Lulus Langsung Kerja

UAN sudah selesai. Menjelang musim masuk perguruan tinggi sekarang ini, para lulusan pun sibuk mencari-cari di mana perguruan tinggi yang lulusannya bisa langsung mendapat pekerjaan. Syukur kalau dikasih garansi.

Tentu tidak salah. Orangtua mana yang mau anaknya jadi pengangguran? Secara anak orang kaya gitu loh, bisa bayar kuliah mahal, kok malah lulus jadi pengangguran. Eits, para anak yang kurang beruntung secara ekonomi pun berharap dengan kuliah bisa mengubah nasib.

Kalau saya ditanya ada nggak perguruan tinggi atau universitas yang menjamin lulusannya langsung kerja, saya pasti menjawab tegas: ada! Malah, saya sendiri turut menikmati fasilitas itu. Kuliah langsung kerja, bahkan sebelum lulus. Tapi sebelumnya saya pengin cerita yang lain.

Dahulu kala, ketika saya masih SMP (sekarang apa ya, SLTP apa SMP lagi sih?), guru saya menceritakan bedanya STM (sekarang SMK) dengan SMA (sekarang SMU). Menurutnya, di SMK kita akan dipersiapkan untuk siap bekerja. Jadi di sana porsi teori dan praktek lebih banyak prakteknya. Lulusan SMU dipersiapkan untuk ikut ujian masuk perguruan tinggi. Jadi lulusan SMA memang harus masuk ke perguruan tinggi sebelum siap masuk ke pasar tenaga kerja.

Sekarang saya baru berpikir. Mentalitas saya sejak SMP sudah dicekoki dengan mind set “cari kerja”. Katanya lulus SMK bisa langsung kerja. Katanya lulus SMU kuliah dulu baru kerja. Ah, kenapa sih saya ngga dijejali dengan motivasi untuk menjadi enterpreneur, berwirausaha? Sejak TK sampai kuliah S2 ini saya belum pernah dapat mata pelajaran wirausaha.

Maka muncullah paradoks yang menyedihkan.

Seorang teman saya, tidak melanjutkan setelah SMU. Dia berjualan gorengan dengan gerobak sederhana di pasar dekat rumah. Sampai sekarang dia masih setia dengan gorengannya itu, namun sekarang dia sudah punya sawah dan kebun, yang pisang dan ubinya ditanam dan dipanen untuk dijual dalam bentuk gorengan. Tentu saja saya tidak pernah menyangka, dia bisa mendapat penghasilan bersih 300ribu sehari atau setara 9juta rupiah per bulan.

Sedangkan saya, sudah harus puas dengan gaji kurang separuh dari itu! Ketika saya berusaha memulai usaha pun sudah terlambat, dia sudah jauh memiliki pengalaman daripada saya.

Baiklah. Kembali ke topik tadi. Kalau masih berminat kuliah, dan menjadi orang kantoran (hiks), mungkin bisa memilih jalur yang saya tempuh. Saya kuliah di perguruan tinggi kedinasan milik Departemen Keuangan, yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Berjibaku tiga tahun dengan ancaman drop-out jika gagal menembus Indeks Prestasi minimal (2,75 dari skala 4). Asyiknya, setelah lulus, saya dikirim ke luar Jawa untuk mengabdi di sana. Saya pernah tiga tahun di Kalimantan Selatan – Tengah, dan lima tahun di Jambi.

Perguruan Tinggi Kedinasan lain yang bisa dicoba misalnya milik Badan Pusat Statistik (Akademi/Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), milik Departemen Kehakiman (Sekolah Tinggi Ilmu Pemasyarakatan), milik Departemen Perhubungan (Metrologi), milik Departemen Dalam Negeri (IPDN), dan milik TNI (Akademi Militer).

Mana yang lebih tepat, silakan dicari informasi ke masing-masing perguruan tinggi kedinasan itu. Setahu saya di STAN termasuk yang lebih liberal, kami tidak diasramakan dan tidak memakai seragam (well, hitam-putih, tapi tidak eksklusif karena sales pun pakai putih-hitam kan). Proses inisiasi saat orientasi pengenalan kampus juga tidak seram, karena dilarang ada kontak fisik. Saya pernah menolak disuruh push-up karena tidak merasa bersalah, dan senior saya cuma ngomel-ngomel, sebelum akhirnya jidat saya ditempeli selotip hitam tanda “sedang sakit, jangan diganggu”…

13 thoughts on “Lulus Langsung Kerja

  1. Tanya deh mas untuk saat ini lulusan SMP lebih baik masuk mana? Utamanya untuk yang cewek biar bisa langsung kerja…

    hanin: kalo SMP ke SMK aja dik… tapi gak usah ngambil akuntansi, udah kebanyakan yang d3/s1, ntar kalah saingan. barusan liat di tipi, katanya 21ribu sarjana di Yogya nganggur, 600-an S2 malah.
    Met berjuang.

  2. Sangat bagus masuk smk ambil aja jurusan masak memasak kalau ga bisa kerja kerja bisa buka warteg, untuk masalah modal bisa hubungi orang tua atau saudara masing2

    hanin: nah… tu… belum apa-apa udah dapet calon langganan…

  3. bhuuu….numpang lwt nie!!!
    pusing ny?aku kn ntar lg lulus skull tu,pengen sch kuliah tp g’da dana.Maunya kerja biar bs bantu ortu tp kira-kira kerjaan yg cucok apa y/aku sch skul di SMK jurusan teknik komputer&jaringan.Jujur msih ragu ma kemampuanku ndiri ny.HELP ME……………………..HELP ME…………………!!!!!!!

    hanin: yakinlah pada kemampuanmu. jika dirimu tak yakin, bagaimana orang lain akan yakin padamu?

  4. mas bagi dong resep resp suksesnya?

    hanin: masukkan bumbu secukupnya, aduk rata, rebus hingga matang, angkat, tiriskan dan hidangkan. halah! resep mi instan nih?

  5. mas hanin,sya mau nanya?
    Mas dulu lulusan SMK/SMA?
    Saya masih ragu ingin melanjutkan ke SMK jurusan Akutansi..
    Btw,lulusan smk jrusan akutansi bisa lgsung kerja kg ya?
    lulusan smk bisa lgsung kuliah dengan mudah/tidak?

    Please help me.. šŸ™‚

    hanin: saya lulusan SMA, jurusan A3 (waktu itu, sekarang mungkin IPS ya). setahu saya, lulusan SMK memang disiapkan untuk kerja; beda dengan lulusan SMA yang disiapkan untuk kuliah. bagi saya, yang penting Anda menyukai bidang yang Anda tekuni. jika menyukai akuntansi, silakan mendalami akuntansi.

  6. saya jurusan trpl (teknik rekayasa perangkat lunak ) kra” bgusnya msuk kampus mana yah……rus sbnarnya cita” sya gin bekrja di bank……..?? bgus nya ambil jurusan apa yah……….
    and kuliahnya dmana

    hanin: maaf, saya tidak begitu paham, silakan konsultasikan dengan pembimbing pendidikan di sekolah Anda.

  7. mau tanya nih.
    untuk kuliah ke STAN harus ada prestasi tertentu yg dimiliki waktu SMA nggak?
    pelajaran apa yg nilainya harus bagus kalo mau kuliah di STAN?

    hanin: setahu saya tidak ada syarat prestasi tertentu. saya sendiri tidak punya prestasi apa-apa šŸ˜› untuk mata kuliah, tentu perlu didalami bahasa inggris (sebagian besar literatur dalam bahasa inggris) dan logika (matematika dan akuntansi).

  8. mas hanin saya sekrang jurusan tata niaga saya ingin sekali sekolah universitas STAN kira kira saya bisa dapat gak ya sekolah itu…
    tolong bantu saya berfikir mas hanin

  9. kalo STAN itu full matematika ya mas? wah saya matematika rada kurang fasih. mungkin ada saran kuliah lain?

    hanin: kata siapa full matematika?

Tinggalkan Balasan

