Account di Windows XP

Pernahkah Anda melihat layar login di Windows XP? Di layar login ini Anda harus memasukkan username dan password Anda (serta domain-nya juga) sebelum bisa menggunakan komputer Anda. Apa? Belum pernah liat? Astaga.

Fitur login ini merupakan turunan dari keluarga Windows NT. Dengan teknologi ini, Windows Anda bisa menjadi Operating System yang multi-user; di mana tiap user memiliki layar desktop sendiri, shortcut menu sendiri, dan folder document-nya sendiri.

Keluarga Windows 9x (95, 98, Me) tidak memiliki fitur ini. Kalau Anda masih ingat, shortcut My Documents di Windows 9x benar-benar merujuk ke sebuah folder bernama My Documents. Di keluarga NT, shortcut itu akan merujuk ke folder c:\documents and settings\[username]\my documents. (Nah, bagi Anda yang masih kebingungan mencari My Documents Anda di XP, silakan buka susunan folder itu). [username] tersebut bisa terdiri dari banyak user, sesuai jumlah account user yang Anda buat di Windows XP Anda. Namun minimal ada dua: All User dan username Anda saat ini.

Kenapa sih harus ada banyak user seperti itu? Untuk menjawabnya, kita harus kembali ke konsep awal Windows NT sebagai server. Dalam konteks server, segala macam kontak ke harddisk harus dibatasi. Ada level admin, yang bebas mengacak-acak semua konfigurasi server. Di bawahnya ada level account guest, yang hanya
sekedar melihat-lihat. Dia tidak boleh melihat file milik admin, dilarang mengubah konfigurasi, juga tidak bisa menginstall program apapun.

Oleh karena itulah folder My Documents di keluarga Windows NT harus diletakkan di bawah username.
Dan jika Anda pernah kesal karena tidak bisa menginstall program (bahkan printer), berarti Anda hanya punya limited account. Anda bisa tulis ke folder Anda sendiri, tapi tidak bisa mengakses sistem. Ini bukan virus, atau
kesalahan instalasi program/ printer, tapi memang fitur dari Windows.

Bagaimana mengetahui account Anda memiliki hak administrator atau tidak? Sederhana. Jika Anda tidak bisa menambah user, berarti Anda bukan admin!

Satu lagi. Jika komputer lokal Anda di-set sebagai anggota suatu domain, Anda bisa login ke komputer itu menggunakan account Anda di domain tersebut. Daftar username dan password yang Anda gunakan disimpa di domain server. Tapi Anda hampir pasti bukan administrator di komputer lokal, kecuali sudah disetting khusus.

Jadi, siapa admin komputer Anda?

One thought on “Account di Windows XP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s