On Becoming Customer Centric Company

Overview

Buku ini dibuka dengan empat bab mengenai perubahan di eksternal lingkungan bisnis Telkom. Selanjutnya, tiga bab mengenai perubahan visi dan misi yang mempengaruhi struktur organisasi Telkom. Kemudian empat bab tentang customer-centric strategy yang diterapkan Telkom, melalui segmentasi, sustainable value, hingga alliance competence.

Empat bab terakhir diisi dengan bagaimana Telkom mengarahkan transformasinya, mengubah diri menjadi leader-driven organization, membangun competency-based HRM, budaya korporat, dan performance excelence.

Bagusnya

Seperti buku Hermawan Kertajaya lainnya, ulasan dalam buku ini cukup jitu. Tidak terlalu dalam, memang, karena ini bukan buku referensi, namun berhasil mengkaitkan berbagai tinjauan akademis dengan aplikasi di Telkom.

Pengalaman penulis dan timnya mendampingi Telkom, cukup meyakinkan untuk menampilkan sisi pandang dari dalam Telkom dalam mentransformasikan dirinya.

Kurangnya

Sebagai perusahaan milik Pemerintah, pergantian direksi Telkom tidak lepas dari tarik-ulur berbagai kepentingan. Buku ini tidak mengulas tarik-ulur tersebut, sebab di luar cakupan buku ini, namun juga tidak mengulas dampak pergantian direksi tersebut terhadap proses transformasi Telkom.

Buku ini tidak menjelaskan secara timeline, capaian masing-masing direksi Telkom dalam keseluruhan proses transformasi. Pergantian direksi juga tidak diulas sebagai faktor pendorong atau penghambat transformasi perusahaan. Entah karena seluruh direksi tersebut mengikuti pola besar blue-print yang sama, atau malah tidak ada pengaruhnya perubahan direksi; karena driver sesungguhnya ada di level di bawah direksi.

Kesimpulan

Kalau Anda sedang mempelajari learning organization, buku ini tidak boleh dilewatkan.

Data Teknis

Hermawan Kertajaya, Yuswohady, Dewi Madyani; On Becoming a Customer-Centric Company: Transformasi Telkom Menjadi Perusahaan Berbasis Pelanggan; MarkPlus & Co, Gramedia Pustaka Utama, 2004

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s