Review atas SPI untuk LK Berbasis Komputer

Mulai tahun anggaran 2007, seluruh SKPD selaku entitas akuntansi wajib menyusun Laporan Keuangan masing-masing (Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, dan Catatan atas Laporan Keuangan). Sementara itu Bendahara Umum Daerah menyusun Laporan Arus Kas beserta Catatan-nya. Seluruh laporan ini kemudian dikompilasi oleh SKPKD selaku entitas pelaporan menjadi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LRA, Neraca, LAK, dan CaLK).

Mengingat demikian besarnya lingkup penyusunan Laporan Keuangan, hampir dipastikan diperlukan aplikasi komputer agar dapat menghasilkan Laporan Keuangan yang tepat waktu dan konsisten antar-SKPD. Tentu ini berdampak pada proses review Laporan Keuangan yang dilaksanakan oleh Bawasda/Inspektorat.

Beberapa karakteristik SPI atas penyusunan Laporan Keuangan berbasis komputer antara lain:
– Pengendalian fisik, berupa akses pembatasan akses orang yang boleh menggunakan perangkat yang digunakan dalam proses penyusunan Laporan Keuangan.
– Pengendalian aplikasi, berupa pengamanan dengan password dan validasi tertentu untuk menjamin yang mengoperasikan aplikasi adalah orang yang berhak dan setiap transaksi sejenis diperlakukan sama secara konsisten.

Pengendalian aplikasi terdiri dari:
1. Pengendalian input, bahwa data yang dimasukkan ke sistem komputer sudah disahkan, tidak diganti, ataupun hilang. Pembetulan atas kesalahan input harus terintegrasi dalam sistem komputer.
2. Pengendalian pemrosesan, bahwa semua data diproses oleh sistem tanpa terlewatkan, tidak ada yang ditambah oleh sistem di luar yang diinginkan atau dikurangi oleh sistem tanpa diinginkan.
3. Pengendalian output, menjamin akurasi hasil proses dan hasil tersebut disampaikan hanya kepada yang berwenang.

Ringkasan review atas SPI untuk sistem berbasis komputer dapat dilihat di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s