Pak Tua, Sudahlah

Komplek tempat kami tinggal, masih komplek baru, yang terus dibangun oleh developer. Tentu, debu beterbangan sepanjang hari, truk material berseliweran, dan.. para tukang tak henti-henti memukul ini-itu siang malam.

Dari para tukang itu, tentu yang paling kami amati adalah yang bekerja membangun rumah tepat di depan rumah kami. Seorang bapak tua, dengan sangat luar biasa, bekerja sendirian. Sendiri, tanpa seorang pun membantu!!

Bapak ini tiap pagi datang – bahkan sebelum saya sendiri berangkat kantor. Tanpa banyak cakap, dia langsung menghunus paculnya untuk menggali lobang pondasi. Keliling rumah, sampai ke pagar-pagarnya. Nyaris tak henti selain istirahat makan siang, pak tua ini baru menghentikan pekerjaannya lewat jam 5 sore – aneh juga jam segitu saya malah sudah di rumah.

Sekian hari kemudian, selesailah pekerjaan menggali itu. Ritual pun berubah, bukan lagi menghunus pacul, tapi menata batu-batu dan merekatnya dengan semen. Masih sendiri, tanpa bantuan siapapun, sang bapak menyelesaikan kerjanya dengan rapi. Batu demi batu dipindahkan, kantong demi kantong semen diaduknya. Tetap dengan disiplin yang sama, sejak pagi hingga sore.

Betul-betul pengalaman batin yang menggedor saya. Dengan tenaga tuanya, di bawah terik matahari, bapak ini tetap semangat. Tanpa seorangpun mengawasinya, dia tetap bekerja penuh disiplin. Tanpa mengeluh, tanpa sakit hati dengan pekerja-pekerja di rumah lain yang mengerjakan beramai-ramai.

Saya, sungguh, tidak sanggup bersikap demikian.

2 thoughts on “Pak Tua, Sudahlah

  1. seandainya semua orang seperti pak Tua itu…aman dan tenang kali dunia ini….tapi gak seru kalee ya…he he he

    hanin: tetep seru Bu. kalo ga percaya, yok kita tunggu sampai semua orang seperti si pak tua… hihihi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s