Mengganti Logo Startup GPS Superspring

Sudah lama sebetulnya trik untuk mengubah startup logo di GPS Superspring saya ini. Tapi berhubung kendaraan saya berganti, maka saya perlu mengupdate lagi logo startup itu dengan gambar kendaraan yang sesuai. Nah, seperti biasa, saya repot sendiri mencari di mana saya simpan cara-caranya. Biar ngga kebingungan lagi, saya simpan saja di sini.

(1) Pertama, saya harus bikin gambar dengan ukuran 480×272 pixel. Ini ukuran sesuai resolusi layar si GPS Superspring. Format file dalam bentuk .BMP dengan kedalaman warna 24bit.

(2) File gambar itu harus saya namakan LOGOpa06.bmp (saya pakai superspring SF410ii, konon kalau yang superspring SF410i namanya jadi logo.bmp saja). Lalu, saya copy ke micro SD, tanpa folder, jadi langsung di root-nya micro SD.

(3) Tancepin deh tuh micro SD, terus restart GPS Supespring (sekali lagi, saya pakai SF410ii. Kalau yang SF410i masuk ke menu System-Update LOGO-tekan start). Nanti akan ada proses update logo, tungguin aja sampai selesai.

(4) Setelah selesai, cabut micro SD, hapus atau rename file logo tadi. Ini penting, karena kalau tidak dihapus/direname, tiap kali dinyalakan akan diulang lagi proses update logo tersebut.

Nah, setelah cara-caranya ketemu, saatnya membikin file logo baru untuk GPS Superspring saya. Ayo, ayo, mana nih folder photoshop portable saya…??

Source: rizapn; kaskus.us.

Contoh file 480×272 untuk Avanza dan Terios (Dalam format jpg, silakan save as ke format bmp)

2 thoughts on “Mengganti Logo Startup GPS Superspring

  1. mau nanya juga nie bank….dari kemaren aku banyak menerima servisan yang si gps itu eror….jadi dia ngk masuk ke gps itu sendiri…
    sudah saya download peta dari situs resmi tetep ngk jalan,,,untuk typenya sama kayak punya anda….super spring sf410ii,,,,klau boleh saya minta os original dari micro sd punya anda dan dikirim ke mail saya di ansav_coy@yahoo.com

    hanin: setahu saya, winCE di superspring itu model embedded, dia dikunci kok, jadi meski diutak-atik, waktu di-restart akan balik ke state awal bawaannya. saya pernah mengalami seperti Anda, ternyata solusinya mudah, colokin gps ke PC, terus di-scan pakai antivirus (SD card-nya juga). Setelah virus bersih, jalan lagi deh. Oya, kalau os original di SD saya ngga punya, ambil dari punya superspring.co.id saja.

  2. um, tutorialnya sudah saya ikuti sesuai petunjuk um. Pada saat gps booting terlihat proses update logo akan tetapi sekilas ada keterangan file ukuran file terlalu besar sehingga logo yang digunakan adalah tetap logo awal..mohon pencerahannya um..thnx

    hanin: pastikan ukuran file bmp sesuai resolusi layar gps Anda.

Tinggalkan Balasan

