Juara II Master Journey in Management

Master Journey in Management yang diselenggarakan oleh Management Research Center – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FE-UI, merupakan ajang bagi para mahasiswa tingkat S2 untuk berkompetisi menyusun rencana bisnis, yang tahun ini mengambil topik mengoptimalkan potensi kelapa sawit yang dimiliki oleh PTPN.

MM-Unair diwakili oleh tim dari angkatan 29 yang terdiri dari tiga orang, yakni M. Risbiyantoro, Rohmad Basuki, dan Hanindiyo Widagdo dengan tim bernama Airlangga Duasembilan. Tahap pertama seleksi dilakukan melalui online trading dalam komoditi CPO dan Olein. Proses trading menggunakan fasilitas simulasi dari Jakarta Futures Exchange (Bursa Berjangka Jakarta), berlangsung selama dua minggu mulai tanggal 7-18 Juli 2008. Peserta dengan saldo akhir tertinggi memenangi babak ini, dengan 14 peserta terbaik diundang ke Jakarta untuk mengikuti babak semifinal. Tim Airlangga Duasembilan berhasil menduduki tempat ketiga untuk lolos ke babak selanjutnya.

Dalam waktu satu minggu berikutnya, peserta diberi case study dari panitia penyelenggara sebagai bahan awal menyusun strategic businesss plan. Tulisan setebal maksimal 40 halaman ini mencakup gambaran obyektif tentang PTPN, saran untuk masuk ke industri downstream atau tetap di upstream, financing plan, social responsibilities, serta risk management. Setiap tim dibebaskan menyusun argumentasi dan mencari tambahan sumber informasi dari berbagai pihak.

Tulisan tersebut kemudian dinilai dengan sistem blind review oleh para juri yang terdiri dari akademisi dan praktisi. Nilai yang diperoleh kemudian digabungkan dengan hasil lomba simulasi trading produk CPO tahap kedua, pada babak semifinal yang diselenggarakan langsung di gedung Bursa Berjangka Jakarta di Jakarta. Dalam babak yang berlangsung tanggal 6 Agustus 2008 ini, tim Airlangga Duasembilan mempertahankan peringkat ketiga untuk lolos ke babak final bersama tujuh finalis lain.

Pada babak final, tim mempresentasikan strategic business plan yang telah disusun di hadapan 9 panelis dari UI, ITB, USU, Binus Business School, Business Indonesia Daily, PT Agra, PTPN III, dan PTPN V. Para panelis menguji paparan tersebut, yang nilainya digabung dengan hasil semifinal untuk menentukan pemenang lomba.

Tim Airlangga Duasembilan berhasil tampil gemilang, memikat para panelis dan dipuji karena berhasil menyajikan secara komprehensif keseluruhan konsep dalam waktu tepat 15 menit. Berbagai argumentasi yang disampaikan dinilai cukup logis dan aplikatif, sehingga berhasil memperbaiki peringkat menjadi juara kedua dalam penilaian akhir. Dengan demikian tim Airlangga Duasembilan berhasil mengungguli tim dari UPH Jakarta, UGM, UI-1, UI-2 dan Untar, serta hanya berselisih sedikit poin dari juara pertama yaitu tim ITB.

4 thoughts on “Juara II Master Journey in Management

  1. kapan nih reunian finalis MJM 1st MJM…
    harusnya FE UI ngundang kita ye…tiap taun :p hehehe….

    sukses terus mas…

    hanin: iya ya, mungkin nanti kalo udah 5 angkatan😛 sukses juga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s