Menaruh file .ipa ke iPhone

Sebetulnya gampang saja, tinggal drag-and-drop ke tab Applications di iTunes, lalu sync ke iPhone, selesai. Tapi saya suka the hard way, sekedar biar tampak geeky. Lagipula saya tidak berminat memasang iTunes ke notebook uzur saya, dan saya suka software yang sudah di-oprek yang bakalan ditolak oleh iTunes.

Jadi, untuk berurusan dengan iPhone 2G 3.1.2 saya ini, saya bersenjatakan WinSCP untuk koneksi lewat jaringan / Wifi, dan iPhonebrowser untuk memanfaatkan port USB. Kedua tool ini berjalan baik di Windows XP SP2 saya, dan keduanya bisa masuk sampai ke root-nya iPhone.

Pada dasarnya, setelah terkoneksi ke iPhone, saya masuk ke folder /private/var/mobile/Library dan cari di situ folder yang bernama “Downloads”. Defaultnya sih belum ada, jadi saya tambahkan saja, tapi musti pakai huruf besar D-nya (karena filesystem di Unix case sensitive membedakan huruf besar dan kecil). Kemudian klik kanan – properties, bikin permissionnya menjadi 755.

Nah, sekarang saya bisa masukkan segala macam file .ipa ke dalam situ. Kalau sudah, disconnect, buka iPhone.

Seperti sudah pernah saya tulis sebelumnya, saya punya Installous di dalam iPhone saya. Jadi saya buka aplikasi Installous ini, lalu masuk ke tab Downloads. Nah, di situ akan tampil semua file .ipa yang sudah dicopy tadi. Tap di situ, lalu pilih install. Tada!!

Keluar dari Installous, masuk ke springboard. Bagus juga semua icon dari aplikasi yang barusan di-install tadi akan tampil mulai dari halaman kedua springboard. Jadi halaman awal tetap bersih. Oke, tinggal tap di icon-icon itu, mainkan!!

Sekarang, yang saya masih bingung, adalah menyimpan file lagu supaya langsung dikenal oleh aplikasi iPod. Tampaknya kalau sync lewat iTunes, plist-nya dibuat dengan nama random, sehingga yang dipaksakan masuk ke folder /var/root/Media/iTunes_Control/Music tidak terbaca begitu saja oleh iPod. Ada yang punya solusi??

STANDARD DISCLAIMER
Melakukan jailbreak dan unlock pada iPhones tidak diperbolehkan oleh Apple. Tulisan ini tidak bermaksud membujuk siapapun melakukan jailbreak maupun unlock pada iPhone-nya. Segala akibat yang timbul akibat mencoba-coba berbagai aplikasi dan tweak yang tertulis di sini adalah resiko masing-masing pemilik iPhone.

Tinggalkan Balasan

