Acara Radio yang Ngga Ada Matinya

Yup. Karena belon punya dana untuk mengganti head unit standar di mobil (penginnya sekalian yang 2-din touch screen sih), dengan terpaksa saya cukup puas untuk sehari-hari menjejali kuping saya dengan acara-acara dari radio.

Untungnya di kota Surabaya ini stasiun radio padat merayap. Jadi saya bisa pilih semau mood hati. Kadang pasang radio yang muter campursari, dangdut, oldies, indonesiana, atau sekalian radio ngobrol yang sepanjang hari si penyiar ngobrolin ini-itu.

Satu hal yang bagi saya menarik adalah pola acara di radio-radio itu tidak banyak berubah dari sejak awal saya mengenal radio. Kekuatannya masih sama: komunitas. Ada radio yang bahkan memiliki aplikasi blackberry bagi para penggunanya, dan melakukan live streaming siarannya, saking kuatnya komunitas mereka.

Kekuatan komunitas itu terasa ketika jeda antar-lagu. Ada saja orang yang mengirim SMS, atau bahkan menelpon live ke studio untuk berkirim salam. Karena kemajuan teknologi pula, beberapa radio memanfaatkan facebook untuk menampung komunitas mereka. Ada radio yang cukup kreatif memanfaatkan komunitas ini untuk mendapatkan feedback mengenai berbagai layanan umum, seperti kondisi lalu lintas di jam-jam sibuk.

Fenomena ini membuat saya merasa perlu berpikir ulang mengenai siklus produk. Dulu, dalam benak saya, dengan makin banyaknya gadget pemutar musik, orang akan punya pilihan untuk mendengar musik yang mereka sukai saja. Maka radio akan tergencet karena tidak mungkin mereka memuaskan seluruh pendengarnya.

Tapi, jelas, saya salah. Manusia tetap manusia yang perlu berinteraksi. Bahkan ketika semua orang bisa SMS langsung kepada orang yang dituju, tetap ada yang merasa perlu memakai media radio untuk menyampaikan SMS tersebut.

Ah, ganti radio dulu ah, saatnya iklan.

One thought on “Acara Radio yang Ngga Ada Matinya

  1. hehehe… emang klo topic di radio gk kan abiz”… rame”…

    hanin: yup, asyiknya rame rame….

Tinggalkan Balasan

