Hidup ini Seperti Roda

Masalahnya, kalau kita sedang di bawah, ada-ada saja gangguannya. Mulai dari jalanan yang dilalui ternyata penuh lubang comberan, udah gitu lalu-lintas macet, lantas kena paku, dan ngga ada tempat tambal ban!

Ada yang pernah berfikir roda macam apa sih kehidupan ini? Apa seperti roda delman yang pakai ban mati, atau seperti roda sepeda, atau ban radial, atau tubeless? Nah lo. Emang apa pengaruhnya?

Seharusnya ada. Kalau masih pakai ban mati, pastinya goncangannya lebih terasa. Biarpun di atas, samping, atau bawah, pasti lebih bergetar-getar dibanding roda jenis lainnya. Kalau ban sepeda, relatif lebih nyaman. Meskipun tentu lebih nyaman lagi kalau roda kita kebetulan adalah ban radial. Meskipun di bawah, toh kita lebih leluasa bergerak, walau tetap saja terjepit. Nah, kalau kebetulan kita dilengkapi dengan ban tubeless, tentu lebih nyaman karena meskipun roda kita tertusuk paku, dia tetap bisa jalan. Jadi kalau kebetulan kita di bawah, masih bisa berharap roda terus berputar sampai kita bisa berada di atas…

Atau ada yang tahu apakah orang sedunia ini memakai roda kehidupan yang sama?
Kalau ya, mengapa ada seseorang yang nampaknya di atas terus (some guys have all the luck, kata eyang dulu), padahal kita yang tadinya merangkak di bawah sudah menyusul sampai di atas juga?
Kalau tidak, boleh nggak kita berpindah roda? Pilih yang tubeless misalnya. Atau jika harus tetap di roda masing-masing, kenapa kita harus pasrah ada di bawah? Toh ini roda kita sendiri, boleh dong pilih posisi yang nyaman di atas.

Oya, kenapa sih roda ini harus berputar? Kalau kita sedang di posisi atas, kenapa kita nggak parkir saja sih? Kan kita jadi ngga perlu ke bawah-bawah lagi.

Berapa sih kecepatan putaran roda kehidupan? Ini penting banget. Kalau kita tahu kecepatannya, kita tinggal hitung berapa lama lagi kita sampai di atas. Tentu saja dengan asumsi jalanan ngga macet. Dan sebaliknya, kita bisa siap-siap untuk kembali ke bawah, sambil berharap jalanan padat merayap agar kita agak lama menikmati posisi yang nyaman di atas sini.

Omong-omong saya sedang mengira roda kehidupan saya ini adalah roda pesawat. Setelah tinggal landas, di atas terus!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s