Penghitung Cicilan

Dengan dihitung per satu bulan, saya jadi bisa masukin kemungkinan perubahan suku bunga. Kebetulan KPR saya menganut bunga mengambang, yang disesuaikan tiap enam bulan sekali. Jadi jika dalam perjalanan nanti ada perubahan suku bunga, saya tinggal masukin suku bunga terbaru di bulan ybs. Otomatis semua perhitungan disesuaikan, termasuk cicilan per bulan dan total beban bunga di akhir masa cicilan nanti.

Selain itu saya juga punya rencana mempercepat pelunasan pinjaman. Jadi saya tambahkan satu kolom untuk menyisipkan pelunasan sebagian yang akan saya lakukan. Kebetulan KPR saya tidak mengenakan penalti untuk pelunasan sebagian seperti ini. Tapi kalau toh ada biaya, saya bisa masukkan ke kolom “Biaya Renovasi dll”.

Jadi, akhirnya saya bisa tahu berapa total uang muka + hutang + beban bunga + biaya renovasi. Gunanya, untuk menentukan berapa sih kira-kira nilai rumah saya kalau dijual di akhir masa pinjaman (setelah lunas cicilan saya).

Sedikit tips untuk yang mau ambil kredit:
1. Pilih yang bunga-nya efektif, jangan yang flat karena flat lebih mahal.
2. Pilih yang tidak mengenakan penalti atas pelunasan sebagian.
3. Pilih yang ada fasilitas auto-debet.

Download di sini (Excel, zipped, 54kb) atau di sini atau lewat japri ke imel kami di hanin [garis_bawah] keren [et] yahoo [titik] com.

2 thoughts on “Penghitung Cicilan

Tinggalkan Balasan

