Menggabung Dua Atau Lebih Sel di Excel Menjadi Satu

Teman saya yang usil nanya bagaimana caranya menggabung beberapa sel di Excel menjadi satu. Bukan menjumlah, tapi di sambung jadi satu kata. Misalnya, ada kode area 0741 dan nomor telepon 36129. Dia ingin dijadikan 0741 – 36129. Meski saya ngga ngerti apa pentingnya menggabung kode dan nomor telepon begitu (kan mending dipisah, gampang di-sort dan filter), saya tetap berusaha membantu teman saya yang iseng ini.

Fungsi yang dipakai adalah CONCATENATE. Caranya, ketik concatenate (sel1, “string”, sel2). Atau dari menu Insert-Function, pilih Concatenate. Akan tampil window kecil, tinggal klik di sel mana yang akan digabung.

Kembali ke teman saya tadi, formula saya akan jadi =concatenate(A1,” – “, A2). Di mana sel A1 berisi kode area 0741, lalu ada selingan spasi-strip-spasi, kemudian sel A2 adalah nomor telepon 36219. Hasilnya menjadi 0741-36219 dalam satu sel.

Namun formula ini terbatas pada 30 sel, termasuk string text-nya (dihitung per tanda koma). Jika diperlukan menggabung lebih dari 30 sel, terpaksa dibuat dua kali concatenate.

Update:
e-book Excel 2007 dapat diperoleh di sini.

2 thoughts on “Menggabung Dua Atau Lebih Sel di Excel Menjadi Satu

  1. Kalau di MS Excel 2007 berapa batas concatenate ? dan ada cara lain ngga biar cepat penjumlahannya (tidak satu-satu).Thanks ya.

    Hanin: ga ada keterangannya tuh, mungkin sama aja kali. Coba aja kalo ga percaya🙂 Maksudnya cara penjumlahan gimana? sorry, sejauh ini baru ini yang saya tahu.

Tinggalkan Balasan

