Surat Untuk Mama

Overview

Buku ini dibagi menjadi sepuluh topik. Masing-masing berisi surat-surat dari anak-anak kepada orangtuanya (terutama pada Mama). Beberapa bagian surat tersebut, seperti kata penulisnya sendiri, telah diedit agar lebih mudah dipahami. Hal ini dapat dimaklumi mengingat anak-anak tersebut tidak menulis surat untuk publik, dan usia mereka belum menjangkau untuk membuat tulisan yang ditujukan untukk dipahami semua orang di luar lingkaran dunia kecilnya.

Topik tersebut meliputi: ketika anak mendapat stempel, merasa dibedakan, merasa dituntut merealisasikan harapan orangtuanya, merasa ditinggalkan, merasa ingin bebas, merasa diserang, terpaksa berbohong, ingin menguasai keadaan, mencari jatidirinya.

Dan ditutup dengan topik yang melegakan tentang ketika anak bersyukur atas orang tuanya.

Bagusnya

Meskipun mengadopsi konsep Chicken Soup, isi dalam buku ini lebih terasa meng-Indonesia karena kasus yang dihadapi lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Mungkin penyusun buku memang benar-benar mengambil dari anak-anak Indonesia sebagai narasumber, bukannya mengadaptasi dari hasil terjemahan.

Perbedaan lain, di akhir tiap sesi diberi uraian dari penulis mengenai tinjauan yang bersifat psikologis. Buat saya lebih terasa sebagai kesimpulan, tapi tetap menarik karena ditulis dari sudut pandang psikologi.

Kurangnya

Setting pembatas antar-surat / tulisan agak menyusahkan, kurang jelas, saya lebih suka jika langsung saja dipotong ganti halaman, tidak hanya ganti paragraf sub judul. Tapi ini mungkin lebih pada masalah selera penyunting buku yang beda dengan saya.

Kesimpulan

Kalau punya dana, beli. Kalau ngga punya, pinjam.

Data Teknis

Dra. V. Dwiyani; Dari anak, tentang kita: Surat Untuk Mama; Elex Media Computindo, 2003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s