Portable MBA

Overview

Buku ini diawali dengan dasar-dasar manajemen; mulai dari manajemen orang, alat kuantitatif, dan ekonomi manajerial. Selanjutnya dibahas fungsi-fungsi bisnis; dari akunting, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM, teknologi informasi, manajemen operasi, dan manajemen stratejik. Penutupnya berisi peranan bisnis dalam masyarakat yang demokratis.

Ditulis oleh para pakar di bidang masing-masing, dari universitas Colombia, Harvard, Stanford, MIT… Masing-masing menulis satu bab tersendiri dalam buku ini.

Bagusnya

Pembahasannya mudah diikuti karena ditujukan untuk para manajer yang tidak punya waktu untuk masuk kelas MBA, tapi tetap perlu ilmunya. Tiap bab ditulis oleh pakar di bidangnya, sehingga tidak ada keraguan atas kualitas tulisan di dalamnya.

Salah satu bab favorit saya adalah yang menjelaskan mengenai akunting. Bahasa dan penyajiannya cerdas, sehingga dasar-dasar akuntansi yang dijelaskan sepertinya bisa dimengerti oleh anak SMA!

Kurangnya

Tentu saja karena ditulis oleh orang yang berbeda, tiap bab kita mendapati gaya yang berbeda dalam menyajikan tulisan. Dari yang ringan seperti bab akuntansi, sampai yang serius di bab statistik. Saya merasa seperti ganti dosen tiap kali ganti bab. Collins dan Devana perlu kerja sangat keras untuk memperbaikinya.

Beberapa terjemahan juga kurang nyaman. Profitability diterjemahkan menjadi kemampulabaan. Profitable menjadi mampu-laba. Saya lebih suka jika dibiarkan menjadi profitabilitas dan profitabel.

Simpulan

Kalau di perpustakaan ada, pinjam dan baca. Kalau punya dana, beli. Selain judulnya keren dan bagus dipajang di rak buku, isinya juga mantap.

Data Teknis

The Portable MBA, 357 +xii halaman, Eliza G.C. Collins & Mary Anne Devanna, John Willey & Sons, 1993. Alih Bahasa Ir Agus Maulana MSM, Binarupa Aksara, 1994.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s