Gaya Rumah Tangga

Dari sebuah survey yang terbatas ternyata di masyarakat ada 5 macam model bentuk rumah tangga.saya akan perkenalkan satu persatu kira* bentuk model apa rumah tangga yang telah kita lalui atau yang belum nenikah bentuk model rumah tangga apa yang akan kita ingin wujudkan.

1. Model rumah tangga gaya hotel
Anda tahu hotel? hotel adalah tempat transit, dia bukan tempat tinggal untuk menetap dalam jangka waktu yang lama.Kalau anda melihat bentuk rumah tangga suami hanya pulang kerumah hanya untuk menumpang tidur, makan, (maaf) buang air maka model rumah tangga ini sudah dikategorikan rumah tangga ala hotel.Sering disebut 3UR, dapur, sumur, kasur.kalaulah rumah tangga anda seperti ini harus bersiap* menghadapi sebuah kata yakni perceraian.

2.Model rumah tangga gaya hospital
rumah sakit? di dalam rumah sakit ada yang namanya pasien ada juga dokter.apa maksudnya??? model rumah tangga gaya ini didasarkan politik balas jasa.Si dokter merasa berjasa pada pasien karena telah menyembuhkan dan pasien merasa berjasa karena telah membayar sejumlah uang.rumah tangga macam ini masing*merasa lebih dari pasanganya sehingga tidak akan ada sinergi.
alangkah ironisnya bila terjadi keributan kecil dalam rumah tangga masing* menonjolkan kelebihan* diri dan mencela kekurangan*an pasanganya.

3.Model rumah tangga gaya market
Di pasar ada penjual dan pembeli.si pembeli ingin membeli barang semurah mungkin dan penjual ingin mendapatkan untung semaksimal mungkin.si pembeli berkata :”pokoknya harganya sekian”.penjual juga berkata :”pokoknya harganya sekian”.dua*nya pake pokoknya.
begitu pula dalam rumah tangga kalo suami mengatakan pokoknya dan istripun begitu. dua*nya tidak menggunakan koma masing*pakai titik maka tidak ada lagi kesepakatan.apa yang terjadi jika seorang istri mengatakan pada suaminya:”pokoknya saya sebagai seorang istri tidak mau menjadi ibu rumah tangga saja,titik”.suami membalas :”pokoknya sejak kamu menjadi istri saya, tugas kamu mencuci,masak, ngurus rumah, merawat anak.itu tugas kamu ibu rumah tangga,titik”.seharusnya dalam rumah tangga ada bargaining power (tawar menawar) yang semestinya.susah kalo tidak ada kompromi.

4. Model rumah tangga gaya Grave
Anda tahu suasana kuburan.sunyi, sepi tenang tidak ada suara.Itulah rumah tangga ala kuburan.suami istri sudah hidup bertahun* tidak ada komunikasi.tidak ada canda juga tidak ada nostalgia tentunya tidak harmonis.ga bertengkar sech..tapi sunyi senyap ga ada gairah seperti di kuburan.hi…sere…mmmm

5. Model rumah tangga gaya school
model rumah tangga gaya ini ditandai dengan 3A. asah, asih, asuh.Kalo anda sepaham dengan rumah tangga model ini, maka mulai detik ini mulai saat ini anda komitmen bersama pasangan hidup anda saling mengasah, saling mengasuh, saling mengasih.saya katakan saling karena ada komunikasi dua arah.sehingga tidak ada lagi namanya DKI (di bawah ketiak istri) ISTI (ikatan suami takut istri) ataupun sebaliknya.dengan komitmen kedua belah pihak terjadilah pertukaran wawasan.sharing knowledge, sharing experiences.

bagi pembaca sekalian saya tambahkan lagi model rumah tangga.hitung* bonus setelah membaca postingan ane.

6. Model rumah tangga gaya masjid
Kenapa saya katakan masjid. Masjid adalah gambaran rumah tangga asmara (as sakinah mawaddah warhmah) yang menjadi dambaan dan harapan setiap keluarga.bagaimana model rumah tangga gaya ini. ada empat cirinya :
I Ketulusan.rumah tangga yang di bangun dalam ketulusan
II ada imam ada makmum.alangkah indahnya sebuah rumah tangga jika imam adalah suaminya,dan makmumnya istri serta anak*nya sehingga ada kebersamaan dalam rumah tangga.
III Loyalitas. keluaga sakinah adalh loyalitas. kesetiaan mutlak istri kepada suami. kecuali jika telah melakukan penyimpangan
IV Shalat diakhiri dengan salam.Keselamatan, ketenangan dan kedamaian senantiasa mewarnai suasana rumah tangga. Bukan keresahan, konflik maupun baku hantam.

“barang siapa yang hari ini lebih baik dari yang terdahulu, maka dia termasuk orang* yang sukses”

di sadur dari buku LIFE EXCELLENT karya Reza M. Syarif

(http://www..myquran.org/forum/showthread.php?t=22420)

Iklan

One thought on “Gaya Rumah Tangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s