Skenario by Serena Luna

Setelah lega saat sinetron Intan dihentikan, kita heran lihat opening sinetron penggantinya: Soleha. Penulis skenarionya ternyata masih sama: Serena Luna. Waktu itu spontan kita bilang: Wah, ceritanya pasti ngga jauh beda!

Betul juga. Sinetron Soleha, selain si Soleha ini berjilbab, ceritanya sering mirip dengan Intan.

Pertama, masalah tabrakan. Sampai kemarin sore, Mia sudah dua kali ditabrak. Pertama waktu dia kabur dari tempat penjahat yang menculiknya, dan kedua waktu dia minggat dari rumah Soleha.

Kedua, masalah cacat. Di Intan, Rado buta, lalu sembuh, lalu gantian Intan yang buta (tapi ngga sempat sembuh). Di Soleha, sampai sekarang memang baru Mia yang cacat kedua tangannya gara-gara ketabrak (Rado dan Intan juga cacat karena ketabrak).

Ketiga, masalah minggat. Mia suka minggat, persis kayak Intan.

Keempat, penyelesaian masalah terlalu gampang. Intan salonnya gampang banget laris. Soleha, jahitannya langsung jadi langganan ibu-ibu gedongan.

Halah, ngga ada ide bikin skenario lain apa?

21 thoughts on “Skenario by Serena Luna

  1. serena Luna manusia otak udang sang penjiplak dan plagiator abis!!! Gmn bisa maju Indonesia..plagiut mulu..!!!

    hanin: mangkanye ga usah diliat deh tu sinetron

  2. Dasar plagiat murahan, sok, guaya padahal nggak pantes banget pamer2in, hanya orang bodoh yang suka menonton Sinet ini, sinet murahan aja di tonton. Masalah teknik, jauh lebih buruk dibanding teknik2 di iklan, ketahuan bukannya ngembangin budget malah di korup!!!

    hanin: hihihi, sinetron koruptor!

  3. asalamulaikum wr. wb. mbak luna yang terhormat mbak tolong ya buat sinetron soleha alur ceritanya tolong di ganti ya, karena saya selalu lihat sinetron mesti ada yang di bunuh, trus ada yang di culik,ada yang di celakahi …. seharusnya di bulan suci ramadhan itu tidak ada sinetron yang alur ceritanya pembunuhan, celakahi berarti sinetron itu tidak mendidik !! tolong itu respon sendainya departemen penerangan dan informatika melihat sinetron indonesia kaya gitu gimana

    hanin: hmh, kayaknya serena luna not responding tuh 🙂

  4. benar2 senetron yang tidak bermutu. Apa semua pengarang indonesia sepertin ini ? mana kreatifitasnya ? kenapa menjual mimpi ? dan kenapa buat sinetron tidak masuk akal

    harusnya belajar lebih banyak lagi untuk buat sinetron yang lebih bermutu dan tidak dibuat-buat.

    apa sudah kehabisan idea ? kasian deh

    hanin: iyya, kasihan kita yang disuruh nonton yah 😀

  5. serena luna, itu buka satu orang, tapi merupakan tim pembuat cerita dan skenario dari Sinemart, itu yang saya tahu.

    hanin: thanks buat info-nya. lebih parah dong kalau mereka itu tim, seharusnya sebagai tim mereka mampu menghasilkan yang lebih bagus kualitasnya ya.

  6. adduuhhh udah deh jangan suka jiplak film orang lain walopun emang sih yang di jiplaik itu film luar tapi kan kalo ketauan jiplak kan malu,, malu yang sok-sok jadi penulis tapi ide cerita bukan dari otak sendiri dan kita sebagai bangsa Indonesia kan malu kalo ternyata ketauan film-filmnya nyontek…lagipula kan sayang-sayang duit yang keluar buat bikin film padahalo cuma film contekkan….

    hanin: iya nih, penggemar bajakan tuh, software bajakan, sinetron bajakan…

  7. Lamlekum…
    Lam nal yaa wat muana…
    Mo lewat ja ni…

    hehe…
    Serena Luna ???
    Sbnerna sech, Qu jg gk sneng ma jiplakn…
    Pi mo gmn gi…
    Org Qta pd gk pndai bwt ide crita ndiri…
    Eitz, da jg sech yg pndai pi cm dkit…
    Nah, utk mmperbyk gmn klo d’mlai dr Qm…
    Qm nliz dunk crita Qm ndiri…
    Inti na skrg intropeksi diri…
    haha…
    Cramah bo’…
    Cape’ dech…
    Yuukk…!!!

    hanin: yuukkss….

  8. harusnya lembaga sensor tv bisa lebih tegas lagi….
    acara tv yang nggak mendidik dan bersifat mencontek harus di stop!!

    hanin: masih ada ya lembaga sensor?? Nyaris tak terdengar!

  9. ass wr wb,

    kalo udah jelek jangan ditonton biar ratingnya turun dan para sinetron maker terutama produser sadar penonton Indonesia udah makin pinter memilih tayangan yang bermutu.

    ada yang mau jihad di bidang nulis skenario?

    wass wr wb

    hanin: Hayo, siapa berani menerima tantangan…??

  10. Saya gak ngikutin sinetron ini dari awal, mulai ngikutinnya menjelang lebaran, saya suka ngeliat rendra (Rionaldo) dipasangkan dengan soleha (marshanda). harapan saya sih endingnya soleha bisa balik lagi ama rendra, mereka kan saling mencintai, dan ervan (Baim wong) itu cuma perebut pacar orang aja tuh, ngeselin banget!!!!!!!!!

    hanin: ddeewww… segitunya…

  11. maaf sebelumnya tapi menurut aku juga sinetron soleha emang terlalu dipanjang-panjangin, jadinya maksa. awalnya (saat soleha masih kecil) terlalu cepat dan dibagian tengah terlalu rumit jadinya gak gitu asik, kalo boleh kasih komentar kalo buat suatu cerita jangan terlalu terburu-buru, kalau emang introductionnya agak panjang ya gak apa-apa gak usah buru-buru masuk inti cerita saat dah gedhe pokoknya ngikutin alur kehidupan lah…btw boleh minta contekan skenario gak….please

    hanin: halah, yang laen menolak penjiplakan ini malah mau nyontek skenario! piye iki.

  12. MENGIKLANKAN SEBUAH PRODUCT,KEBUDAYAAN & PARIWISATA INDONESIA LEWAT FILM DRAMA & MUSIC

    Melalui observasi dan pengalaman pribadi saya maka ide ini muncul dan saya berharap suatu hari nanti di Indonesia ide ataupun advise dari saya ini dapat berguna,diterima dan dipraktekkan oleh berbagai pihak khususnya para pekerja entertainment dan juga mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Indonesia agar memasukkan entertainment menjadi salah satu agenda penting yang layak diperhitungkan & dipertimbangkan sebagai sarana promosi sehingga menunjang kinerja pemerintah & pelaku bisnis di Indonesia khususnya dari segi/bidang ekonomi,budaya,pariwisata,politik dan bidang lainnya yang terkait.
    Saya berani berpendapat atau memberikan ide ini melalui hasil pengamatan dan pengalaman pribadi saya.Namun,ide saya yang juga diadaptasi/hasil pengamatan saya terhadap beberapa Negara khususnya Korsel and original belum pernah diterapkan di Indonesia belum tentu sukses/diterima oleh Negara Indonesia selama belum ada pembuktian jadi,saya belum berani mengatakan kalau ide saya ini dipastikan sukses 100% dipasaran seperti dinegara-negara lain.tapi, kemungkinan persentase kesuksesan dari ide saya ini bisa memberikan iklim/penyegaran yang baru buat entertainment and ekonomi di Indonesia yang nantinya mudah-mudahan bisa berimbas positif ke factor lainnya selain Pariwisata.
    Contoh yang paling konkret adalah Negara Korsel,pemerintah korsel benar-benar memberikan perhatian khusus bagi dunia entertainment khususnya drama serial yang diproduksi oleh salahsatu ph dikorsel yaitu MBC/KBS melalui 2 ph yang besar itu pemerintah korsel bekerjasama untuk memajukan dunia pariwisata Negara mereka dan memperbaiki ekonomi Negara mereka.Pemerintah korsel benar-benar concern ,focus dan memfasilitasi semua tempat-tempat umum guna mempromosikannya lewat film.Seakan-akan dunia entertainment menjadikan agenda penting dalam tugas kenegaraan mereka.Pemerintah korsel sangat pandai membidik pasar local maupun mancanegara.Mereka yakin jika dari factor entertainment sukses maka imbasnya akan positif keberbagai aspek maupun bidang tatanan Negara seperti membaiknya sistem perekonomian korsel,meningkatkan Pariwisata Korsel,kebudayaan termasuk pakaian,trendsetter,bahasa,kebiasaan,aksesoris ,makanan ala korsel , politik dan factor lainnya.Pemerintah Korsel tidak perlu bersusah payah mengenalkan bisnis mereka pada Negara asia lainnya karena dengan sendiri baik secara langsung maupun tidak langsung Negara lainnya yang akan lebih dulu mengajak Negara korsel untuk joint ataupun berbisnis dengan Negara korsel karena mengingat berkat barteran film drama Korsel dan respon positif dari penonton mancanegara pastilah akan mendulang kesuksesan.Negara asia mana yang tidak kenal dan mau berjoint dengan Negara Korsel ?Bahkan , sekarang ini beberapa Negara asia lainnya mulai mengikuti jejak kesuksesan korsel.Akankah Indonesia akan menjadi Negara pertama diasia tenggara yang yang akan mengikuti jejak Korsel ?Mengingat , walaupun perekonomian singapur sangat baik tapi dari dunia entertainment tidak terlalu memberikan sumbangsih yang berarti.Iklim perekonomian Indonesia sekarang ini boleh dibilang cukup baik tapi akan kah pemerintah & pengamat pasar & pebisnis di Indonesia akan membidik usaha mereka lewat promosi film ??Hanya mereka yang tahu ,jurus jitu mengembangkan usaha mereka keluar negeri mengingat beberapa product Indonesia cukup laku dipasaran internasional tapi sayang peminatnya sebagaian besar masih masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri alias para TKW/TKI Indonesia.Mungkin lewat sarana promosi lewat film drama serial ala Indonesia product Indonesia yang sudah beredar di pasar int’l bisa juga dibidik pebisnis disana dan peminat nya bisa dari masyarakat disana.Akan lebih mudah mempromosikan sebuah product lewat film drama karena jika dilakukan sesuai format/standar/selera masyarakat luar dipastikan product Indonesia bisa dikonsumsi masyarakat disana (Wah..kalau begitu suatu hari nanti Indonesia bisa membayar hutang nya pada orang asing…hehehe..sapa bilang hutang Indonesia sampai kapanpun tak akan terlunasi.. perlahan tapi pasti…karena banyak product Indonesia sangat diminati oleh masyarakat mancanegara inilah yang menjadi kelebihan ataupun peluang Negara Indonesia untuk mengepakkan sayapnya diluar negeri apalagi Indonesia punya banyak product yang quality eksport dibandingkan korsel selain itu kaya akan public places,objek wisata yang kurang dipromosikan .Pokoknya Indonesia harus optimis kalau Indonesia adalah market leader asia…ngerti kan maksud na ??).
    Tambahan lagi Pemerintah Korsel benar-benar focus & memfasilitasi semua tempat-tempat umum guna mempromosikannya lewat film.Hal ini terbukti lewat bandara Incheon dikorsel, menurut survey dunia , bandara korsel ini menjadi bandara no.1 .Mungkin , ketertarikkan , kunjungan dari para wiatawan asing berkat promosi salahsatu film drama korsel membuat para turis singgah ke bandara incheon.Tentu saja hal ini menjadi nilai tambah /factor pendukung yang membuat bandara Incheon layak jadi no.1 didunia.selain itu, pemerintah korsel bersama beberapa ph terus mempromosikan tempat-tempat indah dikorsel,kebudayaan , makanan khas , bahasa,lagu dll.dan mengemasnya dalam bentuk film drama yang menjadi daya tarik penonton local maupun mancanegara.Sehingga sampai saat ini film-film korea masih mendapatkan perhatian khusus masyarakat luar negeri buktinya film drama mereka tetap laris dan booming dinegara asia karena team mereka tahu bagaimana memanfaatkan dan membaca peluang pasar dan memenuhi selera penonton sehingga mereka tidak akan pernah bosen.walaupun,setiap tahun/bulan selalu mengeluarkan alur cerita yang tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya tapi dengan format baru (strategi seperti itulah yang harus dijiplak bukan alur ceritanya).
    Sebenarnya, yang harus dipikirkan adalah mengurangi pembelian film import dan memfokuskan diri untuk membenahi film drama local agar bisa bersaing , memenuhi standar /selera masyarakat luar.Lewat product aja Indonesia sudah tidak asing bahkan product Indonesia boleh dibilang disejajarkan dengan product luar negeri yang sekelasnya hanya saja promosi product Indonesia butuh promosi film dari indonesaia sebagai sarana pendukung seperti Negara asia lainnya.tentu nilai positif dan saranapromosi jauh lebih jitu daripada memfokuskan diri untuk mempromosikan film import .contoh paling konkret adalah baru-baru ini RCTI mempromosikan film romantic PRINCESS dan mengundang para pemain ke Indonesia .nahkan rcti berani mengeluarkan kocek yang bisa membuat mata membelot.padahal film tersebut baru tayang/selesai tayang dinegara asal nya karena dengan iming-iming kesuksesan dan booming seperti Negara asalnya rcti mencoba peruntungan baru padahal, belum tentu strategi ini mendulang kesuksesan mengingat cerita tersebut sudah lebih dulu dikemas dalam bentuk dvd bajakan.yang tentunya jauh lebih puas ketimbang harus menunggunya di tv.kesuksesan boleh dibilang ada didepan mata tapi kegagalan mungkin saja terjadi berdasarkan pengalaman salahsatu stasiun tv lainnya yg juga memfokuskan diri dalam tayangan drama asia walaupun awalnya bisa meraup kesuksesan tapi lama kelamaan juga bisa mendatangkan debt akibat cost/budget yang keluar tanpa perhitungan .beberapa tayangan drama asia kurang mendapatkan respon /rating yang baik bahkan jeblok dan dihentikan ditengah jalan akibat kalah bersaing dengan dvd yang lebih dulu muncul.
    Mungkin,alternative ataupun advise dari saya alangkah baiknya membenahi format drama ala Indonesia dan lebih memfokuskan diri pada promosi drama/sinetron local tapi harus dikemas original ,sesuai selera penonton artinya memberikan format inovasi,different, creative lagi.padahal ironisnya banyak stasiun tv ,ph lebih puas mengeluarkan kocek lebih banyak utk promosi film import dibandingkan film local.selain itu pemerintah ataupun instansi yang terkait harus lebih bijak dalam memberikan perizinan tmpt2x umum yang kiranya layak dipromsikan.lewat film tentunya perlu mendapatkan catatan penting alur cerita yang dikemas harus berbobot,bebet,bibit artinya dikemudian hari tidak merugikan dan memberikan dampak positif. Jadi sarana dan prasarana yang dipromosikan puas dan ada feed back yang positif pula dan bisa jd trendsetter dan daya tarik turis mancanegara.Bukan berarti korsel, misalnya lebih pandai memanfaatkan bali yang merupakan wilayah Indonesia untuk pembuatan film memories in bali dan jangan sampai sarana promosi pariwiasata kita lebih dulu kecolongan oleh Negara lain dan ironisnya negara lain bisa mendapatkan izin yang selama ini dikelukan dan yang menjadi kendala byk ph di Indonesia dlm pembuatan film Indonesia.
    Mengingat banyak product Indonesia yang beredar di luar negeri salah satunya selain untuk memenuhi permintaan customer dari para TKI/TKW yang berasal dari Indonesia juga .Mungkin,hanya sebagian kecil product Indonesia laku dipasaran luar negeri karena ketertarikkan atau dikonsumsi oleh warga Negara disebuah Negara tersebut.Alangkah , menariknya kalau product Indonesia yang sudah beredar diluar negeri ditunjang pula dengan sarana promosi seperti Negara-negara lain yang memasukkan product mereka ke Indonesia dengan cara mengenalkan lewat film atau beriklan di film tersebut maksud nya tidak semua product iklan bisa cocok dan terlihat natural untuk diiklankan disebuah film drama.Kasus ini terjadi pada beberapa product seperti balsem,cake,sabun cuci ataupun product lainnya yang kiranya sulit untuk dibuatkan film.Product yang paling mudah dibuatkan atau diiklankan dalam film dramaadalahproductMobil,motor,HP,snacks,perfume,toothpaste,toothbrust,biscuit,popmie,perhiasan,toiletries.jamu,beverages etc.tapi perlu diingat jika ada ph yang berani memberikan penawaran tersebut dan pihak agency serta client ,pihak ph harus benar-benar bekerja keras membuat alur cerita dan format dengan selera penonton tingkat Int’l , ya minimal dapat memenuhi selera penonton asia sudahlah cukup baik karena pangsa pasar yang harus pertama dibidik oleh Indonesia adalah pasar asia khususnya asia tenggara mengingat jumlah ekspor consumer goods cukup tinggi.Ambil contoh pangsa pasar Singapur adalah product Clean & Clear (merk Int’l),Laurier (merk int’l),Sunsilk & close up & rexona & product toiletries lainnya dari unilever (merk Int’l),Windex (merk Int’l),Sidomuncul,Sari enesis, Herlina Indah,Wings & sayap mas utama,OT grup,mayora,Mustika ratu,Dolphin,Morisca & monica cake,Eglin pharma,Ny.meneer,Jamu air mancur,merit dan masih banyak product Indonesia yang kapasitas ekspornya tidak terlalu tinggi mencapai containeran.walaupun beberapa product yang sudah ada brand di diluar negeri tidak boleh melayani permintaan pangsa pasar luar artinya product tersebut tidak boleh diekspor lagi ke Negara lain yang sudah ada agent disetiap Negara contohnya product unilever,P&G,Kinocare,Jonshon & J,B&B,dan beberapa product lainnya.DiHKG permintaan product Indonesia cukup tinggi bahkan beberapa product Indonesia sudah memiliki keagenan dinegara tersebut seperti Sari Enesis,Herlina Indah,Sido Muncul,Indofood,Heinz ABC,Dragon,Merit,Garuda food,Wings & Sayap mas Utama,monica & morisca, snack rotary,Wong coco keong mas,Mustika ratu ,OT product,deltomed, Pil kita dari Marguna,Mayora,afiat product,Nissin, Khong guan,Monde,SUMBER AYU dan product lainnya.Sebenarnya permintaan product Indonesia dari hongkong ini tidaklah lain karena permintaan para TKW/TKI Indonesia bisa dipastikan jumlahnya cukup banyak dan komunitas orang Indonesia disana cukup banyak sehingga setiap bulan bisa mencapai 10-20 container bahkan bisa lebih.Sarana promosi secara kecil-kecilan mulai dibidik oleh para produsen seperti memberikan promosi seperti free gift atau seperti lebaran kemarin lewat undangan salah satu band Indonesia atas request TKI disana yang berkumpul pada sebuah taman khusus di Hongkong.selain promosi seperti promosi banner,brosur dan lainnya mungkin masih berjalan yang sekarang mestinya menjadi advise bagi produsen di Indonesia yang productnya sudah laku dipasar Int’l sebaiknya memikirkan strategi lain untuk mengembangkan usahanya diluar negeri dengan membidik pangsa pasar masyarakat Negara tersebut apalagi bukan hal yang sulit bagi para produsen mengenalkan beberapa product mereka yang bertahun-tahun sudah beredar disana.mungkin saja penduduk Hongkong sudah pernah bahkan tidak asing dan rutin menggunakan product Indonesia karena mereka menilai product Indonesia cukup ekonomis dan mereka sangat puas mengkonsumsi product tersebut.Mungkin promosi ini hanya lah promosi kecil yang diadakan oleh masyarakat Indonesia disana lewat mulut ke mulut ataupun lewat supermarket yang menjual mayoritas product Indonesia ataupun penduduk Indonesia yang sekarang sudah menjadi WN HKG.jadinya,hanya sedikit masyarakat Hongkong yang mungkin mengenal product Indonesia.Belum lagi saingan terberat dari Negara lain yang menjual product jauh lebih murah dari Indonesia seperti China & Malaysia sehingga ada beberapa product Indonesia yang tidak bisa masuk ke HKG karena masalah Price ataupun standar ekspor.Contohnya product Sarden & snack chocolate lebih banyak mengimport product dari Malaysia karena pricenya jauh lebih murah mungkin ini bisa menjadi advise buat para produsen Indonesia lebih meminimalis laba tanpa mengurangi kualitas untuk mengambil minat dan pangsa pasar disana.Contoh lain Negara Brunei Darussalam juga banyak mengimport product dari Indonesia hanya saja saingan terberatnya adalah Malaysia.Ya betul, kendalanya sama masalah price yang jauh lebih murah.Sama halnya di Brunei Darussalam product Indonesia yang sudah masuk ke Negara tersebut hampir sama dengan Negara HKG bahkan beberapa product yang terkenal diindonesia sudah memiliki keagenan di Brunei seperti Tempo Grup,sari enesis,Herlina Indah,eglin Pharma,sidomuncul,Deltomed,Mustika ratu,Sinde budi Sentosa,Taruna kusuma (kapas selection),Mandom, Loreal,neril,Extrajoss,Bintang Toejoe dll.Dan beberapa Negara asia lainnya seperti filipine,Vietnam,Thailand,Korsel,Malaysia dll.kawasan lain seperti Australia,amerika,Canada ,argentina,dubai,dan daerah terkecilpun yang hampir tidak pernah terdengar oleh masyarakat Indonesia kawasan pacific Island seperti Tonga,Pago-pago,Vavao .Sebenarnya , kawasan pacific Island paling mudah menjadi sasaran dan peluang emas bagi para produsen untuk mengekspor product Indonesia kesana karena masyarakat disana tidak terlalu rewel soal price.contohnya product Ultra Prima,UBM cream crackers,Jakaratama product,Happy Mie Peppami product,Wings & Sayap Mas,Jack & Jill,vanheuten, delfi top, beng-beng,Timtam,Bimoli dan beberapa product food lainya.
    Sebenarnya beberapa product Indonesia baik yang sudah mengiklankan diri maupun ada beberapa product yang tidak beriklan sekalipun sudah banyak beredar dipasaran Int’L bahkan produsen yang tidak memilki divisi eksport sekalipun product mereka rupanya sudah cukup dikenal di luar negeri.Sayangnya mereka kurang diberikan penyuluhan untuk mengembangkan usahanya sampai ke tahap eksport .Mungkin saja ada beberapa produsen yang tidak mau ribet dengan aturan eksoprt terus diserahkan ke beberapa trading.
    Aduh advise na jadi ngelantur kemana-mana dech padahal intinya mau kasih advise supaya agency bisa memberikan penawaran ke clientnya agar mempertimbangkan cara lain berpromosi dan memberikan angin segar karena lewat film drama yang dibalut cerita menarik dapat mengiklan kan sebuah product sehingga client pun bisa puas.Kalaupun film drama +menampilkan product booming di Indonesia bisa menjadi salah satu strategi untuk mengepakkan sayapnya keluar negeri .jika film drama ala Indo diminati oleh penonton dinegara luar otomatis product yang diiklankan lewat film tersebut bisa dikenal & diminati penonton luar negeri.Contohnya F4 yang dulunya menjadi icon Pepsi.product Pepsi jadi terkenal karena dibintangi oleh penyanyi & actor terkenal.Sehingga setiap event dinegara lain pepsi menjadi sponsor utamanya. Contoh lain yang paling konkret adalah HP merk Samsung dulunya merk HP yang terkenal di Indonesia Nokia tapi sejak kemunculan Hp Samsung yang diiklankan lewat film drama karena saking seringnya setiap judul film drama korsel para PH & produsen Samsung itu bekerjasama mengenalkan product HP tersebut lewat acting para pemain.kalau diperhatikan ada hal yang agak sedikit menganjal Pengiklanan terlihat natural jadi bayangan penonton tidak terlalu terfokus secara detail.misalnya setiap pemain pasti selalu menggunakan HP Samsung dengan type yang sama padahal dalam film tersebut sedang berbicara tentang seorang pangeran kaya dengan gadis miskin.Mana mungkin bisa membeli HP Samsung keluaran baru dengan tingkat social seperti itu.apa mungkin harga Hp di Korsel murah dan type hp serta harga Hp juga tidak mengenal tingkat social manapun.Antara orang kaya & miskin sama-sama menggunakan merk dan type hp yang sama .menurut gue lucu se..tapi karena teknik pengiklan & penonton lebih terfokus pada alur cerita yang menarik dan acting pemain semuanya jadi sirna.Ataupun product lainnya keluaran baru tapi lebih banyak se product elektronik ataupun product mobil atau motor lebih mengiklankan lewat film.Mungkin kahpara produsen di Indonesia akan membidik hal yang sama untuk mempromosikan dan mengembangkan usaha mereka diluar negeri.sepertinya ini jurus paling ampuh & Jitu yang sudah diterapkan bahkan menuai kesuksesan seperti dinegara Korsel,Jepang,Taiwan.
    Ada cara lain selain berpromosi lewat film drama serial , melalui lagu ataupun soundtrack lagu pun para produsen product bisa membidik cara seperti ini misalnya membuat band baru dengan selera penonton asia dan gaya stylist .seperti grup music F4,183club , Farenheit (wu Zhu yang maen Romantic PRINCESS),super junior,DONG BANG SIN KI dan masih banyak grup music lainya,Sekarang yang masih aku bingung, aku ada kenal dengan produsen sebuah product Watchout (perfume,roll on, soap,cologne ) untuk cowok .Kalau gx salah pernah jadi client Mind ad.tapi tidak tahu sekarang masih memakai agency tersebut atau sudah pindah.Mungkin sarana promosi ataupun iklan yang cocok untuk product tersebut masih sulit dan jarang diadakah.Terakhir hanya lewat acara tukul tapi tetap tidak bisa mendongkrak penjualan.Mungkinkah ada agency yang tertarik memberikan ide untuk product tersebut?Aku sich menyarankan kalau dengan product tersebut harus benar-benar ada iklan yang menggambarkan icon product tersebut misalnya menciptakan grup band baru dengan personil seperti 183 club atau F4 lalu membidiknya lewat film drama romantic dimana para personil tersebut ikut berakting & menyanyikan beberapa soundtrack lagu.Dimana alur cerita yang dikemas harus lah benar-benar Krenz,romantis, tidak boring,menampilkan sisi glamour baik dari segi penampilan ataupun setting tempat.Mungkin pangsa pasar pertama yang perlu dibidik dalam negeri mengingat product ini belum banyak beredar di dalam negeri.Mengadakan promosi seperti yang aku ceritakan lewat story of my dreams caring color.(langkah selanjutnya bisa dibaca dalam unek-unekku di Story of my dreams caring color)dan product lainnya yang belum pernah beriklan karena belum mempunyai budget .Lebih banyak memasarkan productnya keluar negeri mengingat product local sudah banyak saingan nya seperti unilever & Sayap mas Utama karena product tersebut identik dengan toiletries seperti shampoo,soap,handsoap,perfume.Sekarang ini lagi berniat mengembangkan product ke local tapi masih bingung sarana promosi seperti apa yang cocok.nama product tersebut Lax may.

    hanin: ups, ini komentar lebih panjang dari postingnya… thanks 4 sharing!

  13. ehkk . serena luna tu pernulis terbaik tau dari penulis lainnya .
    apa kalian gag sadar , dengan bukti beberapa sinetron yg dy tulis mampu mendapat rating tertinggi dari sinetron lainnya .
    ini adalah pembuktian dari sinetron yg ditulis oleh serena luna . jika dibanding dengan kalin yg hanya bisa mengejek serena luna , trus apa baiknya kalian . apa kalian bisa membuat sinetron yg mampu menebus rating tinggi seperti yg di buat serena luna . saya masih ragu . kalian yg bisa mengkritik org lain tp tak dapat memberikan pembuktian pada diri kalian .
    so , sebaiknya diam . aku menunggu sintron besutan penulis seperti mu SERENA LUNA . BUKTIKAN pada org yg bisa berbicar kosong tapi tak mampu menuai prestasi sepertiMU .
    CHAYO SERENA LUNA . saya dan para Penggemar sinetron besutan penulis canggih sepertimu . saya mengharap cerita yg kau buat dapat membuat semua org TERDIAM akan hebatx dirimu . so SEMANGAT !!

    hanin: cobiz, rating sinetron tidak menunjukkan kualitas sinetron tersebut, hanya favorit pemira saja. tolong jangan dicampuradukkan. well, hihihi… yet another victim of serena luna…

  14. gw setuju banget..
    mungkin memang indonesia adalah plagiator sejati..
    tapi inget..
    kita gak boleh menjudge serena luna dengan kata-kata yang menurut gw ga banget buat ditampilin..
    Kalo gw boleh jujur, tujuan sinetron itu memang mau mencari keuntungan dan mencari pasar sinetron diindonesia kan??
    dan kenyataannya sinetron buatan SERENA LUNA yang kalian anggap dan kalian hujat disitus ini malah menjadi favorit orang-orang kan??

    Mungkin kalian itu hanyalah SEBAGIAN KECIL dari 220 juta penduduk rakyat indonesia yang bisanya hanya mengkritk dan mengkritik..

    SEHARUSNYA kalian itu memberikan dukungan bukan memberikan umpatan kasar seperti itu..
    dukungan yang bersifat membangun dan mengandung saran…

    Kalian selalu bilang KARYA SERENA LUNA jelek.. tapi apa kalian berkaca dengan diri kalian sendiri?? apa sudah baik atau belum??

    PLISS.. gw bilang tutup forum ini jika tujuan kalian hanya menghujat, mencemooh dan tanpa memberikan saran..!! tapi teruskan forum ini kalau kalian merasa FORUM INI MEMBANGUN DAN BERISIKAN SARAN YANG BERGUNA!

    hanin: ah, saya gak berminat menutup forum ini. lha udah dipakai kata-kata kasar aja ngga berenti berenti kok. lagipula darimana Anda bilang sinetron itu favorit? dari tabloid sinetron juga – yang diterbitkan oleh grup production house si pembikin sinetron? barangkali, kami di sini hanya sebagian kecil yang BISA mengkritik, ngga cuman pasrah dengan kondisi pertelevisian yang makin tidak mendidik. btw, komentar Anda yang panjang itu juga NGGA ADA saran nya tuh.

  15. saya bilang kalau anda anda pada nggak suka ya udah nggak usah digubris jangan malah dijelek2in. jahat amat sih jadi orang?? serena luna gitu gitu masih bisa bikin cerita daripada orang lain yang omdo cuma bisa mengkritik tanpa bisa lebih baik dari serena luna thx.

    hanin: cuma bisa mengkritik??? hm…. lebay deh loe, jelas jelas ceritanya gak logis…. dasar aneh.

  16. Buat Hanin semangat terus ya, tanpa bermaksud memojokkan pihak mana pun, jangan tutup forum ini coz q tau tujuan forum ini baik, demi kemajuan sinetron d indonesia.

    hanin: yup, thanks untuk dukungannya, mana ada sih orang yang ikhlas dikritik – apalagi di forum terbuka? hehehe.

  17. Bru nemu forum ini, emang telat tp Q jg mau ikutn koMen 😀

    emang bener cerita bkinan serena luna tuh aneh semua. Ceritanya g msuk akal n berlbihan. Crita2 ky’ gtu mlah nunjukin jeleknya sisi kpribadian n moral orang orang indo. Aplgi crtanya sllu dpnjang2in ampe rtusan epsod dgn crita yg mkin ngwur. Bosen kali yg nNton 😀

    ok deh, kita hargain usha serena luna yg udah bkin bnyak bgt crta sntrn aneh itu tp tolong dikembangkan lg. Buatlah crta yg lbh logis n mNdidik. Krn Sadar atau ngG’ gaya tokoh sntrn itU bnyak mempngaruhi pola pkir msyrakat yg mNntoNnya. .

    Thx. :DBru nemu forum ini, emang telat tp Q jg mau ikutn koMen 😀

    emang bener cerita bkinan serena luna tuh aneh semua. Ceritanya g msuk akal n berlbihan. Crita2 ky’ gtu mlah nunjukin jeleknya sisi kpribadian n moral orang orang indo. Aplgi crtanya sllu dpnjang2in ampe rtusan epsod dgn crita yg mkin ngwur. Bosen kali yg nNton 😀

    ok deh, kita hargain usha serena luna yg udah bkin bnyak bgt crta sntrn aneh itu tp tolong dikembangkan lg. Buatlah crta yg lbh logis n mNdidik. Krn Sadar atau ngG’ gaya tokoh sntrn itU bnyak mempngaruhi pola pkir msyrakat yg mNntoNnya. .

    Thx. 😀

    hanin: setu ju!!

  18. Lanjutkan terus untuk forum ini, karena klw bukan qt ya siapa lg. Banyaknya kritik yg dipaparkan di atas mengenai dunia perfilman khususnya sinetron di indonesia itu kan mnjjukan kepedulian qt, so u/ sebagian pihak(mungkin salah satunya fans serena luna) qt tdk brmksud mengintimidasi, ini hny bntuk apresiari ats karya serena luna aja yg memang pd knyataanya, maaf masih “komersialis”, dg mngsampingkan kualitas cerita(ya kalian bs menilai sndiri deh) jgn biarkn dinina bobokan oleh cerita yg gk mmbw tuntunan. So, ini PR kita semua… PR nya apa? Heee… Tonton acara yg bagus dan klw bs bwt skenario yg keren(komersil jg ceritanya berkualitas). Dan untuk tmn2 ttp aktif ngsh apresiasi kritikannya dg ttp mnjga diksi yg baik. Yg gk mengesankan klw qt cuma bisa mnjudge tnp mmberi solusi.
    Thanks untuk serena luna ats karya2nya, smga beliau mmbaca forum ini dn mnjdkn kritikan mmbangun u/ karyanya.

  19. Buat jaya, jd kamu lebih milih menikmati makanannya, walaupun itu keasinan? Atw bahkan gk ada rasanya?
    Ya sah2 aja, itu hak kamu.
    Tp semua org bijak setuju klw kritik itu baik, untuk mmbangun. Tntunya kritik yg dsmpaikn dg cara yg baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s