Mengenalkan Konsep Uang pada Anak

Overview

Buku ini menguraikan fungsi dan betapa pentingnya peranan uang dalam kehidupan masyarakat modern. Oleh karenanya pendidikan mengenai uang sangat penting dimulai sejak usia dini.

Diawali dengan cerita peranan uang dan mengapa pengenalan uang perlu dilakukan sedini mungkin, disertakan juga beberapa kesalahan umum ketika orangtua melakukan pendidikan finansial pada anaknya.

Selanjutnya diuraikan bagaimana mengenalkan konsep uang pada anak usia pra-sekolah, berikut simulasi belanja, gaji, dan tabungan, hingga konsep lanjutan mengenai mengajarkan perbankan dan jenjang karir dalam keluarga.

Buku ini ditutup dengan bab khusus mengenai memaknai uang secara positif sebagai kunci sukses dan kebahagiaan dalam hidup.

Bagusnya

Saya suka dengan komprehensifnya buku ini mengulas pengenalan nilai uang pada anak. Mulai dari yang sederhana seperti menabung, bersedekah (sungguh istilahnya begitu di buku ini), sampai konsep yang absurd seperti gaji sebagai kompensasi kerja, pengenaan pajak, dan bunga tabungan. Beberapa hal dikenakan denda, yaitu sebagai hukuman atas pelanggaran aturan. Cukup bagus untuk melatih disiplin dan kerja keras.

Kurangnya

Saya merasa buku ini agak terlalu materialistis, atmosfir kapitalis sangat terasa.

Selain itu beberapa bagian terasa janggal, saya curiga buku ini adalah terjemahan dari sumber lain (yang sayangnya tidak dicantumkan sumbernya), meski sudah berusaha di-Indonesia-kan dengan memasukkan istilah Lebaran sebagai pendamping istilah Natal (hal 100). Misalnya pada halaman 2 mengenai “menanam sayur sendiri di apartemen berkamar satu”. Melihat setting dan kemasan buku ini, jelas tidak ditujukan untuk segmen pembaca di kelas apartemen (lebi tepat rumah susun mungkin). Yang paling parah adalah episode mengantisipasi protes anak yang menuntut upah lebih tinggi gara-gara disuruh membersihkan basement. Halah! Berapa banyak rumah di Indonesia yang punya basement??

Kesimpulan

Kalau ada dana lebih, atau kebetulan lewat di tempat diskon buku, boleh lah buku ini dibeli sebagai obat penasaran. Tapi kalau beli baru, atau harganya lebih dari sepuluh ribu rupiah (seperti harga waktu saya beli di obralan), mending cari buku aslinya saja.

Oya, jangan lupa praktek nya harus disesuaikan dengan budaya Indonesia …

Data Teknis

Mengenalkan Konsep Uang pada Anak (Money and Your Children), Erwin J. Skripsiadi, Curiosita, 2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s