Tarif SMS Esia per Karakter

Udah tahu belum, tarif SMS di Esia sekarang dihitung per karakter? Satu karakter harganya tujuh perak. Jadi kalo SMS “d ktr y” dihitung 7 karakter, cuman 7 perak. Lantas balasannya: “y”, lebih murah lagi, cuman satu perak!
(arti sms itu: di kantor ya? dijawab: iya)

Bagaimana kalau SMS dengan 160 karakter, sesuai standar karakter di HP jaman rikiplik? Jadi 1.120 160 perak per SMS! Maka siap-siaplah menerima SMS dengan singkatan ngga karuan dari teman-teman pemakai esia. Barusan saya terima SMS: “i g dl”. Pusing saya, maksudnya apa? (ternyata: “aku ngga dulu”)

TAPI……….

Tapi yang jadi masalah buat saya bukan itu. Kalau operator bisa ngitung karakter SMS kita, berarti mereka tahu dong apa isi SMS yang kita kirim?? Bahaya dong, kalau isinya sensitif. Misalnya kita kasih tahu no rekening atau pin atm lewat sms. Kan praktis, ga pake acara salah dengar atau salah tulis. Tapi data itu bisa diintip oleh operator!

Bagaimana juga urusan sms banking, atau voucher elektrik, yang di ujung pesannya ada pin/password nya? (Hm, mudah-mudahan ada penjelasan secara teknis bahwa “SMS itu dienkripsi” atau blablabla lain ya).

Oke. Mulai sekarang saya akan lebih sering telpon saja. Lupakan SMS. Biarkan jempol saya istirahat….

Iklan

5 thoughts on “Tarif SMS Esia per Karakter

  1. ini ngomong2 punya esia ga, kalau ada sms dong nomernya aku jg punya esia nanti kan bs lebih murah jadinya, aku barusan dapat kabar dr tofik kl mba sri lg di crbn tp dh pulang lagi. tapi sayang purwokerto esia blm terjangkau jaringan alias tidak ada

    hanin: nah, itu dia masalahnya, kalo gak bisa ke purwokerto dicoret dari daftar.

  2. itu gimana sih ngitungnya, kok 160 sms jadi 1.120 perak.

    Yang bener kan jadi Rp 160,-

    gimana sih matematika-nya kang Hanin teh…

    Lagi ngantuk ya???

    hanin: bukan saya. kalkulator tuh yang ngaco…

  3. sebenarnya ini bukan lebih murah tapi lebih mahal, dulu sekali sms 50 perak atau max 160 karakter = 50 perak kl sekarang jd 160 jadi mahal kan. mending telp aja 50 perak per menit antar esia every day 24 jam no limit, makanya beli esia hpnya jg murah ngomong sepuasnya. bukan promosi ni lho syukur2 dapat fee dari esia

    hanin: mangkanya jangan suka sms. cape ngetiknya. mending email-an aja 😛

  4. kalo sms ke sesama esia tetp 50rp walaupun 160 karakter
    kl dibawah 50 karakter, ngitungnya 1rp/karakter
    tetep murah khan..

    hanin: yg bikin serem sebetulnya… operator bisa ngitung karakter sms kita… jadi mereka tahu dong isi sms kita… gimana urusannya dengan sms banking nanti?

  5. yang duitnya banyak jangan pake esia.. itu solusinya nanti bisa dirampok. kalau saya duitnya dikit nabung jarang2 apalagi aktifin sms banking rugi gede, ikutin aja system ortu jaman dulu nabung bawah bantal. tidak perlu admin tandangan hrs sama, transport belum biaya parkir dan bbm yg sudah naik. dan satu lagi resiko tabrakan dijalan… bisa2 uang ga dapat malah dikasih hadiah jalan2 ke surga

    hanin: amiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s