Adzan di Televisi

Ngga tahu kenapa, di televisi hanya ada adzan Magrib. Dhuhur, Ashar dan Isya tidak pernah ditayangkan adzannya. Untuk adzan Subuh, kalau bulan Ramadhan memang ditayangkan. Kalau lagi siaran langsung sepakbola, ada tulisannya ‘saatnya adzan subuh untuk wilayah…’ Kalau hari-hari biasa, sori, saya ngga terlalu iseng untuk nonton tivi jam 4 pagi…

Karena di Jambi sini adzan-nya lebih lambat daripada di Jakarta, saya sempat iseng memperhatikan adzan magrib di masing-masing televisi. Tentu saja kecuali RCTI dan SCTV, karena kedua stasiun ini tidak pernah menayangkan adzan magrib selain di bulan puasa.

Di TVRI Jambi, seperti biasa, adzan-nya konvensional. Tradisional aja, nampilin pemandangan di sekitar kota. Scene-nya diambil menjelang senja. Di pasar, di jalanan, depan masjid…

MetroTV, agak sedikit bagus. Maksudnya obyek yang diambil dan kualitas gambarnya. TransTV juga kurang lebih juga, cuman scene-nya aja diambil di tempat yang berbeda.

Global TV agak beda. Di acara adzan itu diceritakan lima anak kecil yang sedang bermain bersama. Begitu mendengar adzan, mereka berhenti bermain, lalu menuju mushola. Dua anak tidak ikut wudhu – mungkin mereka bukan muslim, bagus untuk menunjukkan toleransi. Sayang sekali si anak lupa mematikan keran setelah wudhu. Yang parah, musholla itu cuman diisi mereka bertiga. Halo bapak dan ibu, kakak-kakak, pada gak sholat nih?

Indosiar, tayangannya juga bercerita. Tentang seorang anak yang kurang mampu (heran, orang Islam sering amat dipersepsikan miskin ya), yang sarungnya udah lusuh, lantas minta ganti ke ibunya. Si ibu lalu membuka celengan dan pergilah si anak ke pasar membeli sarung. Saat itu datang pengemis (miskin lagi!) meminta sedekah. Si anak kecil setelah berpikir lalu memberikan uangnya pada pengemis itu, dan batal pula ia membeli sarung. Namun temannya melihat kejadian itu, mereka membelikan sarung untuk si anak. Happy ending!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s