Saatnya Mencantumkan Koordinat GPS di Mana Saja

Mentang-mentang punya GPS, saya jadi iseng, mau bikin kartu nama yang mencantumkan koordinat GPS untuk rumah dan kantor saya. Keren kali ya, dan tentu sangat membantu bagi para “pengunjung” yang belum pernah ke tempat saya atau yang punya penyakit ‘lupa jalan’ seperti saya sendiri.

Bayangkan, meski komplek rumah saya sudah ada di peta GPS, tapi waktu masuk komplek kan rada ribet juga. Daripada saya menceritakan bahwa nanti di ujung jalan belok kanan, lalu ke kiri seratus meter, lalu belok kanan lagi… (lebay, padahal rumah saya cuman seratus meter dari pintu masuk komplek). Tentu lebih asyik kalo calon tamu saya masukin koordinat rumah saya langsung di perangkat GPS nya. Secara, hari gini gitu loh, handset HP juga sudah banyak yang mendukung GPS, dan head unit di mobil-mobil juga sudah tidak kurang yang berfitur GPS.

Pemanfaatan lain yang juga tak kalah seru, misalnya, untuk menandai titik hydrant pemadam kebakaran. Bayangkan, beberapa tahun lalu, pernah dibuat hidran di pinggir jalan. Lalu ada pelebaran jalan. Maka si hidran sekarang ada di tengah jalan. Tahun berikutnya, si jalan diperbaiki dengan hotmix, maka sang hidran pun makin terbenam. Nah, sepuluh tahun kemudian, tidak ada lagi yang tahu di mana sebetulnya titik hidran itu berada!

Juga, misalnya, tanpa memperhatikan aspek hukum, adalah untuk menandai batas tanah. Seru juga kan kalau titik batas ditulis dalam bahasa GPS. Peluang orang menggeser batas jadi makin kecil, akurasi meningkat, dan seharusnya juga mengurangi masalah sengketa. Kan asyik kalo kita bisa cek titik GPS tertentu, dimiliki oleh siapa dalam data Badan Pertanahan dan dalam data Dirjen Pajak (PBB). Jadi waktu mau beli atau sewa tanah ngga ribut lagi.

Udah dulu ah, mau buka photoshop, saatnya mencantumkan koordinat GPS dalam kartu nama rancangan saya sendiri!

3 thoughts on “Saatnya Mencantumkan Koordinat GPS di Mana Saja

  1. mas mau nanya..maaf ga nyambung sama postingan ini..hehe..
    mau nanya cara ngasih button facebook dan twitter yang di header tu gmn ya?yg di samping rss itu..mohon bantuannya ^_^

    hanin: hlah, kalo itu si emang udah ada dari theme wordpress-nya…😀

  2. Klw masih penasaran coba pake Addin Mozilla Firefox yang bernama Firebug

    hanin: Firebug untuk melihat source-nya. Kalo ngga biasa, malah pusing Om.

Tinggalkan Balasan

