Merdeka!! (So what gitu loh..)

Pengin rasanya bikin survey: “Apa arti kemerdekaan” dengan responden anak-anak muda. Atau yang agak nyeleneh: “Apa arti penjajahan.”

Saya sendiri, seputar bulan Agustus ini, agak menghindari jalan-jalan di tempat umum. Takut tiba-tiba ketemu wartawan lantas diwawancarai (ih, ge-er banget kale). Bingung juga sih kalo ditanya apa arti kemerdekaan.

Generasi saya lahir sudah dalam keadaan Indonesia merdeka. Kisah-kisah perjuangan, seringkali seperti dongeng kakek dan nenek menjelang tidur. Waktu kecil dulu, kumpul di kampung, sambil bakar jagung, kakek dan nenek bercerita betapa nikmatnya makan jagung bakar di masa perang kemerdekaan. Hm, waktu itu saya udah biasa makan pop corn!

Bagaimana pula nanti dengan generasi sesudah saya? Kakek-nenek mereka (yang sekarang bapak-ibu saya) dibesarkan beberapa tahun sesudah Indonesia merdeka. Tidak ada lagi kisah heroik selain di buku-buku sejarah. Jangan-jangan mereka akan lebih terkesan dengan perjuangan Powwer Ranger daripada Pangeran Diponegoro….

Dipikir-pikir, buku sejarah kita (setidaknya waktu saya sekolah) benar-benar membosankan. Puluhan halaman hanya berisi teks, dengan paragraf yang panjang-panjang. Dan, coba diingat-ingat apa yang diujikan. “Tahun berapa perang Diponegoro meletus?”

Celaka dua belas. Kenapa bukan ditanya perang melawan siapa, apa penyebabnya, bagaimana ending perjuangannya?

Ah, nanti kalo diwawancarai wartawan, saya mau bilang “Harapan saya, buku sejarah dijadikan komik.”

Baiklah, selamat hari kemerdekaan. Selamat balap karung, selamat panjat pinang. Saya mau makan kerupuk dulu.

Merdeka!!

2 thoughts on “Merdeka!! (So what gitu loh..)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s