Konvergensi Nomor HP

Lagi iseng, kepala saya mulai mikir aneh-aneh. Kenapa si ya, nomor HP ngga bisa ditransfer antar-operator? Katakanlah sekarang saya lagi make provider Z. Kemudian ternyata saya ngga puas dengan layanan si provider itu, maka saya ganti provider deh jadi provider X. Ngga perlu ganti nomor, tetap nomor yang saya pakai dan sudah saya umumkan kepada seluruh penggemar saya itu jadi nomor identitas saya. Hm, asyik juga kali ya.

Analogi konyol-nya, dibandingkan dengan alamat email dan provider internet. Saya bisa gonta-ganti provider koneksi internet, tapi alamat email saya di Yahoo kan ngga usah ganti-ganti. Atau, domain saya, bisa tetep aja tuh jadi domain kesayangan, tanpa repot ganti domain ketika harus pindah hosting.

Kadang-kadang, nomor HP terasa lebih personal serasa alamat aja. Kalo nomor ini hilang, ganti, wuih repot bener musti mengumumkan ke seluruh dunia. Barusan saya lihat di address book saya ada 500an entry, lha kalo saya musti ganti nomor, masing-masing kudu saya kasih tahu dong. Habislah jatah pulsa sebulan cuman gara-gara saya ganti nomor.

Teman yang keseringan ganti nomor juga merepotkan saya. Kadang saya terpaksa simpan saja tiga nomor telpon mereka sekaligus. Nanti, dua-tiga minggu lagi, waktu mau telpon, saya bingung sendiri. Ini mana pula nomor yang paling baru? Ketika saya hapus, eh, tiba-tiba si kawan nelpon sambil misuh karena saya ngga kenal nomornya yang lama. Duh.

Kira-kira, mungkin ngga ya bisa kejadian?

2 thoughts on “Konvergensi Nomor HP

  1. He … mudah2an kejadian. Suatu saat nanti dimana para operator udah sadar dan bersaing dengan sehat. Gak harus pake gontok2an dan saling menjatuhkan harga. Dengan iming2 tarif murah, padahal mahuuuaaaallll. Jepang aza bisa koq pindah2 operator tanpa harus ganti nomor. Masa Indonesia gak bisa? Apa dunkz kata dunia …. ?????

    hanin: iya, di australia juga bisa mas…

Tinggalkan Balasan

