Menu ala Office 2003 di Office 2007

Awal-awal Office 2007 muncul, saya tidak begitu antusias. Saya sudah cukup puas dengan Office 2003 bajakan yang ter-install di notebook saya. Tapi setelah berkali-kali membaca posting promosi keunggulan office 2007, saya penasaran juga pengin mencoba.

Kebetulan sekali, di kampus, notebook yang dipakai untuk presentasi menggunakan office 2007. Maka saya bela-belain berangkat lebih awal, sekedar mengeksplorasi fitur baru yang ada. Ternyata saya tertarik dengan OneNote-nya, dan PowerPoint-nya yang cantik seperti model flash.

Besok paginya, saya mengaduk-aduk server FTP, mencari siapa tahu ada yang iseng menaruh installer office 2007 di server nanti serial-nya gampang saya cari. Saya menemukan satu file berukuran setengah giga, yang makan waktu seharian untuk didownload. Maklum, server FTP ini tidak di-set untuk membolehkan koneksi simultan, sehingga DownThemAll saya ngga mempan.

Setelah di-install, semalaman saya ngga bisa tidur, asyik nyoba-nyobain fitur di OneNote. Tapi ketika pindah mengeksplorasi Powerpoint, saya kesal. Menu ribbon di 2007 ini terlalu sensitif buat saya, agak ribet memahaminya. Keputusan saya jelas: saya harus memodifikasi ribbon ini supaya mirip versi 2003-nya. Sayangnya, sampai pagi, saya gagal menemukan panduan untuk meng-customize ribbon di online help-nya 2007.

Lantas saya mencari di internet, dan menemukan classic menu for office. Lumayan juga ukurannya 3,5 MB. Tapi saya cukup puas dengan hasilnya. Di sisi paling kiri, muncul menu baru “menus” dengan susunan persis sama seperti di Office 2003. Beberapa hal memang disesuaikan dengan milik 2007, tapi secara garis besar oke banget.

Yang menarik, menu ini ngga lari-lari seperti menu asli-nya 2007. Jadi saya merasa memakai Office 2003 dengan keunggulan Office 2007. Tapi, tentu saja, harus mendaftar karena diproteksi pakai serial meski gampang banget nyari serial-nya di internet (User boot – SERIAL: 0RD184-P1BBUE-KQHMX2-HDEE6R-PH2VPD). Mahal juga kalo musti beli.

Download Link: Ziddu

2 thoughts on “Menu ala Office 2003 di Office 2007

  1. Banyak yang menarik dan singkat-2.Sebagai Pemula saya senang membaca semua ulasan,Sayang Saya Stress..!Apa ada Banyak muatan data, Access 2oo3/2oo7 yang bisa saya pakai. Trimakasih sblmnya…,Hariry In Bogor.

    hanin: maaf, db saya ngga bisa dibuka untuk umum 😛 silakan jalan-jalan ke Access Web atau ke tempatnya Allen Browne. Welcome to the jungle…

  2. tolong bantu saya mencari kelemahan dan kelebihan office 2003????pusing nie gag ktm2,tolong ya?

    hanin: kelemahan dan kelebihan dibanding siapa? bagi saya pribadi, office 2003 lebih simpel penggunaannya daripada office 2007; tapi itu masalah kebiasaan saja. namun file yang dihasilkan oleh office 2003 lebih ‘gendut’, sedangkan format file di office 2007 lebih ‘langsing’. untuk produk office, sepertinya tiap seri yang dikeluarkan microsoft terasa makin baik.

Tinggalkan Balasan

