Kuis Masa Kalah Sama Anak-anak

Tidak sengaja saya nonton kuis ini, waktu sedang menunggu di lobby salah satu kantor Pemda. Ya, acara ini memang ditayangkan pada jam kantor. (update: sekarang udah tayang sabtu-minggu jam 8.30 dan 7.30)

Kuis ini menarik. 24 anak-anak dihadapkan dengan 3 orangtua. Mereka diberikan 9 pertanyaan, dengan cakupan cukup luas dari matematika sampai biologi dan pengetahuan umum. Masing-masing pertanyaan diberi alternatif 3 jawaban a-b-c, dan tiap peserta dipersilakan memilih yang menurutnya paling tepat.

Jika pilihan jawaban benar, mereka boleh lanjut ke pertanyaan berikutnya. Namun jika salah, mereka harus mundur. Tim yang anggotanya habis lebih dulu karena salah menjawab, dinyatakan kalah. Sedangkan tim yang bertahan dengan peserta terbanyak hingga permainan berakhir, berhak mendapatkan sepuluh juta rupiah.

Seperti kuis Helmy Yahya sebelumnya, Siapa Berani, kuis ini ditayangkan pada jam kantor. Kalau kuis Siapa Berani saya masih maklum karena tayangan kuis itu bisa dinikmati oleh para pekerja sambil tetap bekerja di kantor. Tapi kuis Masa Kalah Sama Anak-anak ini kan diikuti anak-anak, yang sepantasnya juga dinikmati oleh anak-anak mengingat unsur edukasinya yang cukup kental. Sayang sekali jika ditayangkan pada jam sekolah, mana mungkin anak-anak mengikuti pelajaran sambil nonton televisi? Sebaiknya acara ini dipindah ke prime time, menggantikan acara sinetron dan kartun.

Oya, satu lagi, busana Ivy Batuta (bener ya namanya Ivy?) Becky Tumewu, sebaiknya disesuaikan dengan audiens yang anak-anak. Memang tidak perlu formal pakai blazer, tapi lebih enak kalau bukan you-can-see.

11 thoughts on “Kuis Masa Kalah Sama Anak-anak

  1. acara tsb sudah di pindah hari, yaitu hari sabtu dan minggu, tapi tetap jam 08.30 pagi. begitu pak…..iya tapi sayang masih jam tayang pagi yang di pake. tx

    hanin: sip. kalo sabtu-minggu masih berterima Pak, minimal para ortu bisa liat di hari Sabtu. Minggu-nya bareng anak-anak. Jauh lebih bagus daripada nonton kartun πŸ˜› Mudah-mudahan ntar bisa prime time ya. Bravo!

  2. Terimakasih atas saran yang diberikan kepada host cewek, mudah-mudahan kami akan memperbaiki tayangan ini, dan kami akan memberikan tayangan yang lebih baik lagi.

    hanin: trims juga… saya juga udah merhatiin, presenter kita tetap cantik dan modis [ups, dipukul ni ama istri]

  3. ralat: kuis masa kalah sama anak-anak, hari sabtu jam 8.30 pagi, sedangkan hari minggunya pada jam 7.00 pagi. tks

    hanin: sama-sama Pak. sukses selalu.

  4. Bagaiman cara mendaftarnya. apakah dapat perorangan atau perkelompok dari sekolah. Tks

    hanin: mene ketehe…. silakan hubungi tvOne atau Triwarsana untuk urusan begituan πŸ™‚

  5. oo..no. telp tho
    saya tahu mas sangat tahu
    pencet aja 108 dari hp anda, kalau ga punya hp pinjam temen sampeyan

    hanin: ati-ati main hp. ntar kena sms santet baru tau rasa πŸ˜›

  6. Kok kuiz`a gk jlz bgtz!! Cz, gk nyambung tau gak….. Bikin q panas `ja sch!!

    hanin: lo tuw yg gk jlz gtz! komen lo gk nyambung tau gak… bikin q panas ‘ja sch!! πŸ˜›

  7. Knp sch kok kuiz lo gk jlzzz??! Bkin gw mulezz tau!! Btw, tolong muatin kuiz anak-anak yang krn2 dunkzz…, spupu w mau maen nch! byar program loe jg laku tau, ok?! Gw tg jwbn loe!

    hanin: lo gila kali ya, gak punya pendidikan apa, minta tolong kok sambil marah-marah gitu, pake otak dong, jangan dengkul doang… πŸ™‚

  8. oh yaaa tapi klaau anak2 nya maunyaa bermain2 salaah saaatunya kuiz klau bljr trus nanti anak2nya pusing capeee kasihan juga kan klau bljr mulu gaak da capenya seperti aanak aanak tk anak sd smp sma juga mereka ingin bermain seperti sayaaa kelas 4 sd ingin sekali bermain dari pada bljr tapi dikit dikit ingin bljr supaya cita2ku menjadi guru tercapai amien…

    hanin: amien, mudah-mudahan jadi guru yang baik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s