Internet, bukan SMS !!

Salah satu yang menjengkelkan bagi saya ketika asyik mengubek-ubek internet adalah gaya penulisan orang di internet. Baik itu berupa update status, comment, diskusi di yahoo answers, atau bahkan di email.

Pertama, begitu marak orang menulis dengan bahasa SMS. Sumpah demi tautatis, saya maklum kalau orang sekarang browsing pakai HP, tapi seharusnya siapapun sadar bahasa SMS yang mereka pakai adalah bahasa yang sama sekali tidak standar. Jika SMS digunakan di jalur pibadi antar-sesama, tentu tidak masalah, mereka saling memahami singkatan ekstrim yang digunakan. Tapi begitu tampil di desktop, seperti saya ini yang lebih suka surfing pakai netbook, jadi kacau balau, mengganggu sekali, seperti orang yang tidak punya keyboard saja.

Kawan, tolong, ingat bahwa internet ini bukan SMS. Bahasa yang Anda ketikkan akan tampil lebih permanen, dan lebih tersebar luas. Pahamilah bahwa bagi pengguna internet, bahasa seperti itu tidaklah sopan.

Kedua, ada saja yang hobi menulis dengan huruf besar. Sekali ini sumpah demi atlantis, itu sama sekali tidak sopan. Dalam berinternet, tulisan huruf besar bukanlah berarti penekanan lebih penting, tapi berupa SUMPAH SERAPAH. Jika ingin menekankan suatu kata atau kalimat, *gunakan tanda asterisk* atau _beri_tanda_garis_bawah_.

Ah, sepertinya di sekolah-sekolah perlu ada materi pelajaran etika berinternet…

6 thoughts on “Internet, bukan SMS !!

  1. setuju..
    atau lebih tepatnya orang lain (bukan saya) sering menyebutnya bahasa alay:mrgreen:
    mari kita berantas bersama-sama😀

    hanin: berantas… istilah nya itu lho…

  2. Heuheuhuehehue, ada orang alay nyasar di mari. Btw lam kenal kang hanin, artikel nya simple tapi berbobot….sekali lagi Anti Alay…..

    hanin: hore ada yang setuju!!

  3. ya, mau bagaimna lagi, itu sdah kewaba dari kegiatan sehari2. jadi wajarlah, nikmati keadaan saat ini yang kita alami. jangan keluhkan….

    hanin: nope, yang ga wajar itu, ngga bisa membedakan situasi kondisi waktu dan tempat. sisanya, mau alay atau jablay, emang gue pikirin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s