Software Gratis Untuk Aplikasi Manajemen Perpustakaan

UPDATE 20 JANUARI 2012

Ada sebuah aplikasi perpustakaan yang mudah dalam instalasinya, bernama My Pustaka. Silakan download aplikasi my pustaka di sini. Aplikasi ini versi terbatas, untuk dukungan teknis silakan hubungi developer aplikasi tersebut.

POSTING AWAL (10 AGUSTUS 2008)

Setelah melihat-lihat statistik traffic di blog ini, beberapa pengunjung tersesat ke sini gara-gara mencari dengan keyword “Aplikasi Perpustakaan”. Memang ada posting saya yang terkait dengan database MSAccess, di dalamnya berisi review buku yang menggunakan aplikasi perpustakaan sebagai contohnya.

Agar tidak mengecewakan, saya buat posting ini untuk memberi ‘jalan yang benar’. Ada satu tempat yang berisi daftar aplikasi gratis untuk perpustakaan. Beberapa dibangun menggunakan PHP dan MySQL, jadi Anda harus punya aplikasi server web di komputer Anda. Ada juga yang pakai bahasa Jerman.

Link-nya di tempat Mas Purwoko, saya kutipkan di sini:

Mudah-mudahan bermanfaat.

14 thoughts on “Software Gratis Untuk Aplikasi Manajemen Perpustakaan

  1. saya bingung cara mendownload software dan software mana yg harus didwnload.tolong dong saya dikirimi software yang cocok utk perpustakaan sekolah.karena perpustakaan di sekolah saya masih dikelola secara manual

    hanin: Ibu Rina, untuk menentukan software mana yang paling cocok, tentu Ibu harus mencoba-coba dan membandingkan satu dengan yang lain. Masing-masing memiliki fitur standar namun juga ada fitur tambahan sebagai kelebihan masing-masing. Juga ada ketentuan minimal yang diperlukan, baik itu hardware komputer maupun lingkungan software-nya (apakah dukungan MSOffice, web server, linux/windows, dsb). Dan, maaf, jika Ibu masih bingung cara mendownload software tersebut, mungkin Ibu juga akan kesulitan mengoperasionalkannya.

  2. mas gimana cara menginstall software kopimanis????
    koq aq coba ga bisa?
    thanks before…..
    cepet ya mas jawabannya
    hehehehee maksa….

    hanin: kopi past dari web-nya igloo:

    Kopimanis Package
    Kopimanis is a XAMPP packaged with Igloo. For windows platform. This package is suitable for you to test Igloo but doesn’t have enough time to install required software. To install Kopimanis Package, just copy kopimanis-x.x.zip to root directory. Extract and there will be a Kopimanis folder. Jump into the folder and run xampp_start.exe. With your browser, go to http://localhost.

    Jadi, zip-nya dibuka di C:\. Terus buka folder itu, jalankan xampp_start.exe. Lantas buka browser, masuk dari http://localhost. Udah de, silaken diseting.

  3. asslm, maaf tanya lagi mas…. Semua langkah yang mas tunjukin dah aq laksanakan. tapi tetep aja ga bisa. Sebelumnya di komputerku pernah ada xampp, untuk saya belajar php. Tapi sekarang dah aq hapus. Aq ganti xampp yang berganti dengan kopi manis…. tapi setelah saya jalanin, ternyata malah ga bisa. gimana ya mas????? trus untuk pertama, file php apa yang mesti saya buka???? Index.php nya???? or yang lainnya….. thanks ya mas….. jazakumullah khairan jazaa….
    wasslm….

    hanin: bentar lagi kena charge konsultasi nih…😛 saya sendiri ngga make, jadi ngga begitu ngerti. seharusnya sih jalan aja, kan satu paket, seperti phptriad dulu. biasanya ada file konfigurasi di *.inc yang harus disesuaikan (seperti nama file database dsb), atau lewat setup.php itu. coba dibaca dokumentasi /readme-nya, biasanya ada petunjuk install di situ.

  4. tolong kasih tau cara penginstalan webbiblio dong…
    aq lg binggung cara menggunakannya. makasih

    hanin: maaf… ngga bisa bantu.. silakan liat di forum-nya aja. repot ih kalo musti tahu semua-muanya… maaf ya… maaf… maaf… maaf…

  5. Ass. Wr. Wb.

    Saya mengelola zakat masjid kami di kota yang kecil. Saya ingin ada aplikasi yang memudahkan pengelolaan zakat (Amil Zakat), apa punya aplikasi tersebut. kalau tidak ada mohon saya haru smencari dimana.

    wassalam.

    hanin: maaf, saya tidak yakin software apa yang Anda maksud. Jika untuk menghitung zakat, silakan sambangi link ini. Mungkin Anda bisa minta custom software di sana. Jazzk.

  6. Tolong infonya bagaimana mendapatkan aplikasi perpustakan. Trims

    hanin: silakan klik pada daftar di atas, nanti Anda akan mendapati website tempat mendownload aplikasi tersebut, lengkap dengan petunjuk untuk instalasi dan penggunaannya.

  7. Saya pernah nyoba-nyoba GDL42, tapi begitu upload file yang ukurannya besar (5 MB) Kok error! padahal setting di php.ini udah diubah dari 2M ke 10M. Bagai mana caranya ya?

    hanin: maaf, saya tidak memfasilitasi pertanyaan teknis atas software2 tersebut. silakan hubungi forum/support software tersebut.

  8. passwordnya aplikasi perpustakaan light apa mas?

    hanin: maaf, saya tidak memfasilitasi pertanyaan teknis atas software2 tersebut. silakan hubungi forum/support software tersebut.

  9. PIYE CARA NGINSTALE???

    hanin: maaf, saya tidak memfasilitasi pertanyaan teknis atas software2 tersebut. silakan hubungi forum/support software tersebut.

  10. saya ada kerjaan neh mas dari kantor saya suruh bikin aplikasi perpustakaan.. ada 21 cpu dan 1 server apa mas bisa kerjakan ? blas k email saya yah..

    hanin: maaf, saya tidak ada kesempatan membantu Anda.

  11. Silakan download software trial gratis 30 hari di http://www.dekad*soft.com.
    Terima kasih.

    hanin: waks. trial, terus 30 hari kemudian harus bayar? bukan gratis dong. Duh, topik ini tentang software gratis je. maaf, link iklan nya terpaksa saya samarkan (habisnya ga ada komisinya juga deh)

Tinggalkan Balasan

