Jamparing Accounting

Overview

Saya memakai edisi komunitas (versi free) dari aplikasi ini. Isinya cukup lengkap, berupa penjurnalan (transaksi, penyesuaian, dan jurnal pembalik), disertai data relasi (customer, supplier, dll), dan modul persediaan (dengan LIFO, FIFO, atau average).

Di edisi komunitas, laporan-laporan tidak bisa di-print, hanya bisa di-preview. Saat tulisan ini dibuat, anda perlu menyiapkan dana 700 ribu rupiah untuk menghubungkan preview ini ke printer Anda.

Di website-nya dipersyaratkan Java JRE 1.3 tapi saya bisa menjalankannya dengan JRE 1.2 di notebook celeron saya.

Bagusnya

Modulnya lengkap untuk level UKM. Anda bisa mengkostumasi susunan account sesuai keperluan. Tampilan secara umum cukup intuitif, dan disertai panduan yang memadai.

jamparing accounting

Laporan-laporan yang dihasilkan secara default cukup lengkap, dari neraca lajur, neraca, dan persediaan.

Kurangnya

Masalah utama aplikasi semacam ini adalah set-up account awal. Saya beruntung punya latar belakang pendidikan akuntansi dan pengalaman bertahun-tahun sehingga segera familiar dengan pola pikir yang diminta aplikasi.

Saya agak kesulitan ketika setting tampilan laporan laba-rugi, karena memahami alur ‘penambahan’ dan ‘pengurangan’ tidak sejalan dengan pola pikir saya. Alangkah bagusnya jika sudah ada semacam preset awal atau database sampel agar pengguna awam tidak terlalu repot (mungkin dengan membayar 700ribu Anda bisa minta dibuatkan chart of account yang sesuai 🙂 ).

Selanjutnya adalah masalah persediaan. Interface aplikasi ini tidak otomatis mengurangi persediaan yang terjual. Jadi Anda harus masuk ke modul persediaan untuk memindahkan nilai persediaan ke Harga Pokok Penjualan. Untuk yang ini saya masih bisa mengerti karena aplikasi ini ditujukan untuk fungsi akuntansi, bukan point-of-sales (kasir).

Kesimpulan

Jika Anda cukup mengerti akuntansi, dan memerlukan aplikasi akuntansi yang gratis dan bisa dikostumasi, aplikasi ini layak dicoba. Tapi jika Anda memerlukan aplikasi untuk kasir, sebaiknya cari yang lain, karena mungkin kasir Anda akan kesulitan menjalankan aplikasi Jamparing ini.

Data Teknis

Jamparing versi 1.0, PT Pohaci Kreasi Informatika, http://www.geocities.com/jamparing_acc

2 thoughts on “Jamparing Accounting

  1. mas, gmn cara setting awal jamparing tolong di jelaskan

    hanin: maaf, untuk cara setting silakan hubungi forum dukungan yang bersangkutan.

  2. thanks bwt situs web sisa waktu… bwt pnjelsn singkt terkai Jamparing Accounting… uda brhari” saya mencari kelebihan & kelemahan dar software ini… akhrnya lewat sisa waktu saya bs memperolh jwabn yg slm ini saya cari…

    hanin: sama-sama, senang bisa membantu….

Tinggalkan Balasan

