Aplikasi Islami di iPhone

Saya ngga mau dong iPhone saya cuman ngurusin duniawi, lagu dan game saja. Mau juga dong saya punya aplikasi yang religius. Saya cari ke sana ke mari di internet, akhirnya ketemu juga. Berikut ini yang sudah saya pakai, berdasarkan abjad.

Dzikir and Doa

Aplikasi ini berbahasa Indonesia, lengkap dengan doa harian, doa haji, serta dzikir Ratib Al Haddad dan Al Attas. Bacaan doa ditulis dalam huruf latin, memudahkan yang membaca, tapi mestinya ada juga dalam huruf arab-nya supaya lebih yakin dalam pe-lafal-annya.

English to Arabic

Ini semacam kamus dari bahasa Arab ke Inggris dan sebaliknya. Bagus kalau punya kamus Inggris-Indonesia, jadi bisa dari Arab ke Inggris terus ke Indonesia 🙂

Hadits Bukhari dan Hadits Muslim

Dalam bahasa Inggris, sayangnya. Ditampilkan secara klasik (berdasarkan buku 1 bab 1 hingga selesai), atau dalam bentuk per-topik (tentang Nabi Muhammad saw, tentang dzikir sesudah sholat, dsb). Bisa juga ditandai hadits favorit untuk lebih mudah dicari.

iSubha

Ini sebenarnya semacam tasbih virtual, tapi ada itungan waktunya dan bisa disimpan per bacaan. Misalnya, saya pengin baca basmalan seribu kali, hamdalah seribu kali, saya bisa berhenti kalau sudah capai dan melanjutkan di lain waktu.

iQuran (Pro)

Quran lengkap 30 juz, dengan terjemah bahasa Indonesia yang bisa diunduh terpisah. Bisa diberi bookmark, memudahkan untuk melanjutkan membaca dari ayat terakhir.
Sayang sekali tidak ada suara pembacanya, saya berkali-kali gagal mengundul dari web-nya. Mungkin saya perlu tambahkan secara manual, nanti kalau sudah berhasil saya tulis di sini.

Qwords

Dalam bahasa Inggris (lagi). Dibagi per topik, misalnya tentang Allah. Di dalamnya ada asma’ul husna. Dalam huruf arab dan di sebelahnya arti dalam bahasa Inggris. Di bawahnya ada contoh ayat yang memuat kata tersebut. Kalau rajin, seharusnya bisa membantu belajar bahasa Arab.

99 names

Aplikasi ini berisi asma’ul husna, dengan terjemah dan keterangannya serta audio untuk masing-masing asma tersebut. Jika dibutuhkan, silakan unduh di sini.

STANDARD DISCLAIMER
Melakukan jailbreak dan unlock pada iPhones tidak diperbolehkan oleh Apple. Tulisan ini tidak bermaksud membujuk siapapun melakukan jailbreak maupun unlock pada iPhone-nya. Segala akibat yang timbul akibat mencoba-coba berbagai aplikasi dan tweak yang tertulis di sini adalah resiko masing-masing pemilik iPhone.

2 thoughts on “Aplikasi Islami di iPhone

Tinggalkan Balasan

