Install Ulang Windows 2003 Server

Minggu ini akhirnya saya memutuskan untuk meng-install ulang Windows 2003 di server saya. Selain si Windows ini mulai korup (kartu jaringan sering error), saya harus mengubah setting domain ke workgroup, saya juga nggak tahu caranya mengganti RAID 1 ke RAID 0. Jadi saya ambil utility disk dari IBM e-series, dan mulai dari awal lagi.

Pertama, tentu saja, saya pindahkan boot ke CD, dan cek BIOS untuk mencegah virus saya nyalakan. Ternyata ini kesalahan pertama saya.

Kemudian saya boot dari CD utility, lalu saya ulang dari awal memilih konfigurasi ke RAID 0. Tentu saja diperlukan proses format ulang, dan tanpa ragu saya OK-kan saja. Toh memang itu yang saya mau. Tapi, ini kesalahan saya yang kedua.

Baiklah. Seterusnya langsung deteksi hard disk yang 150GB itu, lalu pertanyaan Operating System. Ditanya lagi CD-key, lalu tipe lisensi. Di sini saya rada bingung, ngga tahu lisensi server itu apa. Jadi bikin aja lisensi server untuk 250 user. Setelah setting konfigurasi jaringan, diminta masukkan CD Windows 2003 server, lalu dimulailah proses instalasi yang sesungguhnya.

Seperti biasa, Windows akan minta restart. Setelah restart, tiba-tiba muncul peringatan BIOS: change detected. Lho, masa Windows genuine begini ada virusnya? Jadi saya pilih ‘not expected’. Halah! Seperti tadi saya bilang, ini kesalahan pertama saya. Instalasi Windows terpaksa diulang dari awal… Lupa deh, kan kalau install OS memang Master Boot Record-nya ditulis ulang. Dasar bodoh. Terpaksa saya menuang segelas kopi lagi, menunggu instalasi selesai seperempat jam kemudian.

Oke, akhirnya saya bisa masuk ke Administrator. Dan, astaga, ini kesalahan kedua saya: Lupa ngga di DCPROMO dulu. Sekali ini saya bersyukur kesalahan fatal ini tidak banyak dampaknya. Meskipun kantor se-Indonesia sudah pakai WAN, server di Jambi belum dipakai sebagai DC. Selain itu setting di 50-an client sudah selesai dilepas dari domain dan dilempar ke workgroup. Kok dari domain malah jadi workgroup? Sederhana. Kami, para petugas TI, menyatakan bosan dengan user yang berkali-kali lupa password dan harus di-reset lagi dari server.

Terakhir saya mulai main-main dengan kabel. Modem yang tadinya saya lewatkan dari server, sekarang ditancap langsung ke switch Cisco. Jadi akses ke internet sekarang langsung dari Cisco, ngga lewat IBM lagi. Lantas IBM-nya diapain? Dipasang MySQL dan Sybase untuk dijadikan application server dan database server.

Mudah-mudahan dengan cara begini user ngga ngerecokin lagi minta reset password. Cape deeeh!

Iklan

6 thoughts on “Install Ulang Windows 2003 Server

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s