Memilih Hanya Sel Yang Tidak Di-Hidden Saja (Excel)

Seringkali saya punya sheet Excel yang datanya puluhan kolom dan ratusan baris. Untuk berbagai keperluan, saya sering harus memanipulasi kolom dan baris itu dengan cara tertentu: di-filter atau di-hidden. Baris-baris tertentu bisa saya saring dengan filter agar hanya tampil yang saya inginkan saja berdasarkan kriteria tertentu. Sedangkan kolom-kolom terpaksa saya hidden supaya rumus-rumus antara tidak perlu tampil.

Masalah timbul ketika saya harus memindahkan tampilan di sheet Excel itu ke sheet yang lain. Kalau saya lakukan copy-paste, baris -baris yang saya filter memang hanya akan ter-copy yang tampil saja. Sebaliknya, kolom yang saya hidden, ternya tetap tampil di hasil paste nantinya.

Ternyata ada caranya untuk memilih hanya sel yang tampak saja, yaitu sel yang tidak di-hidden. Kata kuncinya adalah “Select Visibel Cells”. Karena saya sering harus memanfaatkan fitur ini, saya memilih untuk meletakkannya di Quick Access Toolbar (Excel 2010). Caranya begini:

1. Klik drop-down menu di sebelah kanan quick access toolbar, lalu pilih Customize Quick Access toolbar.

2. Di window berikutnya, lihat Choose Command From , pilih Commands Not in the Ribbon dari drop down menu.
3. Turun ke bawah dan pilih Select Visible Cells.
4. Klik Add lalu OK.

Sekarang di Quick Access Toolbar akan ada tambahan tombol baru berupa empat kotak segiempat berwarna hitam, itu adalah tombol Select Visible Cells. Nah, itu baru menampilkan menu-nya. Bagaimana memanfaatkannya?

1. Pilih range sel yang akan di-copy.
2. Klik tombol Select Visible Cells.
3. Pilih Edit – Copy atau Ctrl+C.
4. Paste di tempat yang diinginkan, atau Ctrl+V. Alakazam!! Yang ter-paste hanya sel yang memang ingin ditampilkan saja, sedangkan sel yang di-hidden tidak ikut ter-copy.

Ups, sebelum saya lupa; kalau tidak ingin menampilkan menu di toolbar bisa juga. Caranya:
a. Pilih range sel yang akan di-copy

b. Pilih Find and Select -> Go To (di ribbon paling kanan) lalu pilih Special

c. Pilih Visible Cells
d. Pilih Edit-Copy atau Ctrl+C
e. Paste atau Ctrl+V.

6 thoughts on “Memilih Hanya Sel Yang Tidak Di-Hidden Saja (Excel)

  1. gimana cara ngilangin tulisan yang pas di print ada tapi di work sheet ga ada mkasii

    hanin: coba lihat di header/footer.

  2. saya uda lakukan hal tersebut dengan benar, akan tetapi muncul warning ” we can.t do that to a merged cell “,,,,jd ga bisa kalo ada cell gabungan, itu gmn om ya? tolong pencerahanya,,hehehe

Tinggalkan Balasan

