Penyedia Blog Gratis Indonesia

Saya termasuk orang yang tidak percaya kalau dibilang blog adalah trend sesaat. Mungkin suatu saat seorang blogger akan bosan, lalu hiatus, vakum. Namun blog lain akan timbul lagi, dan ratusan blogger lain akan tetap konsisten meng-update blog-nya.

Dari ayongeblog.com, rupanya sudah ada lagi satu penyedia blog Indonesia, yaitu dagdigdug.com. Sebelumnya yang sudah saya tahu adalah blog detik yang isinya banyak selebritisnya, lalu ada juga bedeng . Tiga lagi: catatanku, orangbiasa, dan indoblogger, saya juga baru tahu. Tapi saya ngga tahu kenapa blog indosiar ngga dimasukin di list itu, mungkin sudah ngga ada lagi? Saya belum cek.

Iseng-iseng saya main ke dagdigdug.com, lalu tes mampir ke salah satu blog yang terpajang di halaman depan. Terasa cepat, mungkin karena hosting di Indonesia ya. Seperti halnya blog di detik, engine yang dipakai di dagdigdug ternyata wordpress juga, seperti yang saya pakai sekarang ini. Ngga salah sih, karena toh wordpress udah terbukti stabil dan didukung komunitas yang luar biasa. Inovasi di WP juga gak ada matinya, Matt cs emang gila semua. Setahu saya, mungkin di bedeng pakai engine sendiri, dulu saya sempat nyobain bedengPSP waktu mau bikin web untuk satu komunitas di Jambi.

Meski saya tidak paham apa bedanya wordpress dengan layanan di detik dan dagdigdug bagi end-user, saya tetap senang dengan perkembangan ini. Setidaknya ada pilihan lebih banyak bagi blogger Indonesia, walau seharusnya bukan cuma beda di bahasa saja karena toh ada id.wordpress.com yang sudah berbahasa Indonesia.

Dengan teknologi openID sekarang, mungkin sudah ngga perlu punya banyak blog di mana-mana seperti masa awal saya nge-blog dulu. Saya punya account di mana-mana, semua hanya saya pasang satu halaman untuk menuju ke WP saya, karena beberapa kawan di blogger mengeset blog-nya untuk hanya dapat dikasih comment untuk sesama account blogger/google.

Ini juga yang jadi alasan saya ngga pindah ke dagdigdug, meski fitur expor-impor WP sangat memudahkan proses migrasi itu. Selain, tentu saja, file saya udah terlanjur berjibun di WP. Pokoke mak-blog!

One thought on “Penyedia Blog Gratis Indonesia

Tinggalkan Balasan

