Ladies and esek-esek…

Hus, ini bukan soal berbau porno. Ini suara yang sering saya dengar kalau sedang naik pesawat: “Ladies and gentleman, …… we hope you enjoy esek-esek”.

Pengalaman saya naik pesawat sih ngga banyak. Sebatas penerbangan domestik, itu pun paling-paling untuk urusan mudik (dan sesekali tugas). Rutenya juga Semarang-Surabaya, Surabaya-Banjarmasin, Surabaya-Jogja di akhir tahun 90-an waktu tugas di Kalimantan Selatan. Lalu belakangan ini Jakarta-Jambi dan Jakarta-Jogjakarta.

Karena jarang terbang, saya tidak terlalu fanatik dengan salah satu maskapai. Pilihan utama tentu harga, mana yang termurah. Lantas soal jam penerbangan, saya cenderung menghindari terbang malam. Bukannya apa-apa, repot aja rasanya keluar dari bandara gelap-gelapan begitu.

Meskipun saya hampir selalu berganti maskapai, tapi dari dulu ciri khas yang paling saya kenali ya suara “esek-esek” dari para pramugari lewat pengeras suara di kabin. Entah kenapa masalah pengeras suara ini sama saja di semua maskapai yang saya tumpangi. Sekali waktu penerbangan saya melintasi badai, dan hasil pengumuman dari kapten pilot yang saya tangkap adalah “Kita memasuki wilayah esek-esek, harap esek-esek”.

Lepas dari masalah itu, saya merasa sekarang maskapai cenderung memangkas fasilitas untuk penumpang. Dulu beberapa kali saya terbang melewati jam makan siang, dan kita diberi snack yang agak berat untuk ganjal perut. Belakangan ini cukup dengan sepotong roti manis yang kalau di pinggir jalan harganya paling-paling 1500 rupiah.

Terakhir, tanggal 16 Juli 2006 kemarin, saya terbang dari Jakarta ke Jambi jam 11.30 siang dan hanya diberi air mineral ukuran gelas. Dan, tentu saja, sapaan favorit saya: “According to the esek-esek regulation….”

One thought on “Ladies and esek-esek…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s