sih mau mulai bulan Maret 2005 ini. Tapi mengingat di kantor lagi nganggur, lagian ada isyu kenaikan harga, ya udah kita nekat aja mulai Januari bikin pagar.

Sebenarnya bukan pagar keliling. Bagian depan cuman kita kasih pondasi setinggi dua puluh senti. Bagian belakang kita kasih pagar setinggi dua meter sepanjang delapan belas meter. Terus ke depan kita tambah sedikit lima meter. Nah, yang lima meter itu kita kasih atap Sakura Roof dan keramik. Jadilah semacam teras belakang. Menghadap langsung ke halaman yang sudah dipagar. Sampai sekarang, taman yang direncanakan dibuat di situ, masih dalam tahap pembuatan. Maklum dananya udah habis.

Gara-garanya begini. Tukangnya salah bikin anyaman besi. Jadi yang mestinya untuk balok bentang di atas teras, malah dibikin pondasi. Terpaksa kita beli besi lagi. Yang udah terlanjur kebeli ngga bisa dipake, dan ngga boleh dibalikin. Akibatnya sebagian perhitungan meleset. Jadilah kita sibuk mengecat sendiri dengan hasil ala kadarnya. Udah gitu taman juga jadi molor pembuatannya.

Lucunya, begitu kita selesai bikin pagar, jalanan kompleks langsung dibangun. Ini samasekali ngga berhubungan sih, cuman kebetulan aja. Jadi sekarang kita ngga bisa numpuk material di depan rumah kayak dulu lagi. Nah, untuk bikin jalan itu kan dibuat parit di kiri-kanan jalan. Jadilah kita punya besi itu dipake untuk bikin jembatan. Sebagian malah dibeli tetangga untuk dia bikin jembatan juga.

Sayang belum sempat difoto. Ntar aja kali ya kalo tamannya udah jadi.

Kedua, scan foto-foto

Ini sangat menyebalkan. Memang sih kita minjem scanner dari kantor, gratis. Itu juga gara-gara sebelumnya kita harus nyari driver-nya untuk XP. Sebagai ganti lelah, boleh minjem seminggu.

Konyol ngga sih, scanner Umax Astra3450 ini ngga ada driver XP-nya. Kita nyari di website produsennya, ngga ada juga. Nyari ke sana ke mari, akhirnya nemu juga patch-nya. Jadi caranya, kita pasang dulu driver asli untuk Win98-nya. Habis itu baru dikasi patch, untuk masuk ke sistem XP. Itu pun cara ngejalaninnya ngga bisa lewat start menu, harus masuk control panel di bagian scanners and cameras.

Udah gitu, kinerjanya lambat banget. Untuk scan satu halaman, kita harus nunggu lima menit. Sempat ngopi, nonton telenovela… Eh, seminggu ngga cukup deh.

Jadi bikin skrip-nya di sela-sela scanning itu. Supaya tampilan di web agak enak ngeliatnya. Sebelumnya kan seperti buka halaman baru, nggak cool. Oya, skrip kirim email juga dibaikin. Soalnya ternyata kolom “FROM” ngga nongol, jdi kita ngga bisa nge-reply.

Sambil scan, kita permak sedikit fotonya pake Adobe Photo Deluxe, lalu pilih-pilih mana yang akan ditampilkan di website. Ternyata lebih banyak yang tereliminasi, ngga lolos seleksi!

Ketiga, ngulik skrip untuk website alumni SMA

Basisnya pake skrip opensource-nya eNdonesia. Yang perlu banget dipermak adalah bagian userinfo. Kita pengin tampilin lebih banyak info daripada yang standar. Terus di profil itu juga bisa dikasih foto.

Lantas yang agak repot juga, bikin terjemahan. Sebagian modul masih dalam bahasa Inggris, dan skrip utama dalam bahasa Indonesia. Kita permak habis-habisan menjadi bahasa Banyumasan. Ehm, bahasa ngapak!

Yang ngga keruan waktu bikin layout. Ngga ngerti kenapa di theme-nya banyak bener style. Jadi kita sederhanakan sedikit. termasuk beberapa bug kecil yang malah sekarang udah lupa mana aja yang diganti-ganti dari theme standar-nya.

Sayang, berhubung belum punya dana, belum online resmi. Versi beta sih udah dicoba di sisawaktu.com/smansa tapi belum bisa diumumin ke khalayak ramai. Mungkin bulan depan lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s