Membuat Instance Baru di SQL Server

Setelah cukup lama SQL Server terpasang di notebook saya, tiba-tiba saya merasa perlu memiliki instance yang punya nama. Jadi kalau saya sedang di Kabupaten A atau B, saya tinggal koneksi ke jaringan, lalu replikasi database terbaru mereka ke notebook saya.

Jadi saya cari-cari di manual SQL Server, dan ternyata saya harus menginstall ulang. Lho, kok? Katanya bisa langsung diganti dari Enterprise Manager? Tenang. Install ulang ini bukan harus uninstall dulu kok. Kita cuma perlu menginstall untuk memberi nama instance dalam proses instalasi.

Setelah instalasi (jangan lupa waktu install dinamain instance baru-nya), saya masuk ke Enterprise Manager. Saya pikir udah otomatis nongol di situ. Ternyata enggak, masih saja di situ yang muncul [local][windows NT]. Setelah baca kelanjutan manual SQL Server (hehe, tadi rupanya saya baru baca setengah halaman), instance [local] ini harus dihapus. Halah!

Terpaksa saya backup semua database, lalu klik kanan [local] dan pilih Delete. Yakin? Tentu, kan semua data sudah di-backup. Lantas di SQL Server Group saya klik kanan dan pilih New SQL Server Registration. Muncul jendela Wizard, dan setelah saya klik Next, nongol lah di situ nama instance yang barusan saya bikin waktu instalasi ulang SQL Server. Setelah klik Add, next dan mengisi pertanyaan yang menyebalkan, instance yang saya dambakan pun tampil di Enterprise Manager.

Ajaibnya, semua database langsung tampil juga di situ – utuh dan fungsional! Hm, saya belum menemukan jawabannya di manual kenapa bisa begitu. Tapi mungkin karena waktu install ulang tadi saya ngga merubah lokasi default path fisik database, masih sama dengan instance [local] yang lama.

Jadilah semua database backup langsung saya hapus lagi..

Iklan

One thought on “Membuat Instance Baru di SQL Server

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s