Roy – Pakar Telematika, etc

Pertama kali saya mengenal nama beliau waktu kasus foto Sukma Ayu. (Hah??) Seorang KRMT yang pakar telematika ini sibuk meyakinkan bahwa foto itu asli – hanya karena bisa melihat exif/metadata-nya. Well, waktu itu saya heran dengan kenaifan para penegak hukum yang tidak bisa melihat metadata suatu file, sampai perlu memunculkan seorang pakar. Belakangan saya heran dengan sang pakar setelah tahu metadata bisa diutik-utik!

Lama-lama, saya terbiasa melihat Roy. Gara-garanya saya suka nonton MetroTV pada acara e-lifestyle. Tapi rupanya acara itu yang bikin komunitas blogger kesel sama beliau, gara-gara menyebut blog sebagai trend sesaat. Untung saya pas ngga nonton episode itu, jadi ngga terlalu peduli.

Lantas beberapa saat lalu beliau diundang untuk menjadi pakar di kasus meninggalnya Alda. Dengan penuh keyakinan (hm, gayanya emang gitu sih), beliau menjelaskan temuan-temuannya seputar rekaman CCTV. Di antaranya bahwa Alda sempat menelpon sebelum masuk lift, dan penyidik perlu mencari tahu siapa yang dihubungi oleh Alda saat itu (halo polisi…. masa ngga liat si?). Sudah itu beliau menyebut-nyebut soal Ferry yang begitu tenang saat check-out (wow, sudah belajar psikologi ya pak Roy?). Well, Ferry kan pendeta yang biasa meditasi, jadi soal ketenangan mah udah bawaan dari sononya. Liat aja waktu ditangkep terus dikerubutin wartawan, tenang aja dia.

Tiba-tiba, Roy muncul lagi di wawancara MetroTV. Masalah penemuan ekor pesawat Adam Air. Hiks, katanya itu meragukan – terlalu kecil untuk potongan ekor pesawat… Dengan bijaksana beliau malah menasihati jangan sampai banyak tangan yang memegang barang bukti (halo polisi… udah pada lupa pelajaran olah TKP?). Beliau juga menasihati untuk menghitung kecepatan ombak dsb dengan data dari BMG. Good point, dan semoga para polisi ngga lupa rumus menghitung kecepatan dan percepatan.

Konyolnya, selesai wawancara dengan Roy, reporter melaporkan bahwa telah ditemukan pelampung, penutup kabin, dan potongan kursi pesawat dalam radius dua kilometer dari lokasi penemuan ekor pesawat.

Oalah Roy…. Roy…. leave it to the experts!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s