Dikerjain iPhone

Gara-gara baru punya iphone baru, saya jadi repot. Tentu bukan sekedar mengelak ketika ditanya harganya – karena toh saya dapat iphone itu gratis. Lebih dari itu, saya kesulitan memakainya!!

Iphone, tentu saja, dikeluarkan oleh Apple, dan oleh karena itu maka, dia berbasiskan MacOS – sesuatu yang seumur hidup belum pernah saya sentuh, membayangkannya saja tidak. Pertama, saya perlu mengenal beberapa istilah yang umum di komunitas pengguna iphone.

Home button

Sumpah saya mencari-cari tulisan “home” di layar iphone. Di windows atau halaman web, biasanya ada di ujung kiri atas. Ini ngga ada! Saya terpaksa ketawa sendiri waktu menyadari bahwa yang dimaksud ‘home button’ itu benar-benar tombol, bulat, yang letaknya di bawah layar iphone. Dasar ndeso!

Tap

Iphone memiliki layar sentuh. Tidak ada stylus, saya benar-benar memakai jari di atas layar iphone. Untuk memilih sesuatu – icon misalnya – saya sentuh icon tersebut. Proses sentuh ini disebut ‘tap’. Analogi di windows, kira-kira untuk ‘klik’.

Bagaimana dengan senjata ‘klik kanan’ yang saya andalkan di Windows? Di sini, dalam browser Safari, dengan menyentuh suatu image, tahan beberapa saat, akan muncul menu baru yang menyediakan pilihan untuk menyimpan image tersebut ke iphone. Jadi, saya bisa menyimpan image dari safari browser ke iphone.

Pinch

Ini variasi dari tap. Banyak berguna untuk melakukan zoom in – zoom out dari images. Caranya, taruh satu jari di posisi yang akan di-zoom. Lalu letakkan satu jari di sebelahnya, geser jari kedua itu sampai image membesar/mengecil. Tada!

Magnifier

Ini yang bikin kesal. Keyboard di iphone ngga ada tombol arrow-nya. Jadi, gimana kalo udah keburu ngetik banyak lantas ada yang salah? Agak lama saya baru menyadari bahwa kalau saya sentuh layar di area text beberapa detik, akan timbul kaca pembesar. Saya bisa geser jari untuk menaruh kaca pembesar itu di tempat yang diperlukan, lalu edit deh.

Setelah beberapa kali menggunakan fitur ini, saya merasa lebih mudah menyentuh agak di atas huruf-huruf text untuk menampilkan magnifier ini. Kalau terlalu ke bawah, dia akan memindahkan cursor.

Springboard

Ini adalah layar di iphone, semacam window kalau di windows (halah). Di sinilah icon-icon aplikasi berada. Kalau di-tap akan meluncurkan aplikasi yang diinginkan. Saya masih agak rancu dengan istilah Dock, rasanya yang dimaksud Dock adalah yang di baris sebelah bawah, icon yang diletakkan di situ akan tampil di setiap halaman springboard.

Oya, saya bisa punya sembilan halaman springboard. Untuk berpindah antar-springboard, cukup geser dengan jari. Untuk memindah icon ke springboard yang lain, tahan icon itu beberapa saat, lalu geser ke halaman springboard yang dimaksudkan. Di iphone saya, icon-icon akan bergetar lucu saat proses ini. Setelah selesai menyusun icon, tekan home button.

Firmware

Seperti diketahui, iPhone ini termasuk salah satu telepon yang punya operating system di dalamnya. Dikeluarin oleh Apple, tentu saja OS mereka sendiri yang dipakai. Apple menyebut OS di dalam iPhone ini sebagai firmware, yang terbaru dipasang di iPhone saya adalah versi 3.1.2. Selain tersedia resmi di website Apple, bisa juga diunduh dari berbagai sumber lain.

2G dan 3G / 3Gs

Bukan, bacanya bukan duaji vs triji…. 🙂 iPhone punya versi yang resminya dinamakan iPhone saja, generasi pertama, belum mendukung 3G. Oleh komunitas pengguna iPhone, ini dinamakan 2G – mungkin awalnya joke karena sebelum lahir 3G kan mustinya ada 2G dulu.

Sampai saat ini saya tidak tahu bedanya 2G dan 3G secara fisik, karena toh jika 2G diganti back casing nya menjadi hitam akan sama dengan seri 3G yang hitam.

Unlock

Nah, ini mulai deh. Iphone seringkali hadir dalam paket bundle. Maksudnya, di dalam operating system itu sudah dikunci untuk hanya menggunakan kartu GSM keluaran operator seluler tertentu. Komunitas pecinta iPhone tentu malas harus mengganti provider hanya gara-gara ganti handset menjadi iPhone. Maka mereka membikin cara untuk mengakali blokir tersebut, judulnya unlock.

Dalam bayangan saya, unlock ini hanya bermain di sisi software, jadi tidak menggugurkan garansi. Tapi, tentu saja, bermain dengan urusan beginian ngga ada jaminannya. Resiko ditanggung penumpang, termasuk jika ternyata garansi gugur.

Jailbreak

Wah lha yang satu ini ni yang paling menarik buat saya. Apple punya aplikasi namanya iTunes. Hanya dari aplikasi itulah Apple Store bisa dibuka, dan hanya dari situ pula segala lagu – video dan aplikasi bisa dimasukin ke iPhone.
Jailbreak ini membuka blokir dari Apple, jadi bisa masukin segala data lewat cara apa saja. Kalok iPhone udah di-jailbreak, hampir segala aplikasi bisa dimasukin. Hampir semua file system bisa diutak atik.

Masalahnya, untuk melakukan jailbreak perlu firmware yang utuh. Filenya lumayan gambot, lebih dari 200MB. Bisa berhari-hari saya download dari hasil nyolong bandwith kantor neh…

10 thoughts on “Dikerjain iPhone

  1. the question is…piye carane oleh iphone gratis, selain dr anggodo kang…

    hanin: anggodo?? iphone versi apa lagi tuh?? ada banyak sumber gratisan coy, makanya gaul dong…. 🙂

  2. juragan… sy baru donload software bajakan, saking happynya karena berhasil menginstal software mahal tanpa harus bayar akhirnya sy menjalankan dengan menekan skrin agak keras n lama, seketika layar membesar, ikon2 membesar… bgmn caranya mengecilkan resolusinya kembali???

    hanin: waks! baru denger tuh… ga tau kok bisa gitu ya?? thanks juga, ntar aku ati2 deh kalo nekan screen-ku…

    1. Saya udah 2x punya pengalaman kyk gt..
      Reboot ttp g bs, akhirnya sampe saya restore segala..
      Ternyata setelah cari2 d internet caranya itu simple bgt, tinggal tap 3 fingers k screen secara bersamaan, hbs itu layar balik lg deh kyk semula..

      hanin: asyik… maen 3 jari ya bro? thanks!

      1. tengkyu bro…. dah sy coba n berhasil. awalnya panik kenapa iphone saya iconnya membesar sendiri

        hanin: sama-sama, senang bisa bermanfaat.

  3. kalo ada icon yg membesar bisa di betulin di setting>general>accessibility>zoom nya di off kan aja…hehehe..coz gw juga bru ngalamin..buat sharing aja..

    hanin: oya, trims sharing nya…

  4. makasih gan ampir saja kena mara bos gwe gara2 layar emang setan dah

    hanin: hehehe ati-ati kalo minjem mangkanya …

  5. makasih hanin atas infonya, udh seharian berusaha ngebalikin layar jd kecil gak bisa2 heheheh

    hanin: sama-sama, senang bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s