Memilih baris genap atau ganjil saja di Excel

Tadi pagi kakak saya tiba-tiba email, dia nanyain tentang excel. Katanya dia punya data dengan lebih dari 3 ribu baris, dan yang diperlukan ternyata cuman baris genap saja. Kakak saya jelas tidak mungkin menghapus satu demi satu baris ganjil bukan?

Entah bagaimana urusannya,udah bikin data segitu banyak, dibuang setengahnya. Saya tidak tahu. Tugas saya jelas hanya memanipulasi Excel untuk melakukan pemisahan baris ganjil dengan genap, supaya yang ganjil bisa dihapus.

Setelah googling sebentar, saya sadar caranya memang tidak begitu saja tersedia di excel. Butuh sedikit trik untuk melakukannya. Intinya adalah, buat kolom baru. Isikan di kolom itu angka selang-seling (misal 1-0-1-0). Lantas di-filter, tampilkan yang 1 saja misalnya. Lantas hapus deh semua baris yang tampil. Sisanya, tentu saja baris yang genap. Gampang kan?

Langkah pertama, gampang. Bikin kolom baru seperti biasa: insert – column. Nah, sekarang langkah kedua. Bukan hal lucu kalau harus nulis 1-0-1-0 sebanyak 3000 kali kan? Tenang, ada rumus yang bisa disalahgunakan untuk itu:
= MOD( ROW(), 2 )
Lantas copy-paste dah rumus itu sampai baris ke-3000. Selesai! Sekarang, di kolom baru tadi, ada angka 1 di setiap baris ganjil, dan angka 0 di baris genap.

Berikutnya, filter data kita yang baru. Taruh cursor di baris teratas, pilih menu Data-Filter-Auto Filter. Nanti di situ akan muncul panah kecil. Tinggal pilih tampilkan yang angka 1 saja, maka semua baris ganjil akan tampil, dan baris genap akan sembunyi.

Terakhir, select semua baris ganjil yang tampil itu, lalu delete. Tenang saja, semua baris genap ngga ikut terhapus. Sekarang matikan filter-nya: data-filter-auto filter. Baris genap pun akan tampil semua… siap untuk diobrak-abrik lagi. Jangan lupa hapus kolom bantuan tadi, ntar si Bos nanya pula: apaan tuh??

Sebelum lupa, MOD itu gunanya untuk melihat apakah satu bilangan habis dibagi bilangan lain atau tidak. Jika tidak, hasilnya adalah 1 (ada sisa), kalau habis ya 0 (tidak bersisa). Misalnya, MOD(3,2) akan menghasilkan 1 karena 3 tidak habis dibagi 2. Sedangkan MOD(15,3) atau MOD(6,2) hasilnya 0 karena 15 habis dibagi 3 dan 6 habis dibagi 2.

Lantas ROW() sebetulnya adalah fungsi referensi. Fungsi ini akan mengambil nomor baris dari referensi. Misalnya, ROW(D3) akan menghasilkan 3, meskipun di baris D3 itu isinya angka 5. Nah, karena ROW kita tidak merujuk ke mana-mana, maka ROW() akan menghasilkan barisnya sendiri di mana dia berada.

Kalau digabung, maka DOM(ROW(),2) kira-kira berarti “tentukan apakah baris ini habis dibagi 2 atau tidak”. Tentu saja, kalau habis dibagi 2 berarti baris genap, dan hasilnya 0. Kalau tidak habis dibagi 2 tentu baris itu ganjil, dan diwakili angka 1.

Gotcha!

Update:
e-book Excel 2007 dapat diperoleh di sini.

13 thoughts on “Memilih baris genap atau ganjil saja di Excel

  1. kenapa di excel saya tidak bisa menggunakan fungsi DOM nya????
    tolong cepat dijawab ya??

    hanin: office-nya bajakan kali?? hihihi… coba pakai tombol fungsi (fx). cari dom, ntar ada wizard-nya. kalau ngga ada en gak mau juga, cek di add-in untuk analysis tool pack. terakhir, install ulang office! 🙂

  2. saya tu ingin dari kolom yang barisnya banyak dan nomor ganjil genapnya tidak urut antara genap dan ganjil, tapi saya ingin hanya menampilkan yang ganjil saja, mohon diberi penjelasan
    terimakasih.

    hanin: silakan buat kolom baru, isikan =MOD(cell_bernomor_ganjilgenap,2) di seluruh baris pada kolom tersebut. nanti baris yg nomornya genap akan berisi nilai 0, yg nomornya ganjil berisi nilai 1. setelah itu sortir, pilih 0 utk tampilkan yg nomornya genap, pilih 1 untuk yang nomornya ganjil.

  3. tq om
    jenius banget idenya
    saya juga lagi kebingungan ini
    hehe…

    hanin: sama-sama, senang bisa bermanfaat…

  4. thanks banget mas, idenya mantab….
    padahal saya sdh hampir 2 jam utak atik excelnya, eh taunya setelah baca ini 5 menit jg udh beres hehehhe………
    skali lg tenkyu mas……

    hanin: sama-sama, senang bisa bermanfaat…

  5. mas minta tolong mikirin yaa…karna saya lagi kebingungan, gimana caranya kita mau SUM untuk baris ganjil semua dan SUM untuk baris genap semua?
    mis: a1+a3+a5+a7 dst dan a2+a4+a6+a8 dst scara baris2 saya byk sekali
    makasih sebelumnya

    hanin: pertama, buat kolom misal di B untuk mengidentifikasi baris genap-ganjil. Isikan rumus =MOD(ROW();2) di semua barisnya. Untuk menjumlah baris ganjil saja, gunakan rumus =SUMIF(B1:B100;"=1";A1:A100) untuk yg baris genap, ganti =1 dengan =0. Mudah-mudahan membantu.

  6. sory mas, sy kurang ngerti dengan penjelasannya, bisa lebih detail gak ya?

    hanin: silakan dicoba dulu, trial & error…

  7. Tank’s mas bro .. klo dah dijajal misahin ganjil genap satu perpustakaan juga gampang he he he

    hanin: sama-sama, senang bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s