Sinetron Aqso dan Madina

Sudah lama saya menahan diri untuk tidak menulis mengenai sinetron ini, namun akhirnya gatal juga. Seperti sinetron yang sok-religi lainnya, sinetron Aqso dan Madina ini makin lama makin nggak karuan, ceritanya dipaksakan untuk panjang, dan makin jauh dari kesan religi.

Dari awal saya ngga jelas dengan alur ceritanya. Madina punya kakak namanya Safira, kemudian Aqso punya kakak juga namanya Pasha. Mereka saling berpacaran (see, no religious at the very beginning): kakak dengan kakak dan adik dengan adik. Kemudian entah bagaimana si Pasha ini mengalami kecelakaan (pesawat?) lantas hilang. Lalu Safira stres berat, sehingga adiknya Madina meminta Aqso untuk menikahi Safira agar tidak stres. Sedangkan Madina untuk membuktikan dia tidak lagi memikirkan Aqso, menikah dengan Ikram yang ternyata sakit jiwa (skizophrenia?), suka menyakitinya secara fisik maupun non-fisik.

Aneh, tiba-tiba Pasha kembali dari ke-menghilangan-nya. Entah bagaimana dia jadi orang kaya, namun tidak mau mendekati keluarganya karena takut membuat orangtua dan Safira bingung. Keanehan lain, ibunda Safira dan Madina, suatu ketika diceritakan pergi dari rumahnya ke kampung tempat pembantunya berasal. Namun, hingga puluhan episode berikutnya, tidak ada cerita mengenai pencarian beliau. Padahal Safira sudah sampai melahirkan bayinya. Anak macam apa yang tidak peduli ibundanya di mana?

Lalu ketika Madina kabur dari rumah, ia menginap di tempat Aqso hanya berdua. Penulis naskah, sutradara, produser, pemain… Jelas-jelas menyebar racun di sini. Mereka berdua bukan muhrim, kok bisa tinggal serumah berdua? Apa pula cerita orang kampung sekitar, ngga ada yang protes? Padahal Ikram dan Irene digerebek!

Di episode belakangan, ada dua kali adegan Madina menghadapi orang yang sedang sakaratul maut. Yakni Pak Slamet, yang menemukan Arjuna – bayi Safira, dan Merry yang anak panti asuhan. Benar-benar dodol, ngga ada gambaran Madina atau dokter atau siapapun yang talqin membacakan kalimat tauhid untuk diikuti oleh kedua orang itu. Akibatnya mereka dalam adegan itu meninggal tanpa ucapan tauhid. Ya ampun.

Yang menjengkelkan, bayi Arjuna seringkali diganti boneka. Entah sudut pengambilan gambar yang jelek atau ukuran boneka yang terlalu kecil, pergantian itu terlalu mencolok. Clumsy, ngga profesional. Parah.

Oya, satu lagi ciri khas sinetron ini. Kalau ada tamu, pasti masuk ruangan dulu, mendekat sekali, baru bilang salam. Aneh, ngga pake ketok pintu langsung masuk ke rumah orang, udah ketemu baru ucap salam. Udah gitu tuan rumahnya ngga sadar kalo ada orang dateng sampe yang dateng tu ucap salam. Budeg semua tuh karakternya.

Iklan

33 thoughts on “Sinetron Aqso dan Madina

  1. wakakakkaka…..jadi inget masa2 ngaskus ..sempet ikutan vote di petisi anti FPI ama anti sinetron indosial (baca : indosiar) karena indosiar-lah yang mempelopori sinetron+inject animasi kelas rendah ala DOTA Warcraft πŸ™‚

    begitulah sinetron indonesia…selama bendera Shanker dan Punjabi masih berkibar ya bakal tetep kaya begitu-begitu deh mutunya..

    hanin: nge-kaskus juga? hihihi…. ah, sebenarnya ada juga si yang bagus. kayak Para Pencari Tuhan, Jalan Lain Ke Sana, misalnya. Percaya gak sih, sinetron Soleha diekspor ke Malaysia padahal saya gedeg banget ngeliatnya.

  2. Para Pencari Tuhan yang pas Ramadhan kemarin ya?? yg Bajaj itu itu bukan, iya bagus bagus….jaman dulu pas ada FTV di SCTV juga bagus, singkat padat dan bagus. Diekspor ke Malaysia, kayanya gak terlalu kaget bos…..you know lah wakakakakk

    jadi nyambung juga ke komentar bapanya Roger Danuarta pas si Sheila ditahan, bapanya bilang gini di salah satu infotainment :

    “kata siapa Roger itu gak jantan, dia jantan, buktinya dia pernah main film silat”

    wakakakkakaka :no hope:

    hanin: πŸ˜› kriteria yang aneh…. hihihi.

  3. Assalamu’alaikum….

    Salam Kenal yeah…..
    Penggemar AM?

    hanin: salam kenal juga… gemar sih enggak, malah suka kesal ngeliat sutradaranya yang menggampangkan perkara. agak ngga masuk akal detail ceritanya.

  4. weh ada juga pengemar sinetron

    tulisan barunya mannnaaa??????

    hanin: hihihi… sinetron mah kepaksa aja ngeliat, sambil nunggu tukang jajan lewat πŸ˜› Tulisan baru? Hm, namanya juga blog sisa waktu, kalo ada waktu sisa, baru deh kita nulis di sini… hihihi.

  5. i think sinetron indonesia best jugaa
    kalo yang gag masok masok akal tu
    kita pura-pura aja masok akal
    hehehe…
    mungkin pembuat sinet nya gag ada akal kali ya
    πŸ™‚

    hanin: ide bagus: pura-pura masuk akal…. hihihi…

  6. ……… hallo marsenda apa kabar gimana dengan sinetronya tapi sinetronya “`kok beberapa hari ini kok tidak tayang aq masih anak smp santo yusup aku salahh satu pengemar sinetron aqso dan madina “,kalau boleh tanya rumah marsenda di mana …/oh ya aq hampir lupa kenapa marsenda bisa putus denga pak ikram ‘gimana dengan kak fira .dia sudah gk tayang lagi …sudah sdulu y a kalau marsenda mau hubungi aku ke nomor hp ku ..085755169XXX

    aku gk bohong /// entar nomor ya mbk gak ‘ bakal aq kasihin ke orang orang ya plzz

    hanin: ye…. maunya…. πŸ˜›

  7. MARSHANDA DN DUDE PASANGAN YG PLCG COCOK,AKTING MEREKA BGS BGT DISINETRON AQSO.MARSHANDA CANTIK BGT

    hanin: πŸ˜› whatever lah

  8. ceritanya bguss bgt..
    kapan endingnya..
    kayaknya dude lbh cocok sama marshanda drpd carissa..

    hanin: selama ada penggemar seperti Anda, sinetron ini gak bakalan selesai, diperpanjang terus… πŸ™‚ sepertinya minggu ini selesai deh.

  9. kok endingnya gitu sih..
    makin jadi penasaran deh..
    aqsonya ketemu ma madina gak???

    hanin: jangan-jangan bakal ada jilid dua nya nih… 😦

  10. kalo tau,,cerita dikit dong..
    endingnya g mana sih sebenarnya..
    kok byk hal yg gak selesai??

    hanin: jangan-jangan bakal ada jilid dua nya nih… 😦

  11. hai assalamualaikum,saya intan dan saya adalah peminat cerita ini.Saya di sini ingin memberi sedikit komen tentang aqso dan madina.
    saya suka amat cerita itu kerana cerita itu amat menarik dan membuatkan saya sedih.

    hanin: well, itu kan cerita….

  12. saya geram bangat sama safira karena dia ngga ngerti perasaannya madina dan aqso. . Gue suka bangat kalau dude bisa jadian beneran sama marshanda not naysiila mirdad (sinetron intan tu) beda bangat………….

    hanin: geram? gebukin aja tuh safira… kalo pas dia nongol di tivi… πŸ˜€

  13. Kenapa ikram & madina dipisahkan kan chemistry nya rio dan caca dapat bgt.

    gara2 si aqso kunyuk itu, ceritanya jadi gak karuan.

    hanin: ah, suka suka skenario dong…. makin gak karuan, makin panjang episode nya… πŸ™‚

  14. Assalamualaikum.

    kat malaysia sinetron ini sedang hot. bila nak habis….ending camna happy atau sad….

    cerita menarik tapi……..

    tapi kenapa kadang-kadang ceritanya tak logik……. segalanya kebetulan….dan terlalu terananya….sering di timpa musibah…kesabaran teruji dengan ketelaluaan…

    hanin: yah, begitulah. selamat menikmati…

  15. Kitorang nie peminat drama bersiri aqso dan madina… endingnya camne????????????????????????????????? Pasha hensem banget….ikram knp jadi gila mcm tue??? Poor Madina…!!!!! Aqso & Madina Rocccccccccckkkkkk!!!!!!!!!!!!

    hanin: πŸ˜€

  16. saya suka bgt same aqso…
    hensem bangat!!!
    cite 2 pun best gak…
    tapi kdg2 x logik!
    Rado @ Aqso @ Dude….kasi email sama aku plssss!!

    hanin: speechless…. πŸ˜›

  17. citer tah hape2..mcm keluarga 69.

    tp setuju kalo dude betul2 dating dgn marshanda. sama2 cantik.

    hanin: dude cantik? gubrak!

  18. kenapa sih, kebanyakan sinetron itu nggak ada logikanya?

    hanin: mungkin karena keterpaksaan. ceritanya dipanjangin biar ngejar durasi, mumpung lagi laku. terlebih dengan sistem stripping, sepertinya penulis terpaksa bikin cerita sampai lembur, akibatnya mengorbankan nurani.

  19. bila nak habis?????byk amat masalah!! carissa nampak macam menyibuk saja dalam sinetron ni..

    hanin: sabar…

  20. agak bagus loh….karena cowok2nya dan cewek2nya gantang2 bangat keseluruha cerita gue suka bangat

    hanin: halah, yang diliat pelakon nya aja…

  21. sy mmg stuju sngt ngn pbdpt ttg sinetron nie..
    citer2 indon mmg kbanyaknnya suke dipnjngkn smpai entah ke mana menariknya…lps satu2 dugaan menimpa hingga naik bosan…apetah lagi citer ni endingnye seolah-olah dugaan yang menimpa mereka x mmberikan kebahagiaan kpd mereka akhirnya…
    banyk juga prkara2 pelik brkaitan hukum agama yg ingin ditonjolkan dlm sinetron ni….boleh mengelirukn sesiapa shj yg menonton….bhye…smoge lps ni sinetron2 yg akn dipaparkn di malaysia lebih diteliti dari sudut agama…2 saje….assalamualaikum…

    hanin: setuju! (sambil garuk kepala ngga ngarti maksudnya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s